. Hari Kesaktian Pancasila, Cegah Upaya Merongrong Keutuhan NKRI | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Hari Kesaktian Pancasila, Cegah Upaya Merongrong Keutuhan NKRI

Hari Kesaktian Pancasila, Cegah Upaya Merongrong Keutuhan NKRI

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 01 Oktober 2021 | 14.35

Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kiri depan) bersama jajaran mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambim Jumat (1/10/2021). (Foto : Matra/ KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Gubernur Jambi, H Al Haris mengingatkan segenap lapisan masyarakat Jambi agar mewaspadai dan mencegah upaya-upaya kelompok tertentu yang ingin merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR). Warga masyarakat Indonesia harus terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk menghalau gerakan-gerakan kelompok yang berupaya mengacaukan stabilitas keamanan dan ketertiban bangsa. 

Hal tersebut diungkapkan Al Haris seusai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual yang disiarkan dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Jumat (1/10/2021). Al Haris mengikuti upacara secara virtual tersebut di rumah dinas Gubernur Jambi. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakl Gubernur Jambi, H Abdullah Sani dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi.

Menurut Al Haris, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengandung pesan agar seluruh masyarakat Indonesia menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dari rongrongan yang berupaya mengganggu keutuhan negara.

"Pesan tersbeut juga tentunya ditujukan kepada masyarakat Jambi. Karena itu warga masyarakat Jambi juga harus semakin mencintai bangsa, mengokohkan persatuan dan kesatuan agar bangsa Indonesia tetap utuh dan tangguh,"katanya.

Sementara itu upacara Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang jasa pahlawan revolusi tersebut diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan dilanjutkan pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Presiden Jokowi pada kesempatran tersebut mangatakan, bangsa Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa sejak kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan terhadap NKRI. Baik rongrongan dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwas-padaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,”katanya.

Jokowi mengatakan, melalui semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. Karena itu di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bangsa Indonesia membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. (Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya