. Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi Perbaiki Puluhan Rumah Tak Layak Huni | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi Perbaiki Puluhan Rumah Tak Layak Huni

Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi Perbaiki Puluhan Rumah Tak Layak Huni

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 10 Desember 2021 | 20.03

Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) memberikan penghargaan kepada peserta Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) 2021 pada Penutupan PWN 2021 di lapangan Garuda, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Jumat (10/12/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Puluhan warga desa yang memiliki rumah tak layak huni di sekitar perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi kini memiliki rumah layak huni. Rumah mereka berhasil diperbaiki pada pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) di daerah tersebut, 3 – 10 Desember 2021. Selain itu peserta PWN juga memperbaiki sarana dan prasarana umum seperti jalan, rumah ibadah dan taman desa. 

Selama PWN di Muaraojambi dan Batanghari juga, ribuan warga desa di sekitar bumi perkemahan Sungaigelam, Muarojambi dan Bajubang, Batanghari juga mendapatkan vaksinasi. Kemudian warga desa di kedua daerah itu juga mendapat penyuluhan mengenai penanggulangan stunting (kurang gizi), bantuan sosial dan pengembangan usaha ekonomi desa. 

Gubernur Jambi, H Al Haris pada Penutupan PWN 2021 lapangan Garuda, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Jumat (10/12/2021) mengatakan, penyelenggaran PWN di Muarojambi dan Batanghari cukup banyak membantu warga masyarakat. Baik bantuan pembangunan fisik maupun nonfisik. 

Bantuan fisik antara lain renovasi rumah tidak layak huni, pembangunan masjid, pembangunan tugu desa, perbaikan sarana dan prasarana desa. Sedangkan bantuan nonfisik, yakni vaksinasi, sosialisasi stunting, bantuan keluarga prasejahtera, pengembangan BUMDesa, digitalisasi desa, optimalisasi ekonomi kreatif, usaha mikri kecil dan menengah (UMKM)  berbasis produk unggulan lokal, pelestarian lingkungan dan sadar wisata. 

“Secara umum pelkasnaan PWN 2021 di Jambi berlangsung baik. Selama PWN, 3 – 10 Desember 2021, protokol kesehatan (prokes) diterapkan dengan disiplin, sehingga tidak ada muncul kasus Covid-19. Kami menyampaikan apresiasi kepada Kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang memberi kepercayaan kepada Provinsi Jambi menjadi tuan rumah PWN 2021. Amanah tersebut telah kami tunaikan dengan segenap daya dan upaya yang kami miliki,”katanya.
Tim kesenian Kabupaten Batanghari, menampilkan tarian tradisional melayu Jambi  pada penutupan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) 2021 di Garuda, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Jumat (10/12/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Menurut Al Haris, sebagai tuan rumah PWN, Jambi masih memiliki kekurangan, kekhilafan dan ketidaksempurnaan. Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan keluarga besar Gerakan Pramuka Jambi menyampaikan permohonan maaf yang setulus – tulusnya kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan seluruh Kontingen daerah se-Indonesia serta kontingen asal Provinsi Jambi.

“Kami juga memberikan penghargaan  kepada Bupati Batanghari, M Fadhil Arief dan Bupati Muarojambi, Hj Masnah Busro serta seluruh masyarakat kedua daerah tersebut yang mendukung PWN. Secara khusus, kami juga memberikan penghargaan kepada masyarakat Desa Bajubang Laut, Desa Muaro Singoan, Desa Aro, Desa Sungai Baung dan Desa Olak yang telah bersedia menjadi tempat terselenggaranya PWN 2021,”katanya.

Sementara itu, Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief, SE pada kesmepatan tersebut mengatakan, PWN memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan juga seluruh peserta. Selain bisa membantu masyarakat setempat memperbaiki permukiman, kesehatan dan ekonomi, PWN juga memberikan motivasi kepada  warga masyarakat untuk giat membangun. 

"Saya berharap kegiatan ini berdampak positif bagi generasi muda agar tetap melakukan kegiatan produktif demi kepentingan pembangunan masyarakat. PWN juga dapat meningkatkan kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan yang mampu menggerakkan masyarakat ikut berkontribusi dalam pembangunan,"katanya. (Matra/AdeSM)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya