. Jambi Catat Rekor Nihil Kasus Harian Covid-19, Razia Vaksin Digelar di Tempat Rekreasi | MediaLintasSumatera
Home » , , » Jambi Catat Rekor Nihil Kasus Harian Covid-19, Razia Vaksin Digelar di Tempat Rekreasi

Jambi Catat Rekor Nihil Kasus Harian Covid-19, Razia Vaksin Digelar di Tempat Rekreasi

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 24 Oktober 2021 | 14.16

Tabel kasus harian Covid-19 di Provinsi Jambi, Sabtu (23/10/2021). (Sumber: SatgasCovidJambi)

(Matra, Jambi) – Provinsi Jambi mencatat rekor penanganan kasus harian Covid-19 untuk pertama kalinya selama pandemi Covid-19. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, kasus harian Covid-19 di Provinsi Jambi, Sabtu (23/10/2021) nihil. Sedangkan kasus Covid-19 di Provinsi Jambi Jumat (22/10/2021) hanya lima kasus dan Kamis (21/10/2021) sebanyak dua kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah di Jambi, Minggu (24/10/2021) menjelaskan, drastisnya penurunan kasus Covid-19 di Provinsi Jambi dipengaruhi intensitas vaksinasi dan kepatuhan warga masyarakat melaksanakan protokol kesehatan (prokes). 

“Pantauan kami di lapangan, warga masyarakat di Jambi yang sudah mulai melakukan kegiatan ekonomi dan sosial secara normal di tengah melandainya kasus Covid-19 tetap mematuhi prokes, khususnya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan memakai hand sanitizier pembersih tangan. Kemudian jumlah warga yang divaksinasi terus bertambah,”katanya.

Johansyah mengatakan, kendati kasus Covid-19 melandai dan capaian vaksinasi  terus meningkat, warga masyarakat harus tetap waspada. Warga Jambi diharapkan tetap disiplin melaksanakan prokes mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

Sementara itu pantauan medialintassumatera.com di Kota Jambi, Minggu (24/10/2021), tempat-tempat rekreasi semakin dipadati pengunjung. Kolam renang Telaga Ratu, Kotabaru, Kota Jambi yang cukup lama ditutup misalnya dipenuhi pengunjung Minggu pagi hingga sore.

Selain itu, taman Tugu Keris Siginjai, Kotabaru Kota Jambi juga dipadati pengunjung Minggu siang hingga malam hari. Tempat rekreasi di depan kantor Wali Kota Jambi tersebut juga ramai pada Car Free Night (malam bebas kenderaan), Sabtu (23/10/2021) malam.

Halimah (45), petugas parker di Tugu Keris Siginjai Kota Jambi mengatakan, pengunjung tempat rekreasi tak berbayar tersebut sebagian besar datang dari luar Kota Jambi.

“Para pengunung Tugu Keris Siginjai ini banyak berasal dari daerah perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muarojambi. Misalnya dari Tangkit, Kumpeh, Mendalo dan sekitarnya,”katanya.

Keramaian pengunjung di Tugu Keris Siginjai, Kotabaru, Kota Jambi baru-baru ini. (Foto : Matra/Radesman Saragih)

Razia Vaksin

Sementara itu, Polda Jambi melakukan razia vaksin di tempat-tempat wisata di Kota Jambi untuk mempercepat vaksinasi di daerah tersebut. Melalui razia tersebut, pengunjung tempat – tempat wisata di Kota Jambi yang belum divaksinasi langhsung divaksinasi di tempat.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmat Wibowo melalui Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar (Kombes) Pol Mulia Prianto di Jambi, Minggu (24/10/2021) menjelaskan, razia vaksin yang dilakukan Polda Jambi, Sabtu (23/10/2021) malam bertada di tiga tempat rekreasi, yakni Jalan Soemantri Brojonegoro, Tugu Keris Siginjai dan Taman Ancol.

Dijeaskan, razia vaksin di tempat-tempat wisata Jambi menerjunkan tiga tima vaksinator. Pada razia vaksin di kawasan Tugu Keris Diginjai Kotabaru, Kota Jambi diterjunkan tim vaksinator dari Bidang Dikter Kesehatan (Biddokkes) Polda Jambi. Kemudian pada Razia di Taman Ancol, Pasar, Kota Jambi diterjunkan tim vaksinator Rumah Sakit Bhayangkara Jambi.

Sedangkan pada Razia vaksin di Jalan Sumatri Brojonegoro dikerahkan tim vaksinator dari Polresta Jambi. Jumlah warag yang berhasil divaksinasi di tiga tempat wisata tersebut mencapai 200 orang.

“Petugas razia memeriksa kartu vaksin setiap pengendara dan pengunjung. Pengendara dan pengunjung yang belum divaksin langsung divaksinasi di lokasi razia,”ujarnya.

Menurut A Rachmad Wibowo, pihaknya menggelar razia vaksin Sabtu malam atau malam minggu karena biasanya aktivitas warga masyarakat di tempat – tempat wisata meningkat. Razia vaksin tersebut juga dilakukan guna mengurangi keramaian di tempat-tempat wisata.

“Kami juga mengimbau warga masyarakat yang belum divaksin segera melakukan vaksinasi di puskesmas-puskesmas atau di tempat vaksiansi yang dilaksanakan Polda Jambi di beberapa kepolisian sektor (polsek),”katanya.

Antusias Divaksinasi

Sementara itu, warga Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi sangat antusias mengikuti vaksinasi yang digekar Polres Muarojambi di Polsek Jaluko, Minggu (24/10/2021_. Vaksinasi tersebut diikuti sekitar 1.100 orang dari tiga desa, yakni Sungai Duren, Pematang Jering dan Desa Muara Pijoan.

Kapolres Muarojambi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yuyan Priatmaja ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut mengatakan, pihanya menargetkan vasinasi tersebut untuk 1.000 orang. Namun jumlah warga yang divaksinasi hingga siang sudah mencapai 1.100 orang.

“Untuk menarik minat warga masyarakat mengikuti vaksinasi, kami memberikan doorprize (hadiah). Sebanyak 200 orang warga yang divasinasi lebih dulu mendapatkan hadiah masing-masing Rp 50.000,”katanya.

Dijelaskan, pihaknya terus mengintensifkan vaksinasi di polsek-polsek. Warga yang jauh dari polsek bisa mengikuti vaksinasi di puskesmas-puskesmas terdekat. Capaian vaksinasi di Kabupaten Muarojambi hingga Minggu sudah mencapai 50,4 %.

Secara terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jambi, Nuracmat Herlambang mengatakan, realisasi vaksinasi di Provinsi Jambi hingga Sabtu (23/10/2021) sudah mencapai 2.356.733 orang atau 87,34 % dari sasaran vaksinasi sekitar 2.686.193 orang. Realisasi vaksinasi dosis pertama mencapai 1.439.343 orang (53,58 %) dan dosis kedua mencapai 917.390 orang (34,15 %). (Matra/Radesman Saragih)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya