. Gubernur Jambi Raih Penghargaan “People of the Year 2021” : "Saya Persembahkan untuk Tenaga Kesehatan" | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Gubernur Jambi Raih Penghargaan “People of the Year 2021” : "Saya Persembahkan untuk Tenaga Kesehatan"

Gubernur Jambi Raih Penghargaan “People of the Year 2021” : "Saya Persembahkan untuk Tenaga Kesehatan"

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 25 November 2021 | 07.26

Gubernur Jambi, H Al Haris menerima penghargaan "People of the Year 2021” di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021). (Foto : Matra/Ist/TangkapanLayarMetroTV)

(Matra, Jakarta) – Komitmen penuh dan perjuangan keras menangani kasus Covid-19 serta upaya tak henti membangkitkan ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid-19 mengantarkan Gubernur Jambi, H Al Haris meraih penghargaan People of the Year 2021. Penghargaan tersebut diberikan Metro TV kepada 11 gubernur di Indonesia dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Metro TV. 

Pada penganugerahan penghargaan People of the Year 2021 yang digelar di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021) tersebut, Al Haris meraih penghargaan kategori Gubernur Terbaik untuk Pelayanan Kesehatan dan Bangkit Kembali di Tengah Pandemi (Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic). Penghargaan yang sama juga diraih Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Al Haris pada penganugerahan penghargaan People of the Year 2021 tersebut mengatakan, keberhasilannya meraih penghargaan tersebut tak terlepas dari komitmen, perjuangan keras dan komitmen seluruh tenaga kesehatan di Provinsi Jambi menanggulangi pandemi Covid-19. 

Selain itu, dukungan jajaran Polri, TNI, wali kota, bupati dan seluruh pemangku kepentingan di Jambi juga sangat besar mengatasi pandemi Covid-19 dan membangkitkan kembali ekonomi rakyat dan daerah di Jambi dari hantaman pandemi Covid-19. 

“Penghargaan ini saya raih atas kerja sama dan dukungan semua pihak di Provinsi Jambi. Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga kesehatan di Jambi yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19. Saya persembahkan penghargaan ini untuk seluruh tenaga kesehatan di Jambi dan masyarakat Jambi,”ujarnya.

Al Haris mengharapkan, seluruh lapisan masyarakat Jambi terus berjuang menghadapi pandemi Covid-19 guna memulihkan kembali kehidupan masyarakat . Penanggulangan Covid-19 tidak bisa terhenti kendati kasus Covid-19 di Jambi sudah melandai lebih satu bulan terakhir. 

“Kewaspadaan terhadap melonjaknya kasus Covid-19 di Jambi harus terus ditingkatkan karena Covid-19 ini merupakan lawan yang tidak kelihatan. Karena itu perang melawan Covid-19 harus terus dilakukan hingga kasus Covid-19 hilang dan kehidupan ekonomi dan sosial kemasyarakatan bisa normal kembali,”ujarnya. 
Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kiri) dan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim (dua dari kanan) meninjau lanjutan vaksinasi pelajar, remaja dan tenaga pendidik di Balai Prajurit Komando Rayon Militer (Korem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi, Kota Jambi, Selasa (21/9/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Sementara itu, berdasarkan catatan medialintassumatera.com (Matra), Provinsi Jambi termasuk salah satu daerah di Indonesia yang cukup mampu mengendalikan kasus Covid-19 melalui pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara ketat. 

Pada masa PPKM mikro dan Level 4 diberlakukan di beberapa kabupaten dan kota di Jambi medio Agustus lalu, kasus harian Covid-19 di provinsi itu sangat tinggi. Kasus harian Covid-19 di Provinsi Jambi 11 Agustus 2021 misalnya mencapai 457 kasus. Kemudian kasus harian Covid-19 di Provinsi Jambi 19 Agustus 2021 masih berada pada angka 357 kasus.

Namun mulai September hingga November ini, kasus harian Covid-19 di Provinsi Jambi terus melandai seiring dengan ketatnya penerapan PPKM dan digencarkannya vaksinasi. Kasus harian Covid-19 di Jambi September – Oktober rata-rata di bawah 50 kasus. Sedangkan kasus harian Covid-19 di Jambi selama November ini rata-rata di bawah lima kasus dan bahkan beberapa pekan nihil kasus baru Covid-19.

Provinsi Jambi juga cukup berhasil melaksanakan vaksinasi. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr Fery Kusnadi, total warga masyarakat Jambi yang sudah divaksinasi dosis pertama hingga Senin (22/11/2021) sudah mencapai 1.736.719 orang atau 64,64 % dari sasaran vaksinasi sekitar 2.686.193 orang. Kemudian capaian vaksinasi dosis kedua sekitar 1.175.047  orang (43,74  %). 
Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) meninjau Vaksinasi Massal Sektor Jasa Keuangan se-Provinsi Jambi di Ev Garden Paal Merah Lama, Kota Jambi, Rabu (21/07/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Tokoh Berjibaku 

Presiden Direktur Metro TV selaku Ketua Dewan Juri People of The Year 2021,  Don Bosco Selamun pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan People of The Year 2021 dengan sembilan kategori. Penghargaan diberikan kepada seluruh tokoh telah berjibaku melawan Covid-19 dengan kinerja di atas rata-rata, bekerja dengan cerdas dan tanpa lelah menyelamatkan masyarakat.

Penerima penghargaan berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pengambil keputusan (pejabat pemerintah/kepala daerah), aparatur keamanan, ilmuwan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) hingga perusahaan. Jumlah penerima penghargaan “People of The Year 2021” dari kalangan tokoh dan institusi tersebut sebanyak 22 orang.

Menurut Don Bosco Selamun, penghargaan People of The Year 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh Indonesia dari berbagai latar belakang yang telah memberikan inspirasi dan manfaat nyata kepada bangsa dan masyarakat luas, khususnya di masa pandemi Covid-19.  

“Saat ini, harapan untuk pulih dari situasi pandemi semakin terlihat nyata dengan upaya upaya yang dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat. Maka melalui People of The Year 2021, kami ingin memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para tokoh dan lembaga inspiratif yang berdedikasi dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia,"katanya.

Dijelaskan, sembilan kategori penghargaan People of The Year 2021, yakni Best Governor for Inclusive Economic Growth, Best Governor for Empowerment & Education, Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic, dan Best Governor for E-Gov & Digital Innovation

Kemudian Innovative Governmental Organization, Patron of Development Partnership, Corporation Participation Against Pandemic, Scientific Breakthrough Against Pandemic dan Lifetime Achievement.

Penerima Penghargaan Best Governor for Inclusive Economic Growth, yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan. Penerima penghargaan Best Governor for Empowerment & Education, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. 

Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic diberikan kepada Gubernur Jambi Al Haris, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Selanjutnya Best Governor for E-Gov & Digital Innovation diraih Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sedangkan kategori penghargaan Innovative Governmental Organization diberikan kepada Kementerian Kesehatan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kategori penghargaan Patron of Development Partnership diberikan kepada Gusdurian, Kawal Covid19 dan Rumah Zakat.

Penghargaan kategori Corporation Participation Against Pandemic diraih PT Kalbe Farma Tbk, TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan Grahasari Suryajaya. Peraih penghargaan kategori Scientific Breakthrough Against Pandemic, yakni salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca, Carina Citra Dewi Joe, penggagas ventilator portabel Vent-I, Syarief Hidayat dan tim, serta PeduliLindungi yang mencakup Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Telkom.

“Penghargaan kategori Lifetime Achievement dianugerahkan kepada almarhum mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar. Penerimaan anugerah diwakili keponakan Artidjo, Adi Sultan,”katanya.

Sementara itu, anggota Satgas Penanganan Covid - 19 Nasional, Wiku Adisasmito pada kesempatan tersebut mengatakan, penghargaan yang diterima Satgas Penanganan Covid-19 tersebut dipersembahkan untuk seluruh Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat nasional dan seluruh daerah di Indonesia. 

“Seluruh jajaran Satgas Penanganan Covid-19 di Indonesia telah bekerja keras sejak awal di bulan Maret 2020 menangani Covid-19. Buah kerja keras tersebut kini sudah mulai kita nikmati bersama,”katanya. (Matra/Radesman Saragih) 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya