. Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta Siap Bantu RSUD Raden Mattaher Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta Siap Bantu RSUD Raden Mattaher Jambi

Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta Siap Bantu RSUD Raden Mattaher Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 04 November 2021 | 20.11

Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) dan Direktur Utama  RS Harapan Kita Jakarta, Dr dr Iwan Dakota, SpJP (K), MARS, FACC, FESC (kanan) seusai pertemuan khusus di RS Sakit Harapan Kita Jakarta, Kamis (4/11/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jakarta) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jantung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi. RS Harapan Kita Jakarta diharapkan memberikan bantuan agar RSUD Raden Mattaher Jambi bisa melakukan pelayanan kesehatan jantung dan pembuluh darah secara mandiri tahun 2022.

“Kami berharap, kalau bisa tahun depan pelayanan kesehatan jantung di RSUD Raden Mattaher Jambi sudah bisa operasional. Hal itu penting karena masyarakat Jambi ekonominya terbilang menengah kebawah. Perawatan jantung di Jambi sudah harus berbiaya murah. Pasien penderita jantung di Jambi kalau bisa tidak lagi harus ke Jakarta karena butuh waktu cukup lama, berulang-ulang, biaya cukup besar,”kata  Gubernur Jambi, H Al Haris ketika bertemu dengan Direktur Utama  RS Harapan Kita Jakarta, Dr dr Iwan Dakota, SpJP (K), MARS, FACC, FESC di RS Sakit Harapan Kita Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Al Haris mengharapkan, Provinsi Jambi sudah mandiri dalam pelayanan penyakit Jantung tahun 2022. Harapan tersebut dapat diwujudkan karena saat ini RSUD Raden Mattaher Jambi sudah memiliki gedung baru enam lantai. Gedung baru tersebut bekas rumahs akit Covid-19.  Gedung tersebut  sudah bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan jantung karena tidka ada lagi pasien Covid-19 yang dirawat di gedung tersebut.

Menurut Al Haris, Pemprov Jambi siap menyediakan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan jantung secara mandiri . Gedung rumah sakit sudah siap. Pemprov Jambi hanya menunggu kehadiran pihak RS Harapan Kita Jakarta untuk memeriksa ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan jantung di RSUD Raden Mattaher Jambi.

“Saya juga mengharapkan bimbingan dan pantuan RS Harapan Kita Jakarta agar masyarakat Jambi yang memerlukan tindakan operasi jantung kelak cukup di RSUD Raden Mattaher saja. Mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jakarta atau bahkan ke luar negeri,”ujarnya.

Dikatakan, Pemprov Jambi ingin pelayanan jantung di Jambi bisa lebih cepat, lebih mudah, lebih efisien dan bisa membantu masyarakat yang tidak mampu. Pemprov Jambi sangat mendukung program mandiri pelayanan kesehatan jantung di RSUD Raden Mattaher Jambi. Untuk itu Pemprov Jambi akan mempercepat proses penyediaan sumber daya manusia (SDM). Sedangkan untuk dana, Jambi mengharpkan adanya dukungan dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Sementara itu, Dr Iwan Dakota pada kesempatan tersebut mengatakan, untuk pelayanan pengobatan jantung, Provinsi Jambi saat ini berada di zona hijau. Supaya bisa masuk kategori mandiri pelayanan kesehatan jantung, Jambi harus bisa masuk ke zona merah.

“Upaya yang perlu dilakukan meningkatkan pelayanan kesehatan jantung di Jambi, yakni  menyediakan gedung khusus untuk rumah sakit jantung. Selanjutnya selanjutnya RS Harapan Kita Jakarta,melalui DAK Kementerian Kesehatan akan memberikan anggaran untuk peralatan dan fasilitas. Kami juga akan menjamin ketersediaan SDM, baik untuk pelatihan keperawatan, sampai ketersediaan dokter,”katanya.

Dikatakan, sesuai dengan Surat Keputuasn Kemenkes no 7182 tahun 2020, RS Harapan Kita Jakarta siap mengampu 54 rumah sakit di berbagai provinsi.  Khusus untuk RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi yang saat ini baru bisa melayani penyakit jantung untuk tindakan IMB non bedah, RS Harapan Kita Jakarta akan meningkatkan kemampuannya menjadi mandiri dalam 2 (dua) tahun kedepan hingga bisa melakukan pelayanan yang holistik termasuk bedah jantung terbuka.

“Saya juga berterima kasih atas dukungan yang kuat dari Gubernur Jambi untuk peningkatan pelayanan kesehatan jantung di Jambi. Saya yakin melalui kolaborasi dan sinergitas yang baik ini, program kemandirian pelayanan jantung di RSUD Raden Mattaher ini akan segera terwujud,”ujarnya. (Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya