. Jambi Tetap Perjuangkan Situs Geopark Merangin Jadi Keajaiban Dunia | MediaLintasSumatera
Home » » Jambi Tetap Perjuangkan Situs Geopark Merangin Jadi Keajaiban Dunia

Jambi Tetap Perjuangkan Situs Geopark Merangin Jadi Keajaiban Dunia

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 02 Oktober 2021 | 07.15

Gubernur Jambi, H Al Haris (tujuh dari kiri) bersama Tim Pengembangan Geopark Merangin seusai rapat Progres (Kemajuan) Persiapan Geopark Nasional Merangin Jambi menuju UNESCO Global Geopark (UGG), di  resort Rumah Kito, Mayang, Jumat (1/102021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tetap memperjuangkan situs peninggalan batu-batu tua, Geopark Merangin, Provinsi Jambi menjadi keajaiban dunia (world heritage). Perjuangan tersebut antara lain dilakukan dengan penyusunan rencana strategis pengembangan Geopark Merangin kepada Badan Pendidikan dan Kebudayaan Dunia (United Nation Education dan Culture Organization/UNESCO). 

“Kami meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin dan Dinas Pariwisata Provinsi Jambi menyiapkan tim ahli menyusun rencana strategis pengembangan Geopark Merangin kepada UNESCO Global Geopark (UGG). Rencana strategis pengembangan Geopark Merangin tersebut penting sebagai bahan kajian dan penilaian bagi UNESCO untuk mempertimbangkan penetapan Geopark Merangin sebagai salah satu keajaiban dunia,”kata Gubernur Jambi, H Al Haris pada rapat Progres (Kemajuan) Persiapan Geopark Nasional Merangin Jambi menuju UNESCO Global Geopark (UGG), di  resort Rumah Kito, Mayang, Jumat (1/10/2021).

Menurut Al Haris, Pemprov Jambi, Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Pemkab Merangin dan tim ahli harus terus membenahi dan melengkapi tahapan- tahapan yang dibutuhkan UNESCO untuk penetapan Geopark Merangin menjadi keajaiban dunia. Jika nanti tim penilai UNESCO turun, Jambi sudah menyiapkan semua kelengkapan persyaratan penetapan Geopark Merangin menjadi keajaiban dunia sesuai dengan ketentuan UNESCO.

Dijelaskan, Geopark Merangin yang sudah resmi ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional, kini melangkah maju  menuju UNESCO Global Geopark (UGG). Untuk itu Pemprov Jambi mendukung Kabupaten Merangin menggelar rapat membahas permasalahan- permasalahan sebagai rencana aksi percepatan pengembangan Geopark Merangin Menuju UGG. Jambi perlu mempersiapkan segala kajian baik dari sisi sejarah, budaya, seni, sosial, ekonomi hingga kearifan lokal dalam pengelolaan Geopark Merangin.

Al Haris mengatakan, Geopark Merangin merupakan taman bumi yang secara historis memiliki nilai sejarah cukup tinggi. Geopark Merangin terdiri fosil-fosil dan lempengan fragmen bumi tertua di dunia, serupa dan bahkan seusia dengan bebatuan yang ada di situs bersejarah di Cina.  Geopark Merangin berumur sekitar 300 juta tahun lebih.

Peninggalan batu tua  yang menjadi salah satu daya tari wisata di kawasan Geopark Merangin, Desa Air Batu, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. (Foto : Matra/Ist).

Barang Langka

Geopark Merangin, lanjut Al Haris merupakan barang langka, unik dan menarik. Potensi objek wisata Geopark Merangin  memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Bila dikelola dengan baik, Geopark Merangin akan menarik wisatawan dan mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Potensi tersebut bisa menambah penghasilan. Potensi wisata dan budaya Geopark Merangin bisa dijual untuk menambah pendapatan bagi daerah dan masyarakat,"katanya.

Menurut Al Haris, sebenarnya tahun 2014  Geopark Merangin sudah diusulkan menjadi ksalah satu keajaibandunia kepada UNESCO. Namun pakar geopark dari UNESCO, Prof Guy Martini menilai Geopark Merangin masih belum memenuhi standar yang ditetapkan UNESCO.

“Guy menilai belum ada batasan kawasan yang jelas dari Geopark Merangin. Belajar dari situ,  para  ahli dan pakar kami harapkan menyiapkan apa yang dibutuhkan tim UNESCO. Sekarang mari kita tata dan kita lengkapi apa yang diinginkan UNESCO untuk menetapkan Geopark Merangin menjadi keajaiban dunia,”katanya.

Dijelaskan, sesuai saran UNESCO, kawasan Geopark Merangin masih kurang memiliki ketersediaan infrastruktur dan sarana penunjang yang memadai. Termasukdi dalamnya kesiapan masyarakat setempat untuk melayani wisata yang datang.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Dr Sri Purnama Syam mengatakan, pengembangan Geopark Merangin merupakan salah satu alternatif pemanfaatan kekayaan alam dan budaya untuk membangkitkan ekonomi rakyat dengan tetap mengedepankan pelestarian dan perlindungan lingkungan.

“Geopark Merangin Jambi sudah layak menjadi UNESCO Global Geopark karena memiliki situs warisan geologi tertua di asia (Air Batu dan sekitarnya). Kawasan Geopark Merangin juga merupakan kantong budaya prasejarah Indonesia (Tiongkok-Serampas), rumah bagi spesies kunci berstatus Endangered (IUCN), dan Tropical Rainfrest Heritage of Sumatera  TNKS,”katanya. (Matra/AdeSM)

Arena arung jeram di kawasan Geopark Merangin, Sungai Batang Merangin, Desa Air Batu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. (Foto : Matra/Ist) 


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya