. Peringkat 12 Peparnas XVI Papua, Atlet Paralimpik Jambi Tetap Disambut Meriah | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Peringkat 12 Peparnas XVI Papua, Atlet Paralimpik Jambi Tetap Disambut Meriah

Peringkat 12 Peparnas XVI Papua, Atlet Paralimpik Jambi Tetap Disambut Meriah

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 16 November 2021 | 18.06

Gubernur Jambi, H Al Haris (mendorong kursi roda atlet) ketika menyambut kehadiran kontingen atlit paralimpik Jambi yang kembali dari Peparnas XVI Papua 2021 di bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi, Selasa (16/11/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Para atlit paralimpik (atlet penyandang disabilitas) Provinsi Jambi yang bertarung di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua XVI di Jayapura, Provinsi Papua tetap mendapatkan sambutan hangat kendati hanya meraih peringkat 12 nasional.  

Kedatangan kontingen paralimpik Jambi dari Papua disambut Gubernur Jambi, H Al Haris di bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi, Selasa (16/11/2021). Pada kesempatan tersebut, Al Haris memberikan apresiasi terhadap perjuangan dan Raihan prestasi para atlet paralimpik Jambi. 

“Saya salut terhadap perjuangan para atlet paralimpik Jambi ini. Kendati mereka memiliki keterbatasan, semangat juang mereka meraih prestasi mengharumkan nama Jambi di tingkat nasional luar biasa. Kendati Jambi hanya mampu menempati peringkat ke-12 Peparnas XVI Papua, kami tetap bangga. Para atlet Peparnas Jambi mampu meraih sembilan medali emas, 11 medali perak dan 12 mendali perunggu,”katanya.

Al Haris mengatakan, para atlet paralimpik Jambi yang mengikuti Peparnas XVI Papu merupakan pejuang-pejuang yang walaupun mereka mengalami disabilitas, kondisinya terbatas, tapi semangatnya luar biasa. Perjuangan mereka bukan hanya untuk mereka sendiri, tetapi untuk daerah. Mereka sumbangkan medali untuk daerah Jambi. 

"Prestasi mereka ini saya kira luar biasa. Saya berterima kasih banyak. Mereka pejuang Jambi yang sudah menunjukkan bahwa Jambi layak diunggulkan di tingkat Nasional,"katanya.

Papua Juara

Sementara itu, Provinsi Papua berhasil meraih Juara I Peparnas XVI yang digelar di Papua 2 - 15 November 2021. Tuan rumah Peparnas XVI tersebut menempati urutan pertama perolehan medali Peparnas XVI Papua. Medali emas yang diraih atlet-atlet Papua sebanyak  127 buah, medali perak (87) dan medali perunggu (93). 

Sedangkan Juara Bertahan Peparnas XV, Provinsi Jawa Barat berada pada peringkat kedua dengan torehan medali emas 110 buah, perak (92) dan perunggu (75). Sedangkan Provinsi Jawa Tengah berada di peringkat ketiga dengan koleksi medali emas 89 buah, perak  (60) dan perunggu (76). 

Kemudian peringkat keempat diduduki Kalimantan Selatan dengan perolehan medali 41 emas, 43 perak, dan 47 perunggu. Provinsi Sumatera Utara menduduki urutan kelima dengan raihan 27 emas, 32 perak dan 15 medali perunggu. 

Presiden RI, Joko Widodo pada penutupan Peparnas XVI di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11/2021) mengapresiasi keberhasilan Provinsi Papua menyelenggarakan Pekan Olah Raga Nasional XX 2 – 15 Oktober 2021 dan Peparnas XVI 2 – 15 Novemebr 2021.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua yang telah sukses menyelenggarakan PON dan juga sukses menyelenggarakan Peparnas. Kemudian Papua juga berhasil menempati tempat (klasemen) yang paling atas Peparnas, selamat,"katanya. (Matra/AdeSM/InfoPublik)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya