. Vaksinasi di Jambi Terus Sisir Desa Terpencil, Warga Sulit Jangkau Lokasi Vaksinasi | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Vaksinasi di Jambi Terus Sisir Desa Terpencil, Warga Sulit Jangkau Lokasi Vaksinasi

Vaksinasi di Jambi Terus Sisir Desa Terpencil, Warga Sulit Jangkau Lokasi Vaksinasi

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 01 Desember 2021 | 20.12

Tim Vaksinator Kodim 0420/Sarko, Jambi melakukan vaksinasi dengan cara jemput bola ke desa-desa di Merangin, Provinsi Jambi. Vaksinasi di Desa Sungaimanau, Kabupaten Merangin, Rabu (1/12/2021). (Foto : Matra/KodimSarko)

(Matra, Jambi) – Lambannya vaksinasi di desa-desa terpencil di daerah-daerah kabupaten di Provinsi Jambi dipengaruhi kesulitan akses transportasi warga desa ke lokasi vaksinasi di kantor kepolisian sektor (Polsek) dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Menyikapi kondisi tersebut, jajaran TNI dan Polri di Jambi menggencarkan vaksinasi ke desa – desa terpencil dengan mendatangi rumah – rumah warga.

Tim Vaksinator Komando Daerah Militer (Kodim) 0420/Sarolangun – Bangko (Sarko), Provinsi Jambi hingga awal Desember ini masih terus menyisir desa – desa terpencil melakukan vaksinasi. Vaksinasi yang dilaksanakan Rabu (1/12/2021) menyasar warga di Desa Sungaimanau, Desa Tabir Selatan dan Pasar Bangko, Kabupaten Merangin.

Komandan Kodim 0420/Sarko, Letkol Inf Tomi Radya Diansyah mengatakan, sasaran vaksinasi di tiga lokasi  di Merangin tersebut mencapai 1.000 orang. Sebagian warga divaksinasi di rumah masing-masing karena mereka sulit menjangkau lokasi vaksinasi. 

“Vaksinasi mobile atau bergerak ini merupakan strategi baru kami untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Sarolangun dan Merangin. Kami mendekatkan upaya vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat agar herd immunity (kekebalan kelompok) bisa segera tercapai,”katanya.

Sementara itu Ketua Tim Mobile Vaksinator Kodim Sarko, Peltu TNI April Hadi yang memimpin vaksinasi di Pasar Baru, Kota Bangko mengatakan, warga yang divaksinasi di pasar tersebut terdiri dari pedagang dan pembeli. Para pembeli banyak juga berasal dari daerah pedesaan di Kabupaten Merangin. 

“Pedagang dan pembeli cukup antusias mengikuti vaksinasi. Jumlah warga yang divaksinasi di lokasi pasar tersebut, Rabu mencapai 250 orang. Vaksinasi akan kami lanjutkan di lokasi lain guna mempercepat pencapaian target vaksinasi di Merangin,”katanya.

Dijelaskan, capaian vaksinasi di Kabupaten Merangin hingga awal Desember ini baru mencapai 132.663 orang atau 50 % dari sasaran  vaksinasi sekitar 265.326 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua mencapai 79.589 orang atau (30 %). 

Sementara itu, vaksinasi di daerah pedesaan juga diintensifkan di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi. Vaksinasi yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jambi, Rabu (1/12/2021) menyasar warga desa di Desa Pembengis dan Kelurahan Bram Itam Kiri, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjabbar. Vaksinasi dipusatkan di kantor Kepala Desa Pembengis, Jalan Lintas Kuala Tungkal-Jambi, KM 10, Tanjabbar. Sasaran vaksinasi tersebut mencapai 300 orang.

Kepala BIN Daerah Jambi, Brigjen Pol Irawan David Syah pihaknya sudah melakukan vaksinasi ke daerah pedesaan selama dua bulan terakhir. Vaksin yang sudah digunakan di Tanjabbar selama Oktober sekitar 1.000 dosis dan November 1.000 dosis.
“Selanjutnya, Desember ini, kami menyiapkan 1.000 dosis vaksin untuk meningkatkan cakupan dan capaian vaksinasi di Tanjabbar,”katanya. 

Dijelaskan, pihaknya mengintensifkan vaksinasi ke desa-desa guna mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat di Tanjabbar menyongsong akhir tahun 2021. Pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), mobilitas masyarakat berpotensi meningkat menyusul libur nasional. 

“Karena itu vaksinasi perlu ditingkatkan agar warga masyarakat yang melakukan kegiatan di ruang publik dan daerah lain sudah divaksinasi. Dengan demikian gelombang ketiga Covid-19 bisa dicegah,”katanya.

Menurut David Syah, selama Desember ini, BIN Daerah Jambi melakukan vaksinasi massal secara serentak di enam daerah, yakni Kabupaten Tanjabbar, Kerinci, Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun, Kota Sungaipenuh dan Kota Jambi.  Target vaksinasi di enam daerah tersebut hingga akhir Desember nanti mencapai 75 %.

“Kendati warga masyarakat desa sudah divaksin, kami tetap meminta mereka mematuhu protokol kesehatan  (prokes), khususnya memakai masker, mencuci tangand engan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas,”ujarnya. 

Sementara itu Kepala Desa Pembengis, Muhammad Taher menyampaikan apresiasi atas vaksinasi yang dilaksanakan BIN Daerah Jambi di desanya. Melalui vaksinasi tersebut, sebanyak 300 orang warga Desa Pembengis sudah divaksinasi. 

“Kami berharap vaksinasi ini bisa mencegah penularan Covid-19 di tengah warga Desa Pembengis. Kemudian vaksinasi ini juga kami harapkan bisa membuat warga dapat melakukan kegiatan sehari-hari normal kembali,”katanya. (Matra/Radesman Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA