. 2.849 Personil Pasukan Operasi Lilin Ciptakan Suasana Kondusif Perayaaan Natal di Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » 2.849 Personil Pasukan Operasi Lilin Ciptakan Suasana Kondusif Perayaaan Natal di Jambi

2.849 Personil Pasukan Operasi Lilin Ciptakan Suasana Kondusif Perayaaan Natal di Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 23 Desember 2021 | 17.43

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo (kanan) pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021, yang berlangsung di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kamis (23/12/2021). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

(Matra, Jambi) – Operasi Lilin Siginjai Jambi 2021 diharapkan mamapu menciptakan suasana kondusif perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di Provinsi Jambi. Penempatan sekitar 2.849 orang pasukan pengamanan Nataru di berbagai tempat penting dan rumah ibadah diharapkan bisa mencegah gangguan perayaan Nataru. 

”Pelaksanaan Operasi Lilin 2021 ini sangat baik menjaga suasana Provinsi Jambi agar tetap kondusif selama Natal 2021 dan Tahun 2022. Operasi Lilin 2021 salah satu bentuk upaya dalam memberikan rasa nyaman kepada masyarakat Jambi, khususnya masyarakat umat Nasrani yang akan merayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,”kata Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021, yang berlangsung di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kamis (23/12/2021).

Apel Operasi Lilin 2021 tersebut dipimpin Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, SIK,MIK. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Danrem 042/Garuda Putih (Gapu), Brigjen M Zulkifli dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. 
Operasi Lilin Siginjai Polda Jambi 2021 berlangsung selama 15 hari, mulai Kamis (23/12/2021) hingga Selasa (4/01/2022).  Operasi Lilin Natal tersebut melibatkan personil gabungan dari jajaran TNI, Polri, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran Provinsi Jambi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi.

Abdullah Sani mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sangat mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Siginjai Polda Jambi 2021 untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat Jambi dan pemudik yang melintas di Jambi. 

“Saya yakin seluruh rangkaian kegiatan pengamanan dalam rangka Natal 2021 dan Tahun 2021 ini dapat berjalan dengan lancar karena adanya sinergitas dan kebersamaan,”ujarnya.
Pasukan Brimob Polda Jambi siap mengamankan Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2021. (Foto : Matra/KominfoJambi). 

Sementara itu, Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Racmad Wibowo pada kesmepatan tersebut mengatakan, pihaknya menerjunak sekitar 2.849 personel gabungan melaksanakan pengamanan Nataru di Jambi melalui sandi Operasi Lilin 2021. Operasi Lilin 2021 sebagai bagian dari Pengamanan Natal dan Tahun Baru tahun ini akan dilaksanakan oleh Polda Jambi, Korem 042 Garuda Putih dan Pemprov Jambi.

"Jumlah kekuatan seluruhnya 2.849 personel gabungan TNI-Polri, Pemadam Kebakaran, Badan SAR Nasiopnal (Basarnas), Satpol PP, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi,"katanya. 

Dijelaskan, seluruh personel tersebut akan ditempatkan pada pos pengamanan dan pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, serta di pusat untuk melaksanakan pengamanan keramaian, pusat belanja, terminal, bandara, pelabuhan dan lainnya.

Albertus Rachmad Wibowo meminta seluruh personil pengamanan Natal dan Tahun Baru yang bertugas lebih mengedepankan kegiatan yang preemtif (antisipasi dini) dan preventif (pencegahan) secara humanis. Namun penegakan penegakan hukum terhadap siapa pun yang mengganggu perayaan Natal dan Tahun Baru harus dilakukan secara tegas dan profesional.

Selain itu, lanjut Albertus Rachmad Wibowo, pengamanan Natal dan Tahun baru tahun ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan petugas cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. 

“Apalagi perayan Natal dan Tahun Baru kali masih d masa pandemi Covid-19, semuanya harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,"ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Biro Opersional Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Feri Handoko Soenarso pada kesmepatan tersebut melaporkan, pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2021 Polda Jambi difokuskan menjaga keamanan dan pencegahan penularan Covid-19. Dengan demikian tidak ada gangguan dan lonjakan kasus Covid-19. 

Dikatakan, Operasi Lilin 2021 di Jambi melibatkan sebanyak 2.849 personil gabungan TNI – Polri serta pihak terkait. Pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru dari jajaran Polda Jambi untuk Operasi Lilin 2021 berasal dari Polda Jambi sebanyak 220 orang dan Polresta Jambi (320 orang). Kemudian pasukan dari Polres Muarojambi sebanyak 170 orang, Polres Tanjungjabung Barat (68 orang), Polres Sarolangun (70 orang) dan Polres Merangin (150 orang). Selain itu Polres Tanjungjabung Timur (79 orang), Polres Batanghari (125 orang), Polres Kerinci (91 orang) dan Polres Tebo (128 orang).

“Sebanyak 2.849 personil gabungan ini akan tersebar di beberapa titik. Fokus pengamanan berada di 8 titik pengamanan. Kemudian pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru juga di tempatkan di 439 gereja, 16 terminal, 7 pelabuhan, 3 bandara, 56 pusat perbelanjaan, 71 objek wisata dan 38 titik tempat di pergantian malam Tahun Baru,”katanya. (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya