. Hari Ikan Nasional, Konsumsi Ikan Masyarakat Jambi Masih Rendah | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Hari Ikan Nasional, Konsumsi Ikan Masyarakat Jambi Masih Rendah

Hari Ikan Nasional, Konsumsi Ikan Masyarakat Jambi Masih Rendah

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 25 November 2021 | 19.18

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, H Sudirman (dua dari kiri) didampingi Kepala  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman (kiri) meninjau hasil usaha kerjainan pengolahan ikan pada peringatan Hari Ikan Nasional VIII 2021 di aula kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi,  Kota Jambi, Kamis (25/11/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Konsumsi ikan warga masyarakat Jambi masih tergolong rendah kendati Provinsi Jambi termasuk daerah penghasil ikan yang cukup besar. Konsumsi ikan warga masyarakat Jambi saat ini baru di kisaran 39,34 kilogram (Kg)/orang/tahun atau masih di bawah konsumsi ikan nasional rata-rata 45 Kg/orang/tahun.

Hal tersebut diungkapkan Kepala  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman pada peringatan Hari Ikan Nasional VIII 2021 di aula kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi,  Kota Jambi, Kamis (25/11/2021). 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, H Amir Hasbi.

Pada kesempatan tersebut Sudirman memberikan bantuan puluhan kilogram ikan konsumsi untuk warga masyarakat, panti asuhan, Pondok Pesantren As’ad dan Asalam Kota Jambi. 

Sudirman mengajak warga masyarakat Jambi ikan karena ikan kaya gizi dan termasuk produk paling sehat. Jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi dan kabupaten/kota harus terus membudayakan dan mensosialisasikan peningkatan konsumsi ikan. Selain itu, usaha ekonomi produktif berbasis kerakyatan juga perlu terus dikembangkan di Jambi sebagai salah satu upaya meningkatkan konsumsi ikan. 

“Saya mengapresiasi upaya Dinas Kelautan dan Perikanan Jambi yang selama ini memberikan bimbingan kepada usaha-usaha kecil yang kini berhasil mengolah hasil perikanan. Mari terus bina usaha kecil pengolahan ikan ini. Saat ini mereka sudah banyak mengolah ikan menjadi dendeng, bakso, keripik dan jenis makanan lainnya,”katanya.

Menurut Sudirman, para pelaku usaha pengolahan ikan skala kecil dan menengah di Jambi juga perlu diberi dukungan modal usaha dan pemasaran. Kelompok usaha kecil dan menengah di bidang pengolahan ikan tersebut juga perlu diberdayakan dari segi manajemen agar kelompok usaha tersebut bisa bertambah.

Dikatakan, Hari Perikanan Nasional VIII jatuh pada hari Minggu (21/11/2021) dan diperingati di Jambi, Kamis (25/11/2021). Peringatan Hari Ikan Nasional 2021 merupakan upaya negeri Jambi dan Indonesia membudayakan dan kembali menggali potensi daerah dalam peningkatan sumber protein, termasuk potensi perikanan. 

Sudirman mengatakan, pada 3 - 10 Desember 2021, Pemprov Jambi menjadi tuan rumah  penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional. Perkemahan tersebut  dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sungai Gelam," Kabupaten Muarojambi. 

Salah satu agenda pada perkemahan tersebut, yakni menabur bibit ikan di Sungai Batanghari. Perkemahan Wirakarya Nasional tersebut nantinya dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo (Jokowi), 4 Desember 2021. 

“Pada kesempatan tersebut kita akan menyediakan banyak bibit ikan untuk ditabur di Sungai Batanghari. Penaburan bibit ikan ini nantinya akan meningkatkan produksi dan konsumsi ikan di Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA