. Lagu Simalungun “Sipungkah Huta” Antarkan Natalia Nainggolan Raih Sarjana Terbaik | MediaLintasSumatera
Home » , , » Lagu Simalungun “Sipungkah Huta” Antarkan Natalia Nainggolan Raih Sarjana Terbaik

Lagu Simalungun “Sipungkah Huta” Antarkan Natalia Nainggolan Raih Sarjana Terbaik

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 02 Oktober 2021 | 08.02

Lagu Simalungun “Sipungkah Huta” Antarkan Natalia Nainggolan Raih Sarjana Terbaik.(Foto: Matra)

(Matra, Jambi)
-Lagu-lagu Simalungun ternyata tidak hanya enak disenandungkan dan didengarkan. Namun lagu Simalungun juga bisa menjadi jembatan bagi seseorang meraih prestasi dibidang akedmik. Itulah yang dibuktikan Natalia Nainggolan mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Melalui lagu Simalungun “Sipungkah Huta” ciptaan komponis andal Simalungun, Agus Erdiaman Purba, Natalia Nainggolan berhasil meraih gelar sarjana (S1) dengan predikat cum laude (sangat memuaskan).

Natalia Nainggolan mengupas (mengalisis) lagu “Sipungkah Huta” dengan judul skripsi “Analisis Makna Tektual dan Musikal Lagu Supungkah Huta dalam Masyarakat Simalungun” Tahun Akademik 2021. 

Menanggapi keberhasilan  Natalia Nainggolan meraih sarjana melalui lagu “Sipungkah Huta”, pencipta lagu tersebut Agus Erdiaman Purba yang terkenal dengan julukan “Komponis Sipukkah Huta” kepada Medialintassumatera/Beritasimalungun, Sabtu (2/10/2021) mengatakan, sangat salut atas kejelian Natalia Nainggolan melihat nilai-nilai seni dan sosiologis lagu “Sipungkah Huta” tersebut. 

“Natalia sebenarnya hanya seorang gadis desa kelahiran Purba Tongah, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kemudian Natalia Nainggolan aktivis Himapsi USU. Kini Natalia telah menyandang gelar Sarjana Seni (S.Sn) dari Fakultas Etnomusikologi USU dengan predikat sangat memuaskan. Natalia sudah  diwisuda dari USU baru-baru ini,” kata Agus Erdiaman Purba.

Menurut Agus Erdiaman Purba, lagu “Sipungkah Huta”, mengandung visi dan misi yang digali dari masyarakat “Bumi Habonaron Do Bona” (Simalungun). Agus Erdiaman Purba mengharapkan nilai-nilai perjuangan masyarakat Simalungun yang terkandung dalam lagu tersebut bisa diwujudkan untuk memajukan masyarakat Simalungun, menjadi tuan di negeri sendiri.

Dikatakan, saat ini lagu “Sipungkah Huta” sedang diperlombakan dalam kompetisi lagu-lagu Batak Terpopuler yang diselenggarakan “Batak Center Jakarta”.

Lagu “Sipungkah Huta”, bersaing dengan 100 lagu Batak terpoluler dari lima etnis Batak yakni Toba, Simalungun, Karo, Pakpak, Mandailing. Selain lagu “Sipungkah Huta” lagu ciptaan Agus Erdiaman Purba berjudul “Simalungun Najagiah” juga diperlombakan dalam kompetisi tersebut. 

“Saya mengajak masyarakat pecinta Lagu Simalungun memilih (vote) kedua lagu ciptaan saya yang ikut dalam kompetisi itu,” harapnya. (Matra/Asenk Lee Saragih)
Agus Erdiaman Purba yang terkenal dengan julukan “Komponis Sipukkah Huta”.



1. Pilihlah 3judul lagu Batak yang menjadi favorit ANDA.
2. Silakan mengisi nama ANDA dan No. Telepon pada bagian akhir sebelum vote.
Contoh: Ferry 08123456789. (Panitia akan menjaga kerahasiaan data ANDA).
3. ANDA hanya boleh memilih satu kali dalam lomba ini.
4. Panitia akan memilih para voter yang beruntung dan mendapatkan hadiah. Nama para voter yang terpilih akan dipublikasikan di media sosial resmi BATAK CENTER.
5. Untuk informasi perkembangan lomba dapat ANDA lihat dan ikuti melalui media sosial BATAK CENTER: Facebook: https://www.facebook.com/PusatHabatakon;
YouTube BATAK CENTER; Instagram: BATAK CENTER.
6. Jika ANDA ingin melihat dan mengetahui lebih jauh tentang lagu yang dilombakan, ANDA dapat meng-copy and paste link (tautan youtube) yang dibagikan pada setiap lagu yang dilombakan.
7. Lomba akan dimulai pada tanggal 5 Mei 2021 hingga 31 Oktober 2021 (Pukul 23.59 WIB)
Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya