. Vaksinasi Desa Terpencil di Merangin, Warga Dirangsang Bantuan Minyak Goreng | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Vaksinasi Desa Terpencil di Merangin, Warga Dirangsang Bantuan Minyak Goreng

Vaksinasi Desa Terpencil di Merangin, Warga Dirangsang Bantuan Minyak Goreng

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 02 Desember 2021 | 21.22

Warga mendapatkan bantuan kebutuhan pokok berupa minyak goreng seusai mengikuti vaksinasi di Balai Desa Balai Desa Sinar Gading, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Kamis (2/12/2021). (Foto : Matra/PolsekTabirSelatan).

(Matra, Jambi) – Vaksinasi desa terpencil di Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi disertai dengan pemberian bantuan kebutuhan pokok. Bantuan pokok tersebut dimaksudkan untuk merangsang minat atau meningkatkan antusiasme warga mengikuti vaksinasi. Warga yang berhak mendapat bantuan pokok, yakni mereka yang mendapatkan suntikan vaksin urutan pertama sampai ke-100.  

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tabir Selatan, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Toni Hidayat, SE pada pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Sinar Gading, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Kamis (2/12/2021) mengatakan, penyediaan bantuan paket kebutuhan pokok tersebut membuat warga antusias mengikuti vaksinasi.

“Jumlah warga desa yang divaksinasi di Balai Desa Sinar Gading ini mencapai 164 orang. Beberapa warga suku anak dalam (SAD) juga ikut divaksinasi. Sebanyak 100 orang warga yang mengikuti vaksinasi lebih awal mendapat bantuan kebutuhan pokok berupa minyak goreng,”katanya.

Dikatakan, bantuan paket kebutuhan pokok untuk warga yang mengikuti vaksinasi di Balai Desa Sinar Gading, Tabir Selatan tersebut berasal dari perusahaan perkebunan kelapa sawitdi sekitar desa, PT   Sumber Guna Nabati (SGN). Sedangkan tim vaksinator dan persediaan vaksin disediakan Polres Merangin dan Dinas Kesehatan Merangin. 

Menurut Toni Hidayat, pihaknya sudah beberapa pekan melakukan sosialisasi kepada warga desa di Kecamatan Tabir Selatan untuk mengikuti vaksnasi di Balai Desa Sinar Gading. Melalui sosialisasi tersebut, sebagian warga langsung mendaftar di balai desa secara online. Namun sebagian warga desa baru mendaftar di lokasi vaksinasi. 

“Kami mengapresiasi antusiasme warga mengikuti vaksinasi. Sebagian warga yang sebelumnya ragu divaksinasi, akhirnya bersedia divaksinasi melalui penjelasan mengenai pentingnya vaksinasi meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan Covid-19. Kami juga menyampaikan kepada warga bahwa melalui vaksinasi, warga lebih leluasa melakukan kegiatan di ruang publik,”katanya.

Sementara itu, Camat Tabir Selatan, ‘Kiki Yanita Budi Utama mengatakan, pihaknya masih terus melanjutkan vaksinasi ke desa-desa terpencil untuk meningkatkan capaian vaksinasi di daerahnya. Selama ini warag desa di Kecamatan Tabir Selatan sulit menjangkau lokasi vaksinasi di kantor Polsek Tabir Selatan atau Puskesmas Tabir Selatan karena lokasi yang jauh dan jalan yang kurang bagus. 

“Untuk meningkatkan antusiasme warga mengikuti vaksinasi, lokasi vaksinasi kami pilih di balai desa. Kemudian kami juga memberikan semacam hadiah bagi warga yang lebih dulu divaksinasi. Program tersebut mendapat dukungan perusahaan SGN, Polres Merangin dan Dinas Kesehatan Merangin,”katanya.

Dijelaskan, selain melakukan vaksinasi, Tim Vaksinator Polres Merangin dan Dinas Kesehatan Merangin yang melakukan vaksinasi juga melakukan sosialisasi mengenai protokol kesehatan (prokes). Warga desa yang sudah mendapatkan vaksinasi tetap diharapkan tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Merangin selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Merangin, M Arief mengatakan, total vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Merangin hingga Rabu (1/12/2021) sudah mencapai 132.663 orang atau 50 % dari sasaran  vaksinasi sekitar 265.326 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua mencapai 79.589 orang atau (30 %).

“Vaksinasi di Kabupaten Merangin masih terus diintensifkan hingga ke desa-desa. Vaksinasi di daerah ini dilakukan jajaran kepolisian, TNI dan dinas kesehatan. Pihak perusahaan sawit juga kami gandeng untuk mendukung vaksinasi, terutama penyediaan hadiah kebutuhan pokok bagi warga yang divaksinasi,”katanya. (Matra/Radesman Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya