. Inovatif Membangun Daerah di Tengah Covid-19, Gubernur Jambi Raih Penghargaan Nasional | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Inovatif Membangun Daerah di Tengah Covid-19, Gubernur Jambi Raih Penghargaan Nasional

Inovatif Membangun Daerah di Tengah Covid-19, Gubernur Jambi Raih Penghargaan Nasional

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 29 Desember 2021 | 18.33

Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) pada penganugerahan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (29/12/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Para gubernur se-Indonesia yang dinilai gencar melakukan inivasi membangun daerah masing-masing di tengah pandemi Covid-19 tahun ini mendapat penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Gubernur Jambi, H Al Haris masuk dalam salah satu deretan Gubernur se-Indonesia penerima penghargaan IGA 2021 tersebut.

Penyerahan penghargaan IGA Award 2021 tersebut dilakukan Menteri Dalam Negeri RI, Prof Drs H Tito Karnavian,MA,PhD pada penganugerahan Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (29/12/2021). 

Gubernur se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan IGA 2021 tersebut berasal dari delapan provinsi. Provinsi yang meraih penghargaan kategori Pemerintah Daerah Terinovatif, yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Selatan. 

Sedangkan daerah yang meraih penghargaan kategori Pemerintah Daerah Sangat Inovatif, yakni Provinsi Jambi, Sumatera Barat dan Banten. Kemudian sebanyak 26 kabupaten/kota mendapatkan kategori Pemerintah Daerah Terinovatif dan 11 kabupaten/kota mendaptkan kategori Pemerintah Daerah Sangat Inovatif.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, penghargaan yang diraih Provinsi Jambi tersebut menjadi motivasi bagi Pemprov Jambi untuk lebih melakukan terobosan - terobosan yang lebih inovatif lagi kedepannya melalui program dan kegiatan. Kabupaten/kota se -Provinsi Jambi harus melakukan beberapa strategi dalam melakukan inovasi dan kreasi untuk melaksanakan pembangunan di daerah.

“Ajang penghargaan ini pada intinya bertujuan mencari peluang terbaik untuk melakukan inovasi dan kreasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga dapat mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kita diminta untuk melakukan inovasi baru guna memberikan pelayanan yang baik, efektif dan efisien kepada masyarakat, sehingga masyarakat benar benar merasakan manfaatnya,”tuturnya.

Menurut Al Haris, pemerintah daerah harus melihat peluang yang ada sehingga bisa melakukan inovasi dan kreasi dengan daya guna tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat. Penganugerahan IGA 2021 ini sangat efektif pada masa kondisi pandemi Covid-19 ini, sehingga memicu daerah daerah yang ada di Indonesia untuk melakukan inovasi inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Saya mengimbau untuk kabupaten/kota se - Provinsi Jambi untuk selalu mengirimkan inovasi inovasi yang ada kepada Kementerian Dalam Negeri RI, sehingga inovasi inovasi tersebut bisa dinilai.

Pemerintah kabupaten/kota tidak boleh berpangku tangan begitu saja dan tidak melakukan inovasi apa apa, karena inovasi merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten/Kota untuk lebih baik lagi kedepan dalam menyelenggarakan pemerintahan,” katanya. 
Para gubernur dan bupati se-Indonesia peraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (29/12/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Terobosan

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian pada kesmepatan tersebut mengatakan,, penganugerahan IGA 2021 untuk mendorong daerah - daerah di Indonesia melakukan terbosan kreatif dan inovatif. Hal itu penting menciptakan iklim yang kompetitif antar daerah serta memberikan kebanggaan bagi daerah yang telah melakukan inovasi inovasi terbaik.

“Saya meminta kepada tim penyelenggara untuk mengumumkan juga daerah daerah yang tidak melakukan inovasi inovasi supaya masyarakat bisa mengetahui dan masyarakat bisa menilai program kerja dari setiap Kepala Daerah. Hal ini akan memacu daerah daerah yang tidak melakukan inovasi untuk bangkit, karena masyarakat sudah bisa menilai sendiri kinerja kepala daerah,”ujarnya.

Menurut Tito Karnavian, penganugerahan penghargaan untuk daerah se-Indonesia tersebut bertujuan agar daerah daerah mampu mandiri dan berdikari dengan menggali potensi potensi yang ada di daerah melalui inovasi inovasi sehingga daerah memiliki kemampuan mensejahterakan masyarakat dan memberikan keadilan dalam berbagai bidang kepada masyarakat.

Dikatakan, para kepala daerah harus mampu mensejahterakan masyarakat dengan kemampuan fiskal yang kuat, karena kuncinya itu adalah leadership. Saya minta kepala daerah agar membawa daerahnya mencapai tujuan dalam mensejahterakaan masyarakat dengan menggunakan strategi kuat dan mempertimbangkan secara matang untuk melaksanakan terobosan yang kreatif dan inovatif.

“Saya mengucapkan selamat kepada daerah daerah yang telah terpilih, itu menandakan kinerja Kepala Daerah yang baik karena penilaiannya sangat objektif oleh tim penilai dari berbagai pihak. Untuk daerah yang belum terpilih dan belum melakukan inovasi, agar lebih giat lagi,”katanya. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya