. Mantan Kapolda Jambi Jadi Komisaris PT Jambi Indoguna Internasional, BUMD Jambi Diminta Lebih Mampu Berkompetisi | MediaLintasSumatera
Home » , , » Mantan Kapolda Jambi Jadi Komisaris PT Jambi Indoguna Internasional, BUMD Jambi Diminta Lebih Mampu Berkompetisi

Mantan Kapolda Jambi Jadi Komisaris PT Jambi Indoguna Internasional, BUMD Jambi Diminta Lebih Mampu Berkompetisi

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 30 September 2021 | 20.30

Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) menyaksikan Brigjen Pol (Purn) Mukhlis (kanan) menandatangani memorandum pelantikan Komisaris PT Jambi Indoguna Internasional (JII) di rumah dinas Gubernur Jambi,  Kamis (30/9/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Jambi diharapkan bisa berkompetisi atau bersaing dengan perusahan swasta dan menguntungkan. Kemampuan berkompetisi dan profitable (menguntungkan) tersebut penting agar BUMD di Jambi bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi, Al Haris pada pelantikan Komisaris dan Direktur PT Jambi Indoguna Internasional (JII) di rumah dinas Gubernur Jambi,  Kamis (30/9/2021). Komisaris PT JII yang dilantik oleh Gubernur Jambi, yakni mantan Kapolda Jambi, Brigjen Polisi (Purn), Mukhlis. Sedangkan Direktur PT JII yang dilantik, Mudasir ST.

Menurut Al Haris, PT JII mengemban misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk menjalani suatu usaha dengan tujuan untuk dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jambi. 

Dikatakan, perkembangan BUMD saat ini tidak terlepas dari munculnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang di dalamnya mengatur tentang BUMD, termasuk tentang tata kelola perusahaan. Karena itu PT JII sebagai BUMD yang sudah lama berdiri hendaknya dikelola dengan baik sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Saya mengucapkan selamat kepada Komisaris dan Direktur PT JII yang dilantik hari ini. Saya berharap Bapak bisa bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja PT JII dengan tetap berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku,”katanya.

Dijelaskan, PT JII sejal lima tahun lalu mengalami kerugian. Tetapi dalam dua tahun terakhir BUMD Jambi tersebut sudah mulai mengalami peningkatan walaupun belum bisa memberikan kontribusi PAD bagi Pemprov Jambi.

Al Haris meminta Komisaris dan Direktur PT JII yang baru bisa memberikan solusi untuk pengembangan PT JII. Hal itu penting agar kinerja PT JII terus meningkat secara berkelanjutan. Dengan demikian PT JII bisa kompetitif dan profitable (menghasilkan untung) dan berkontribusi terhadap PAD Provinsi Jambi.

Menurut Al Haris, faktor leadership (kepemimpinan) sangat berpengaruh terhadap maju mundurnya suatu perusahaan atau instansi. Komisaris dan direksi PT JII yang baru dilantik selaku pemimpin baru PT JII dituntut untuk bisa menghadirkan kemajuan bagi PT JII. Karean itu, Komisaris dan Direksi PT JII harus bisa memimpin dengan visioner.

“Untuk itu, Bapak harus memiliki strategi yang baik, program kerja yang terukur, core business yang jelas, serta ada inovasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan,”tegasnya.(Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya