. Rawan Terbakar, Warga Kota Jambi Minta Pertamina Perbaiki Pipa Bocor | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Rawan Terbakar, Warga Kota Jambi Minta Pertamina Perbaiki Pipa Bocor

Rawan Terbakar, Warga Kota Jambi Minta Pertamina Perbaiki Pipa Bocor

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 22 November 2021 | 16.59

Petugas Pertamina Jambi memperbaiki pipa bocor di Jalan Premik, RT 01, Kenali Asam Bawah, Kotabaru, Kota Jambi, Senin (22/11/2021). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Jambi) – Warga Kenali Asam Bawah, Kota Jambi, Provinsi Jambi meminta pihak Pertamina EP 1, Jambi memperbaiki kebocoran pipa minyak dengan baik mencegah terus bertambahnya minyak yang mencemari lingkungan mereka. Perbaikan pipa minyak yang bocor di sekitar permukiman warga juga perlu dilakukan secara permanen mencegah terjadinya kebakaran. 

Wahid Nurahman (50), warga Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi di lokasi kebocoran pipa Pertamina, Jalan Premik, RT 01, Kenali Asam Bawah, Kotabaru, Kota Jambi, Senin (22/11/2021) mengatakan, tumpahan minyak dari pipa Pertamina yang bocor sempat mencemari lingkungan mereka. Jika tidak ditangani dengan baik, pipa tersebut bisa bocor kembali dan rawan kebakaran. 

“Sebelum warga mengetahui pipa tersebut bocor, Senin pagi sekitar pukul 07.30 WIB,  terdengar suara ledakan. Ketika warga memeriksa asal suara ledakan, ternyata pipa pertamina bocor dan menyemburkan minyak mentah di sekitar permukiman warga. Tumpahan minyak sampai ke jalan dan pekarangan belakang rumah warga,”katanya.
Kepala Bagian Humas Pertamina EP 1 Jambi, Afrianto BS. (Foto : Matra/Ist)

Menurut Wahid Nurahman, setelah mendapat laporan warga petugas Pertamina Jambi langsung turun ke lokasi pipa bocor dan melakukan perbaikan. Pipa yang bocor diperbiki dengan cara mengelas. Selain itu tumpah minyak yang menggenangi jalan dan sebagian rumah warga pun dibersihkan. 

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pertamina EP 1 Jambi, Afrianto BS menjelaskan, pipa bocor merupakan flowline injeksi KAS 021 terkena korosi akibat faktor pipa yang sudah lama. Pihak Pertamina sudah dikerahkan ke lokasi membersihkan air injeksi yang keluar dari pipa dan memperbaiki pipa yang bocor.

“Saat ini kami fokus membersihkan lokasi kejadian. Kami berusaha secepatnya memperbaiki pipa yang bocor. Kemudian jika ada warga yang rugi terkena dampak pipa bocor tersebut, kami akan beri ganti rugi. Kami amsih mendata warga yang terdampakpipa bocor tersebut,”katanya.

Sementara itu pantauan medialintassumatera.com (Matra) di Kenali Asam Bawah, Kota Jambi, rumah warga banyak yang berada di lokasi pengeboran dan pipa minyak Pertamina. Banyaknya rumah warga di lokasi pipa minyak menimbulkan kerawanan kebakaran jika pipa Pertamina bocor dan menimbulkan kebakaran. Selain itu sebagian besar pipa Pertamina di Kenali Asam Bawah tersebut tampak berkarat dan rawan korosi (bocor akibat bahan kimia). (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya