. Komunitas Serumpun Anak Melayu Diharapkan Jadi Pionir Kerukunan di Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Komunitas Serumpun Anak Melayu Diharapkan Jadi Pionir Kerukunan di Jambi

Komunitas Serumpun Anak Melayu Diharapkan Jadi Pionir Kerukunan di Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 01 November 2021 | 19.06


Gubernur Jambi, H Al Haris pada Pengukuhan Pengurus Serambi Bersatu periode 2021-2025  di  Balai Adat Provinsi Jambi, Senin (1/11/2021).  (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Komunitas Serumpun Anak Melayu Jambi (Serambi) diharapkan bisa menjadi pionir-pionir peningkatan kerukunan hidup di Provinsi Jambi. Komunitas Serambi Jambi harus selalu tampil di depan membangun toleransi guna menciptakan iklim kondusif maupun harmoni sosial di tengah kemajemukan masyarakat Jambi. 

“Masyarakat Provinsi Jambi majemuk/beragam, memiliki berbagai perbedaan sosial, budaya, agama dan kelas ekonomi. Di tengah perbedaan itu, kita harus bisa bekerja sama dan hidup rukun. Hidup berdampingan dengan damai. Hal ini penting supaya Provinsi Jambi ini aman. Kondisi seperti ini sangat dibutuhkan dan sangat mendukung pembangunan Jambi ke depan,”kata Gubernur Jambi, H Al Haris pada Pengukuhan Pengurus Serambi Bersatu periode 2021-2025  di  Balai Adat Provinsi Jambi, Senin (1/11/2021). 

Pengurus Serambi Bersatu yang dikukuhkan, yakni Sutan Depati Kemas Uzer Tumenggung Serintik Hujan Panas sebagai Ketua Umum dan Kemas Afrizal Galigo Rajo Alam (Panglimo Hitam). Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Dewan Pendiri Serambi Bersatu, Dr H Yunsak El Halcon, SH MSi.

Menurut Al Haris, kehidupan masyarakat yang rukun dan toleran sangat dibutuhkan di setiap daerah, termasuk di Jambi demi lancarnya pembangunan. Pprogram pembangunan yang dirancang pemerintah daerah tidak akan bisa terwujud manakala Provinsi Jambi ini tidak aman. Dengan demikian, komunitas Serambi Jambi dan seluruh elemen masyarakat Jambi perlu wujudkan Provinsi Jambi yang aman, rukun dan damai untuk kebaikan bersama dan kelancaran pembangunan.

Dikatakan, berbagai organisasi atau wadah persatuan masyarakat yang ada di Provinsi Jambi diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kehidupan sosial dan kontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan Provinsi Jambi. Al Haris yakin, warga masyarakat Jambi yang terhimpun dalam komunitas Serambi Bersatu turut memikirkan pembangunan Provinsi Jambi. 
Ketua Umum Serumpun Anak Melayu Jambi Bersatu, Sutan Depati Kemas Uzer Tumenggung Serintik Hujan Panas (tiga dari kanan) dan para pengurus menyambut kehadiran Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kanan) pada Pengukuhan Pengurus Serumpun Anak Melayu Jambi Bersatu periode 2021-2025  di  Balai Adat Provinsi Jambi, Senin (1/11/2021).  (Foto : Matra/KominfoJambi).

Bantu Pemerintah

Serambi Bersatu, tambah Al Haris  juga diharapkan bisa membantu pemerintah daerah di Jambi menghadapi berbagai kendala/tantangan yang kita hadapi saat ini. Kemudian Komunitas Serambi Bersatu juga berupaya memanfaatkan peluang dan potensi Jambi untuk meningkatkan kesejaheraan masyarakat. 

“Selain itu, saya juga berharap agar Serambi Jambi turut berperan aktif dalam pelestarian adat dan budaya di Provinsi Jambi, terutama kebudayaan Melayu Jambi. Pelestarian budaya ini, khususnya di kalangan generasi muda bisa mendukung pembangunan sektor pariwisata. Geliat sektor wisata akan mendorong ekonomi kreatif akan bisa meningkatkan perekonomian daerah di Provinsi Jambi. Peningkatan perekonomian daerah sudah pasti akan mendukung perekonomian nasional,”paparnya.

Menurut Al Haris, supaya harapan-harapan masyarakat terhadap Serambi Bersatu bisa diwujudkan, seluruh jajaran pengurus harus bisa membangun kerja sama dan kerja tim yang solid. Para pengurus harus bisa merumuskan program kerja yang baik, menjaga kekompakan dan menghasilkan ide-ide dan karya-karya kreatif. Hal ini penting agar seluruh program yang dirancang Serambi Bersatu membawa manfaat besar, baik bagi Serambi Jambi maupun bagi daerah Jambi.

Sementara itu Ketua Umum Serambi Bersatu, Sutan Depati Kemas Uzer Tumenggung Serintik Hujan pada kesempatan tersebut mengatakan, seluruh warga masyarakat Melayu Jambi siap membantu pemerintah daerah membangun Provinsi Jambi. Baik itu pembangunan ekonomi, sosial, budaya hingga pembangunan ekonomi. 

“Kami akan turut berperan dan memberikan masukan terhadap pemerintah daerah guna memajukan pembangunan masyarakat dan daerah Jambi. Kami juga akan tetap melestarikan adat istiadat melalui kebudayaan, pendidikan dan juga berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat dengan merangkul dan memberikan bantuan kepada kelompok usaha ekonomi rakyat,”ujarnya. (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya