. Capaian Vaksinasi Rendah, Sarolangun dan Merangin Gencarkan Vaksinasi ke Pedesaan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Capaian Vaksinasi Rendah, Sarolangun dan Merangin Gencarkan Vaksinasi ke Pedesaan

Capaian Vaksinasi Rendah, Sarolangun dan Merangin Gencarkan Vaksinasi ke Pedesaan

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 19 November 2021 | 08.28

Vaksinasi yang digelar Komando Daerah Militer (Kodim) 0420/Sarolangun Bangko (Sarko) di Desa Mekar Jaya, Kampung Limo, Muara Belengo dan Kelurahan Gunung Kembang, Kamis (18/11/2021). (Foto : Matra/Kodim0420/Sarko)

(Matra, Jambi) – Capaian vaksinasi di Kabupaten Sarolangun dan Merangin, Provinsi Jambi masih tergolong rendah hingga memasuki pekan ketiga November ini. Capaian vaksinasi di kedua kabupaten tersebut disebabkan belum seluruhnya warga desa yang layak divaksinasi mengikuti vaksinasi. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sarolangun, Adnan HS di Sarolangun, Jumat (19/11/2021) mengatakan, capaian vaksinasi dosis pertama di Sarolangun baru 47,68 % dan dosis kedua mencapai 28,65 %. Rendahnya capaian vaksinasi itu disebabkan vaksinasi yang masih lambat di Kecamatan Batang Asai dan Kecamatan Cermin Nan Gedang.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Merangin, H Fajarman mengatakan, realisasi vaksinasi dosis pertama di daerah tersebut hingga pekan kedua November ini baru mencapai atau 128.938 orang atau 49 % dari sasaran vaksinasi 265.326 jiwa.

“Menyikapi rendahnya capaian vaksiansi ini, kami kini melakukan gerak cepat vaksinasi ke desa – desa. Sebanyak 205 kepala desa di 24 kecamatan di Kabupaten Merangin sudah kami peringatkan agar mendukung penuh Gerakan vaksinasi ini. Hal ini penting agar vaksinasi  di Meranginm bisa mencapai 70 % akhir tahun ini,”ujarnya.

Tim Vaksinasi 

Untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Sarolangun dan Merangin, Komando Daerah Militer (Kodim) 0420/Sarolangun Bangko (Sarko) sepekan ini menggencarkan vaksinasi ke desa-desa di Sarolangun dan Merangin. Guna mengintensikan vaksinasi tersebut, Kodim 0420/Sarko membentuk enam tim tim vaksinasi. Tiga tim vaksinasi di Merangin dan tiga tim vaksinasi di Sarolangun. Sasaran vaksinasi di kedua daerah tersebut sepekan ini mencapai 10.000 orang. 

Komandan Kodim (Dandim) 0420/Sarko, Letkol Inf TNI, Tomi Radya Diansyah Lubis, SAP, MHan mengatakan, pihaknya terus meningkatkan gerakan vaksinasi ke desa-desa untuk mencapai herd immunity (kekebalan komunal) dan menekan kasus Covid-19.

“Sepekan ini, kami melakukan vaksinasi secara intensif dari desa ke desa di Sarolangun dan Merangin. Kami membentuk dua tim vaksinator, yakni Tim 1 dan Tim 2 Vaksinator Kodim Sarko. Vaksinasi dilaksanakan sejak Selasa (16/11/2021). Target vaksinasi mencapai puluhan ribu orang. Realisasi vaksinasi hingga Kamis (18/11/2021) sudah mencapai 6.000 orang,”katanya. 

Dijelaskan, Tim 1 Vaksinator Kodim 0420/Sarko melakukan vaksinasi di Desa Mekar Jaya, Kampung Limo, Muara Belengo dan Kelurahan Gunung Kembang, Kamis (18/11/2021). Kemudian Tim 2 Vaksinator Kodim 0420/Sarko melakukan vaksinasi Desa Kampung Limo, Kecamatan Pangkalan Jambu dan Tim 3 Vaksinator melakukan vaksiansi di Desa Muaro Belengo, Kecamatan Pamenang.

Tomi Radya Diansyah Lubis mengatakan, untuk memudahkan warga mengikuti vaksinasi, syarata vaksinasi di daerah tersebut hanya membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK).

“Silahkan masyarakat datang ke lokasi vaksiansi yang ditentukan dengan membawa KTP atau KK. Kami siap melayani peserta vaksinasi sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan,”katanya. (Matra/Radesman Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya