. HUT ke-22 Sarolangun, Penanggulangan Kemiskinan di Jambi Perlu Mendapat Dukungan Kabupaten | MediaLintasSumatera
Home » , , » HUT ke-22 Sarolangun, Penanggulangan Kemiskinan di Jambi Perlu Mendapat Dukungan Kabupaten

HUT ke-22 Sarolangun, Penanggulangan Kemiskinan di Jambi Perlu Mendapat Dukungan Kabupaten

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 12 Oktober 2021 | 21.09

Kendati bersaing pada Pemilihan Gubernur Jambi 2020, Gubernur Jambi, H Al Haris dan Bupati Sarolangun, H Cek Endra tampak akrab pada peringatan Hari Ulang Tahun  ke-22 Kabupaten Sarolangun di gedung DPRD Sarolangun, Provinsi Jambi, Selasa (12/10/2021). Al Haris (dua dari kanan) memberikan nasi tumpeng kepada Cek Endra (tengah mengacungkan jempol). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Sarolangun) – Seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jambi diharapkan mendukung sepenuhnya program penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Dukungan terhadap program tersebut penting demi menyelamatkan warga masyarakat dan seluruh daerah kabupaten/kota di Jambi dari kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jambi, H Al Haris pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Kabupaten Sarolangun pada rapat paripurna istimewa DPRD Sarolangun di Gedung DPRD Sarolangun, Provinsi Jambi, Selasa (12/10/2021).
 
Menurut Al Haris,  penanganan Covid-19, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan pendapatan perkapita  serta penurunan angka kemiskinan maupun pengangguran menjadi program prioritas Pemprov Jambi mulai tahun ini. Program pembangunan berorientasi rakyat tersebut sudah masuk dalam program Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, tertib, Amanah dan Profesional) 2021 – 2026.  

“Keberhasilan pertumbuhan ekonomi, penanggulanghan kemiskinan dan penanganan Covid-19 menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan program Jambi MANTAP. Karena itu seluruh daerah kabupaten/kota di Jambi kami harapkan mendukung program pembangunan berorientasi kerakyatan tersebut,”ujarnya. 

Dikatakan, Provinsi Jambi selain telah memaduserasikan perencanaannya dengan kabupaten dan kota, juga telah mensikronkan kebijakan perencanaan yang terintegrasi dengan perencanaan nasional. Untuk itu seluruh program pembangunan tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota di Jambi bisa terlaksana dengan baik dan terkoordinir. 

Al Haris mengatakan, untuk mendorong tercapainya visi Jambi MANTAP  telah ditetapkan beberapa misi pembangunan. Di antaranya, memantapkan tata kelola pemerintahan, memantapkan perekonomian masyarakat dan daerah, dan memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).  Ketiga misi tersebut diwujudkan dalam program pembangunan yang bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan pembangunan. 

“Program pembangunan tersebut, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunnya angka kemiskinan, menurunya angka pengangguran terbuka, meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jambi dan meningkatnya pendapatan perkapita. Selain itu Jambi juga memprioritaskan penanganan Covid-19. Untuk mencapai target pembangunan tersebut sungguh tidak mudah tanpa dukungan dan sinergisitas pembangunan semua kabupaten dan kota di Provinsi Jambi,”katanya. 

Terkait kemajuan pembangunan Kabupaten Sarolangun, Al Haris mengatakan, sejak dimekarkan dari Kabupaten Sarolangun – Bangko (Sarko) Oktober 1999 lalu, pembangunan Kabupaten Sarolangun memiliki perkembangan yang cukup pesat. Baik pembangunan sarana dan prasaran infrastruktur maupun pembangunan ekonomi. 

Dikatakan, kemajuan pembangunan Sarolangun juga memiliki kontribusi dari peran-peran pendahulu. Tanpa ada peran tokoh-tokoh pembangunan sebelumnya tentunya Kabupaten Sarolangun tidak akan mampu mencapai kemajuan membangun sepesat sekarang ini.  

Selain itu, lanjutnya,  kemajuan pembangunan yang dicapai Sarolangun tersebut tidak terlepas dari dukungan para tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama dan cerdik pandai serta kalangan masyarakat Kabupaten Sarolangun yang selama ini ikut berperan serta mendorong percepatan pembangunan daerah ini.

“Partisipasi masyarakat dalam pembangunan tersebut patut  kita hargai melalui melaksanakan program-program pembangunan berorientasi pada peningkatan ekonmomi rakyat, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran,”katanya. (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya