. Mantan Camat Kotabaru A Ridwan Dilantik Jadi Sekda Kota Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Mantan Camat Kotabaru A Ridwan Dilantik Jadi Sekda Kota Jambi

Mantan Camat Kotabaru A Ridwan Dilantik Jadi Sekda Kota Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 02 Desember 2021 | 08.39

A Ridwan dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kota Jambi oleh Wali Kota Jambi H Syarif Fasha dilaksanakan di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Selasa malam (1/12/2021) malam.(Foto: Matra/Ist).

(Matra, Jambi) – Mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jambi dan Camat Kotabaru Kota Jambi, A Ridwan mengemban tugas baru menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mulai Kamis (2/12/2021). Wali Kota Jambi, H Syarif Fasha melantik A Ridwan menjadi Sekda Pemkot Jambi di rumah dinas Wali Kota Jambi, Selasa (1/12/2021) malam.

A Ridwan menggantikan Sekda Pemkot Jambi sebelumnya, Ir H Budidaya, MFor, Sc yang memasuki purnabakti atau pensiun mulai Rabu (1/12/2021). Budidaya menjabat Sekda Pemkot Jambi sejak Selasa 21 November 2017. Jabatan terakhir A Ridwan di Pemkot Jambi, yaitu Asisten di Setda Kota Jambi.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, tugas dan tanggung jawab A Ridwan sebagai Sekda Pemkot Jambi sangat berat karena harus memimpin sekitar 8.000 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 6.000 orang tenaga honorer di lingkungan Pemkot Jambi. Karena itu A Ridwan diharapkan bisa menjadi sosok pemimpin yang bisa mengayomi, membina, mengajak dan mendampingi para ASN.

“Kita ketahui jabatan Sekda merupakan jabatan yang sangat penting. Seseorang mengatakan bahwa Sekda itu adalah jabatan tertinggi dari ASN. Seorang sekda juga bisa saja mengkudeta kepala daerah. Selama jadi wali kota, saya tidak pernah mengajak sekda menghadiri kegiatan kecuali paripurna DPRD. Biasanya sekda menjadi ketua tim TAPD dan TPID," ujar Syarif Fasha.

Menurut  Syarif Fasha, seorang sekda harus mampu menjaga hubungan bawahan dengan bawahan dan atasan, hubungan ke pemerintah provinsi, pemerintah pusat dan Lembaga lain. Sekda juga harus mampu juga menjalin hubungan dengan pemerintah kabupaten kota lainnya.

Sementara itu, A Ridwan pada kesempatan tersebut mengatakan, jabatan yang baru diembannya tersebut merupakan amanah besar. Dia berjanji akan merangkul seluruh jajaran organisasi perangkat dinas (OPD) di lingkungan Pemkot Jambi.

“Saya juga berusaha membuat suasana kerja menjadi cair. Saya membutuhkan waktu untuk dapat menyesuaikan banyak hal di lingkungan Pemkot Jambi,”ujar mantan Camat Kotabaru Jambi tersebut.

Ir Budidaya Resmi ketika dilantik menjadi Sekda Kota Jambi Selasa (21/11/2017). Awal Desember 2021 Budidaya memasuki masa pensiun. (Dok Matra)

Sebelumnya Ir Budidaya Resmi dilantik menjadi Sekda Kota Jambi Selasa (21/11/2017). Langkah Budidaya menuju Sekda Kota jambi tidak mudah dan harus melalui beberapa tahapan seleksi. Namun Ir Budidaya akhirnya resmi ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah Kota Jambi, menyisihkan dua orang rivalnya, M Subhi dan Ridwan.

Budidaya resmi menjabat sebagai Pimpinan Tertinggi Birokrasi dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, Selasa (21/11/2017), dilantik oleh Walikota Jambi, H Syarif Fasha di Rumah Dinas Walikota Jambi.

Saat itu, penunjukan Budidaya itu, merupakan murni dari hasil penilaian tim Panitia Seleksi (pansel) jabatan. Pelantikan sempat ditunda karena harus meminta persetujuan kementrian dalam negeri terkait undang- undang pilkada.

“Selamat memasuki masa purnabakti Sekda Kota Jambi, Ir Budidaya. Terimakasih atas pengabdiannya selama jadi abdi Negara. Semoga senantiasa diberi kesehatan dan kebahagiaan,” ujar Joni Ismed, Anggota DPRD Kota Jambi Fraksi Golkar, Rabu (2/12/2021). (Matra/Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya