. Kabupaten Kerinci Daerah Pertama Berhasil Turun ke Zona Hijau di Provinsi Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Kabupaten Kerinci Daerah Pertama Berhasil Turun ke Zona Hijau di Provinsi Jambi

Kabupaten Kerinci Daerah Pertama Berhasil Turun ke Zona Hijau di Provinsi Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 09 November 2021 | 15.22

Vaksinasi yang digelar Polres Kerinci di Polres Kerinci baru-baru ini. (Foto : Matra/PolresKerinci)

(Matra, Jambi) – Kabupaten Kerinci menjadi salah satu 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang kini berhasil mencapai zona hijau atau bebas Covid-19. Kabupaten di kawasan pegunungan Provinsi Jambi tersebut berhasil turun ke zona hijau menyusul nihilnya kasus Covid-19 di daerah itu sejak awal Oktober lalu. 

Kabupaten Kerinci yang sempat berstatus zona oranye (risiko sedang) penularan Covid-19 Juli – Agustus lalu turun ke zona kuning (risiko rendah) akhir September lalu. Berdasarkan hasil kajian penurunan kasus Covid-19 Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, 25 – 31 Oktober 2021, Kabupaten Kerinci masuk zona hijau mulai 1 November 2021. 

Sedangkan dua kota dan delapan kabupaten lainnya di Provinsi Jambi pada periode yang sama sudah masuk zona kuning. Dengan demikian Provinsi Jambi juga masuk zona kuning. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah di Jambi, Selasa (9/11/2021) menjelaskan, saat ini tidak ada lagi daerah kabupaten/kota yang berstatus zona oranye di Jambi. Beberapa kabupaten dan kota di Jambi juga berpeluang turun ke zona hijau jika kasus harian Covid-19 di setiap daerah kabupaten/kota bisa bertahan di angka nol kasus hingga beberapa pekan ke depan. 

“Kami berharap seluruh kabupaten/kota di Jambi tetap berupaya keras menekan kasus Covid-19 dan mempercepat vaksinasi agar bisa mencapai zona hijau. Kemudian protokol kesehatan (prokes), terutama memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir tetap diterapkan secara disiplin di tengah relaksasi (kelonggaran) kegiatan ekonomi sosial saat ini,”katanya.
Peta zonasi Covid-19 di Provinsi Jambi mulai 1 November 2021. Kabupaten Kerinci berhasil turun ke zona hijau. (Grafis : SatgasCovid-19Jambi)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, Hermendizal di Kerinci mengatakan, pihaknya masih terus menerapkan prokes kendati daerah itu sudah masuk ke zona hijau. Pada Festival Kerinci ke-19 2021 yang dibuka kembali mulai Minggu (7/11/2021), prokes tetap dilaksanakan. 

Dijelaskan, Kabupaten Kerinci turun ke zona hijau menyusul kasus harian Covid-19 yang nihil di daerah itu sekitar satu bulan terakhir. Selain itu pasien Covid-19 yang dirawat juga tidak ada lagi. Total kasus Covid-19 di Kerinci sejak Maret 2021 hingga Senin (8/11/2021) termasuk paling rendah di Provinsi Jambi, yakni sekitar 590 kasus. Pasien Covid-19 yang sembuh di daerah itu mencapai 562 oran dan meninggal 22 orang.

Mengenai capaian vaksinasi di daerah tersebut, Hermendizal mengatakan, jumlah warga Kerinci yang sudah divaksinasi dosis pertama mencapai mencapai 97.890 orang atau 50 % dari target vaksinasi sekitar 195.780 orang. 

“Vaksinasi di daerah ini masih terus dilaksanakan ke desa – desa untuk menuntaskan target vaksinasi minimal hingga 70 % hingga Desember nanti. Vaksinasi dilaksanakan bekerja sama dengan jajaran Polri dan TNI,”katanya. (Matra/Radesman Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya