. Catatan Ringan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi, Merajut Kembali Semangat Kebersamaan yang Mulai Pudar | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Catatan Ringan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi, Merajut Kembali Semangat Kebersamaan yang Mulai Pudar

Catatan Ringan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi, Merajut Kembali Semangat Kebersamaan yang Mulai Pudar

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 14 November 2021 | 09.32


Vokal Grup Seksi Bapa Sektor Filippi GKPS Jambi yang melantunkan lagu lawas Simalungun “Padan Na So Suhun/Suratan Ou” karya komponis legendaris Simalungun, Taralamsyah Saragih menyemarakkan suasana “Malam Keakraban Bapa GKPS Jambi” dalam rangka memeriahkan Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi, Sabtu (13/11/2021) malam. (Foto : Matra/Radesman Saragih)

(Matra, Jambi) – Alunan musik organ tunggal (keyboard) yang berpadu dengan harmoni suara vokal grup dan solo bapak menghangatkan suasana malam minggu di Gedung Sekolah Minggu (GSM) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu (13/11/2021) malam. 

Sekitar 30 orang kaum bapak-bapak (Seksi Bapa) GKPS Jambi tampak penuh ceria menikmati pentas hiburan bernuansa Simalungun pada kesempatan tersebut. Para anggota bapak GKPS Jambi secara bergantian menampilkan talenta-talenta atau bakat-bakat bernyanyi dan musik mereka di malam gembira tersebut.  

Semarak pentas seni di GSM GKPS Jambi tersebut menjadi puncak Pesta Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 Seksi Bapa GKPS yang digelar Seksi Bapa Jemaat GKPS Jambi. Pentas hiburan bertajuk “Malam Keakraban Bapa GKPS Jambi” tersebut terasa melenturkan lelah dan penat Seksi Bapa GKPS Jambi yang hampir sebulan penuh menggelar berbagai kegiatan Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS.

Kemudian Malam Keakraban Bapa GKPS Jambi dalam rangka Pesta/Minggu Bapa GKPS Minggu (7/11/2021) juga memberikan sepercik rasa bangga atas penghargaan terhadap kaum bapa bertepatan dengan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada Jumat (12/11/2021). Kendati berlangsung sangat sederhana dan menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah hadirin terbatas, malam keakraban bapa tersebut juga menjadi pemuas rasa rindu berkumpul bersama di tengah kelesuan kegiatan bapak di GKPS Jambi selama ini.  

Melalui lagu-lagu Simalungun nostalgia masa muda yang dinyanyikan anggota Bapa GKPS Jambi pada kesempatan tersebut, Malam Keakraban GKPS Jambi juga terasa menjadi Night of Romantic (Malam Romantis). Setiap lagu – lagu cinta Simalungun yang dilantukan vocal grup, trio dan solo bapa pada kesempatan tersebut mendapat aplaus (sambutan) dari sekitar 45 orang bapa dan inang yang menghadiri acara yang berakhir pukul 23.00 WIB tersebut.

Malam Keakraban Seksi Bapa GKPS Jambi tersebut semakin afdol (pas) melalui jamuan makan malam bersama. Jamuan malam menambah suasana suka cita berkat menu makanan kuliner khas Simalungun dengan rasa yang cukup kena (maknyos rasanya), ikan nila bakar dengan sambal sihala (olahan bumbu berpadi kincung). Menu ikan nila bakar dan sambal sihala  sendiri diolah Keluarga Sy Rosenman Saragih/Inang Lisbeth Br Sinaga.

“Wah, mantap bah, mantap bah, pas rasanya,”kata beberapa anggota Bapa GKPS Jambi saat bersantap makan malam.

Pdt Franky Doris Malau, STh (kanan) didampingi Sy Hezron Elsafan Saragih, SPd (kiri) membawakan renungan pada ibadah “Malam Keakraban Bapa” GKPS Jambi dalam rangka Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di Gedung Sekolah Minggu GKPS Jambhi, Sabtu (13/11/2021) malam. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

Penuh Kasih

Sementara itu, Pendeta (Pdt) Franky Doris Malau, STh yang memimpin ibadah pembukaan Malam Keakraban Bapa GKPS Jambi mengapresiasi kebersamaan anggota, pengurus Seksi Bapa Jemat GKPS Jambi dan Pantia Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS, GKPS Jambi. Melalui jalinan kebersamaan, seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi yang cukup padat bisa dilaksanakan dengan baik.

Pdt Franky Doris Malau, STh mengatakan, kebersamaan di tengah Bapa GKPS Jambi tercipta bukan karena kekuatan, kekayaan dan kepintaran bapa, panitia dan  pengurus, tetapi hanya berkat kasih kuasa Yesus Kristus yang mempersatukan.

“Kunci keberhasilan penyelenggaraan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi bukan kekuatan dan kepandaian anggota bapa, melainkan berkat curahan kasih Yesus Kristus yang menggugah rasa saling mendukung, menghargai dan mendoakan,”katanya.

Pdt Franky Doris Malau, STh mengingatkan, perbedaan talenta di kalangan  Bapa GKPS Jambi jangan dijadikan sebagai penghambat, memisahkan para anggota bapa. Perbedan talenta yang dimiliki setiap anggota bapa hendaknya memberi warna dalam kebersamaan.

“Dalam Tuhan, kita tetap satu dalam kasih dan pelayanan. Perbedaan, keakuan dan sifat individualis harus kita hilangkan agar bapa di GKPS Jambi bisa terus membangun kebersamaan dalam pelayanan gereja di masa mendatang,”katanya.

Sementara itu, Ketua Seksi Bapa Jemaat GKPS Jambi, Iramsen Saragih, SH dan Ketua Panitia HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Jemaat GKPS Jambi, Oka Abraham Purba, SP pada kesempatan tersebut mengapresiasi  jerih lelah, kerja sama dan dukungan para anggota bapa, panitia, pengurus bapa, pembimbing bapa, fulltimer (pendeta) terhadap pelaksanaan seluruh kegiatan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi.

“Kami menyampaikan terima kasih banyak juga kepada para penyumbang kegiatan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi, termasuk Patunggung Simalungun. Melalui dukungan tersebut, seluruh kegiatan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi, termasuk Malam Keakraban Seksi Bapa GKPS Jambi ini terlaksana dengan baik,”kata Oka Abraham Purba.

Kemudian Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Riando Tondang, STh pada kesempatan tersebut mengatakan, Panitia Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Tingkat Jemaat GKPS Jambi sudah melaksanakan berbagai kegiatan Pesta Bapa GKPS dengan maksimal. Informasi mengenai seluruh kegiatan pesta bapa sudah disebarkan secara luas dan intensif ke seluruh bapa di GKPS Jambi.

“Kalaupun belum selurunya anggota bapa berpartisipasi, itu bukan masalah lagi. Yang penting kita sudah mengarahkan seluruh anggota Bapa GKPS Jambi mengikuti seluruh kegiatan pesta,”katanya.

Sedangkan menurut anggota Bapa GKPS Jambi, J Purba Tamsar, Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi cukup mampu menggalang kebersamaan bapa di GKPS Jambi. Hal tersebut terlihat dari partisipasi bapa yang mengikuti dalam seluruh kegiatan yang cukup banyak.

“Saya sebagai anggota Bapa GKPS Jambhi yang baru tahun ini masuk GKPS Jambi cukup antusias mengikuti seluruh kegiatan Pesta Bapa GKPS ini. Saya berharap, kebersamaan bapa di GKPS Jambi tetap terjalin baik, tidak ada saling menyalahkan, memburuk – burukkan,”paparnya.

Ibadah “Malam Keakraban Bapa GKPS Jambi” dalam rangka memeriahkan Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Tingkat GKPS Jambi, Sabtu (13/11/2021) menerapkan protokol kesehatan. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

Cukup Padat

Kegiatan Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi memang cukup padat. Kegiatan tersebut, pertandingan catur, tenis meja, bola voli, memancing, lomba nyanyi solo, melayani di partonggoan (ibadah keluarga sektor), ibadah Pesta/Minggu Bapa, pencarian dana, lelang dan malam keakraban. Kegiatan rekreasi, seni dan olah raga tersebut digelar guna membangkitkan kembali semangat dan kebersamaan anggota bapa GKPS Jambi melaksanakan berbagai kegiatan pelayanan di tengah gereja.

Sekretaris Panitia Pesta Pertayaan HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Tingkat Jemaat GKPS Jambi, Sy Rosenman Saragih mengatakan, kegiatan perlombaan menyemarakkan Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS yang digelar Seksi Bapa GKPS Jambi tersebut diawali dengan lomba catur dan tenis meja mulai Minggu (10/10/2021). Lomba catur dibagi dua divisi, yakni Divisi I dan Divisi II.

Pembagian divisi tersebut dimaksudkan meningkatkan partisipasi bapa GKPS Jambi mengikuti kegiatan. Divisi I pertandingan catur diikuti  anggota bapa yang selama ini sudah sering ikut pertandingan catur. Sedangkan Divisi II diikuti anggota bapa yang masih jarang mengikuti pertandingan catur.

Melalui pola pertandingan seperti itu, jumlah anggota Seksi Bapa GKPS Jambi yang mengikuti pertandingan catur pun meningkat. Selama ini peserta pertandingan catur di GKPS Resort Jambi rata diikuti enam sampai 10 orang. Namun melalui penyelenggaraan pertandingan catur dua divisi tersebut, peserta perlombaan meningkat. Peserta pertandingan catur Divisi I sebanyak 10 orang dan Divisi IIsebanyak 17 orang.

Kemudian lomba mancing di kolam pemancingan juga mendapat respon anggota Seksi Bapa GKPS Jambi. Peserta lomba mancing yang digelar di kolam pemancingan “R & R” Kota Jambi tersebut diikuti 28 orang. Kemudian keluarga Bapa GKPS Jambi juga banyak yang turut hadir memeriahkan lomba mancing tersebut. Baik anak-anak, ibu-ibu dan lanjut usia. Suasana lomba mancing tersebut juga penuh suasana keakraban karena diserta juga dengan membakar ikan, makan bersama dan nyanyi karaoke.

Kegiatan kerohanian juga tak luput dari perhatian Seksi Bapa GKPS Jambi pada perayaan Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Jambi. Seksi Bapa GKPS Jambi cukup berhasil menggalang kebersamaan dan potensi bapa melayani kegiatan partonggoan dan Minggu Bapa, Minggu (7/11/2021). Pada kebaktian partonggoan empat sektor di GKPS Jambi, Senin – Kamis (1 – 4/11/2021), petugas yang melayani, mulai dari khotbah (ambilan), agenda (votum) dan tugas lainnya semuanya dari anggota seksi bapa, bukan anggota majelis.

Kemudian pada tiga kali kebaktian Minggu Bapa, Minggu (7/11/2021), pagi, siang dan  sore, petugas pelayananan juga semuanya dari anggota bapa. Hanya khotbah minggu sore majelis (Pembimbing Seksi Bapa Jemaat GKPS) Jambi karena petugas yang ditunjuk berhalangan.

Kebersamaan anggota, pengurus dan Panitia Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Jemaat GKPS Jambi juga sangat terjalin pada penggalangan dana melalui lelang kuliner atau masakan khas Simalungun dayok nabinatur (masakan ayam yang diatur). Panitia mempersiapkan bahan lelang sebanyak 12 paket dayok binatur yang dipanggang dengan mengolah sendiri, bukan disepesan  seperti selama ini. Proses pengolahan (pemanggangan) dayok nabinatur tersebut dilakukan para pengurus dan panitia di GKPS Jambi, Minggu (7/11/2021) subuh hingga pagi.

Selain itu, lanjutnya, lomba nyanyi solo Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi yang dilaksanakan, Sabtu (6/11/2021) juga berlangsung semarak. Lagi yang diikuti enam orang anggota Bapa gKPS Jambi tersebut memperlombakan lagu wajib Haleluya Nomor 386 “Agepe Sukkod Mata Manonggor” dan lagu pilihan “Togu Au Bai Dalan Mu” Ciptaan Pembimbing Seksi Bapa GKPS resort Jambi, St Radesman Saragih SSos dan “Halongangan Do Holong Mu” Ciptaan komponis lagu Simalungun asalJakarta, St Mahmudin Purba.

Dikatakan, kendati Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS di GKPS Jambi sudah berakhir, namun jalinan kebersamaan anggota Bapa GKPS Jambi masih perlu dihimpun menyongsong Perayaan Natal Seksi Bapa Jemaat GKPS Jambi, Desember nanti. Panitia Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS Jemaat GKPS Jambi dan anggota Bapa GKPS Jambi yang sudah lelah menyelenggarakan Pesta Bapa GKPS satu bulan terakhir masih harus mengerahkan kekuatan dan kebersamaan menghadapi Natal karena Panitia Pesta HUT ke-26 Seksi Bapa GKPS GKPS Jambi juga merangkap sebagai Panitia Perayaan Natal Bapa GKPS Jambi yang direncanakan Minggu (19/12/2021). (Matra/Radesman Saragih)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya