. Kejuaraan Nasional Arung Jeram “Geo – Fun Rafting” Merangin Siap Digelar | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Kejuaraan Nasional Arung Jeram “Geo – Fun Rafting” Merangin Siap Digelar

Kejuaraan Nasional Arung Jeram “Geo – Fun Rafting” Merangin Siap Digelar

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 30 November 2021 | 15.27

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, H Fajarman (dua dari kanan) memimpin rapat persiapan “Geo – Fun Rafting” di Kota Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (30/11/2021). (Foto : Matra/KominfoMerangin).
 
(Matra, Jambi) – Kejuaraan nasional arung jeram, “Geo – Fun Rafting” di Sungai Batangmerangin, kawasan Geopark Merangin, Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarab, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi siap digelar, Rabu – Jumat (1 – 3/12/2021). Namun Geo – Fun Rafting tersebut batal dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. 

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, H Fajarman di Kota Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (30/11/2021) terkait persiapan Geo – Fun Rafting 2021 di daerah itu. 

Menurut Fajarman, penyambutan ratusan peserta dan pembukaan kejuaraan arung jeram tersebut dilakukan di Kota Bangko, Merangin (1/12/2021). Sedangkan puncak kejuaraan lomba arung jeram nasional tersebut dilakukan di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Merangin, Kamis (2/12/2021). 

Dijelaskan, kejuaraan nasional arung jeram, Geo Fun Rafting 2021 diikuti ratusan peserta dari puluhan klub arung jeram dari berbagai organisasi Federasi Arung Jeram Indonesia, Badan Geologi dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain itu 10 orang wartawan media nasional dan internasional, termasuk CNN juga mengikuti Geo - Fun Rafting 2021. 

“Titik start (awal) Geo – Fun Rafting tersebut dilakukan di Desa Air Batu dan dan finish (berakhir) di Teluk Wang Sakti, Kecamatan Renah Pembarap,”katanya.

Dijelaskan, persiapan panitia Geo – Fun Rafting 2021 hingga Selasa (30/11/2021) sudah mencapai 95 %. Penginapan (akomodasi), transportasi, sarana parkir, tempat salat (mushola), kamar mandi (toilet) dan sebagainya sudah rampung. Sebagian besar peserta menginap di hotel-hotel yang ada di Kota Bangko, Merangin.  

“Masalah yang dihadapi panitia saat ini hanya pohon durian mati di Taman Geopark Merangin. Ranting-ranting pohon durian yang sudah mati dikhawatirkan bisa mengganggu tamu peserta jika angin kencang. Jadi kami masih menyelesaikan pemangkasan ranting-ranting durian di sekitar sungai yang menjadi jalur lomba,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin, Sukoso menjelaskan, Menparekraf, Sandiaga Uno tidak jadi hadir pada Geo – Fun Rafting 2021 di Merangin karena ada tugas lain yang tidak bisa ditunda. Namun lima orang pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menghadiri acara olah raga bernuansa wisata tersebut. Selain itu beberapa wartawan nasional dan internasional juga dipastikan mengikuti Geo – Fun Rafting tersebut. 

“Peserta Geo – Fun Rafting dari berbagai daerah di Indonesia, begitu juga tamu-tamu dari Jakarta, baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah mulai tiba di Merangin Rabu (1/12/2021). Sedangkan puncak lomba arung jeram tingkat nasional ini dilakukan Kamis (2/12/2021),’’katanya.

Dijelaskan, Geo -Fun Rafting 2021 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambid an Pemkab Merangin tersebut semula direncanakan 17-18 November 2021 bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kabupaten Merangin. Namun karena kondisi Covid-19 belum begitu reda, kejuaraan arung jeram tersebut diundur menjadi 1- 3 Desember 2021.

Menurut Sukoso, penyelenggaraan Geo -Fun Rafting 2021 dimaksudkan mempromosikan kawasan situs Geopark Merangin ke tingkat internasional. Publikasi Geo -Fun Rafting 2021 diharapkan juga dapat menggugah tim assessor (penilai) Badan Pendidikan dan Kebudayaan Dunia (United Nation Education Scientific Cultural Organization/UNESCO) memberikan penilaian yang semakin baik terhadap Geopark Merangin. (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA