. Tanpa Kehadiran Menteri dan Gubernur Jambi, "Geo – Fun Rafting" 2021 Merangin Tetap Meriah | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Tanpa Kehadiran Menteri dan Gubernur Jambi, "Geo – Fun Rafting" 2021 Merangin Tetap Meriah

Tanpa Kehadiran Menteri dan Gubernur Jambi, "Geo – Fun Rafting" 2021 Merangin Tetap Meriah

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 02 Desember 2021 | 20.46

Ribuan hadirin antusias menyaksikan tari tradisional pada pembukaan Geo – Fun Rafting 2021 di Taman Bumi Geopark Merangin, Desa Air Batu, Kecamatan Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Kamis (2/12/2021). (Foto : Matra/KominfoMerangin)

(Matra, Jambi) – Kejuaraan nasional arung jeram, Geo – Fun Rafting 2021 di kawasan Geopark Merangin, Desa Air Batu, Kecamatan Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi tetap meriah kendati tidak dihadiri Gubernur Jambi, H Al Haris dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. 

Sedikitnya 1.000 orang warga masyarakat, peserta lomba, undangan dan wisatawan berduyun-duyun ke Desa Air Batu menyaksikan Geo – Fun Rafting. Mereka sangat antusias mengikuti pembukaan Geo – Fun Rafting yang digelar di Taman Bumi Geopark Merangin, Desa Air Batu, Pembarap, Merangin, Kamis (2/12/2021). Pementasan tari-tarian tradisional bernuansa kuno yang digelar pada pembukaan Geo – Fun Rafting 2021 mendapat sambutan antusias hadirin. 

Selain itu, puluhan wartawan internasional, nasional dan Jambi yang menyaksikan kawasan Geopark Merangin sangat terkesan. Mereka menyaksikan sendiri keindahan Geopark Merangin di sepanjang aliaran Sungai Batang Merangin ketika mengikuti rafting. Suasana penuh keakraban dan nada teriak terdengar jelas ketika perahu karet mereka meluncur ke jalur lintasan yang sangat menantang. 

Bupati Merangin, H Mashuri pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya tetap menggelar Geo – Fun Rafting 2021 secara berkualitas dengan bertaraf internasional karena kegiatan tersebut menjadi salah satu penilaian bagi Geopark Merangin untuk mendapatkan pengakuan badan pendidikan dunia, United Nation Education Scientific Organizatio (UNESCO).

“Kami berterima kasih atas dukungan seluruh pihak, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jambi atas penyelenggaraan Geo – Fun Rafting tahun ini. Semoga melalui kegiatan arung jeram bertaraf nasional ini Geopark Merangin melenggang mendapat pengakuan UNESCO sebagai world heritage (warisan dunia),”ujarnya. 

Dijelaskan, Geo – Fun Rafting 2021 diikuti puluhan klub atau tim arung jeram dari berbagai daerah di Indonesia. Tim arung jeram yang siap berlomba di lintasan arung jeram Sungai Batangmerangin, Kamis – Sabtu (2 -4/2012) berasal dari berbagai Federasi Arung Jeram Indonesia, Badan Geologi dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 10 orang wartawan media nasional dan internasional.

“Kejuaraan arung jeram akan menjelajahi Sungai Batang Merangin. Jalur arung jeram tersebut dikategorikan Tipe R-4 dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam. Titik start (awal) Geo – Fun Rafting tersebut dilakukan di Desa Air Batu dan dan finish (berakhir) di Teluk Wang Sakti, Kecamatan Renah Pembarap,”katanya. 

Manfaat Ekologi

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H Husairi pada kesempatan tersebut mengatakan, kejurnas arung jeram Geo – Fun Rafting 2021 diharapkan bisa mengangkat pamor Geopark Merangin di tingkat nasional dan internasional. Karena itu seluruh jajaran Pemkab Merangin, Pemprov Jambi dan masyarakat Jambi mendukung kegiatan olah raga uji nyali tersebut. 

Dikatakan, Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi memiliki alam yang kaya dan indah seperti kawasan Geopark Merangin. Geopark Merangin merupakan bagian dari kekayaan alam yang luar biasa karena memiliki aset wisata berupa fosil berusia ratusan tahun. Geopark Merangin membawa manfaat besar, yakni manfaat ekologi, ekonomi dan pariwisata. Geopark Merangin juga berfungsi melindungi keunikan situs geologi di Jambi.

H Husairi lebih lanjut mengatakan, pelestarian Geopark Merangin juga memiliki peran penting melindungi keanekaragaman hayati dan warisan budaya yang terdapat dalam satu kawasan. Geopark Merangin juga bermanfaat untuk penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

‘’Kita berharap Geopark Merangin segera bisa segera mendapatkan UNESCO Global Geopark. Selain itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Badan Geologi juga bisa memberikan perhatian dan dukungan lebih besar lagi kepada Geopark Merangin ini,’’katanya.

Disebutkan, semua pihak dan elemen masyarakat di Jambi diharapkan terus bekerja sama melestarikan dan menjaga kelestarian dan kebersihan Geopark Merangin, sehingga warisan dunia ini bisa terus dipertahankan.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Erwin Efendi mengatakan, pihaknya terus mempromosikan keindahan Geopark Merangin kepada para wisatawan dan dunia. Geopark Merangin terus diupayakan agar bisa masuk daftar UNESCO Global Geopark (UGG). Geo - Fun Rafting Merangin 2021 juga diharapkan bisa menambah penilaian UNESCO mengenai Geopark Merangin.

Dikatakan, Geo – Fun Rafting 2021 tidak sekadar lomba, tetapi juga menjadi salah satu upaya  melestarikan Geopark Merangin serta memulihkan industri pariwisata dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kemudian kejurnas arung jeram tersebut juga bertujuan mempromosikan kepada wisatawan mancanegara, Indonesia dan luar negeri bahwa Jambi memiliki UGG. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA