. Vaksinasi ”Door to Door” di Tebo Dongkrak Capaian Vaksinasi Melebihi Target Nasional | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Vaksinasi ”Door to Door” di Tebo Dongkrak Capaian Vaksinasi Melebihi Target Nasional

Vaksinasi ”Door to Door” di Tebo Dongkrak Capaian Vaksinasi Melebihi Target Nasional

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 16 Desember 2021 | 21.18

Kapolsek Rimbo Ulu, Inspektur  Polisi Satu (Iptu) M Marbun (dua dari kiri) didampingi Babinkamtibmas Polsek Rimbo Ulu, Suyatno (tiga dari kiri) meninjau vaksinasi "door to door" di Desa Wanareja, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Kamis (16/12/2021). (Foto : Matra/PolsekRimboUlu).

(Matra, Jambi) – Vaksinasi wilayah pedesaan yang dilakukan secara door to door (dari rumah ke rumah) di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi hingga pekan ini berhasil mendongkrak angka capaian vaksinasi di daerah itu hingga melebihi target vaksinasi nasional 70 %. Selain itu, intensitas vaksinasi door to door di Tebo juga berhasil menempatkan daerah itu menjadi urutan kedua teratas capaian vaksinasi di Jambi setelah Kota Jambi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo, Riana Elizabeth mengatakan, capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten hingga Kamis (16/12/2021) sudah mencapai 198.664  orang atau 77,75 % dan vaksinasi dosis kedua mencapai 141.709 orang (55,46 %). Capaian vaksinasi dosis pertama Tebo sudah melampaui target vaksinasi nasional sekitar 70 %. Kemudian capaian vaksinasi di Tebo menempati urutan kedua se-Provinsi Jambi setelah Kota Jambi. 

Dikatakan, vaksinasi di Tebo ditargetkan bisa mencapai 80 % hingga akhir tahun ini. Tebo masih memiliki persediaan vaksin 15.919 dosis. Vaksinasi wilayah pedesaan di daerah itu masih terus diintensifkan bekerja sama dengan jajaran kepolisian, TNI dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, vaksinasi secara door to door wilayah pedesaan di Tebo dimotori para Bintara Pembina Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Babinkamtibmas) Kepolisian Sektor (Polsek). Salah satu Babinsa yang gencar melakukan Gerakan vaksinasi door to door, yakni Babinsa Polsek Rimbo Ulu, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Suyatno. 

Bripka Suyatno didukung tim kesehatan Puskesmas Rimbo Ulu melakukan vaksinasi door to door di Desa Wanareja, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, Kamis (16/12/2021).  Jumlah warga yang berhasil divaksinasi pada kesempatan tersebut mencapai 200 orang. 

Kapolsek Rimbo Ulu, Inspektur  Polisi Satu (Iptu) M Marbun didampingi Babinkamtibmas Polsek Rimbo Ulu, Suyatno di sela-sela vaksinasi di Desa Wanareja tersebut mengatakan, pihaknya melakukan vaksinasi secara door to door karena warga masih banyak yang enggan datang ke Puskesmas mengikuti vaksinasi. Sementara upaya pencapaian target vaksinasi minimal 70 % di Tebo hanya sekitar dua pekan lagi. 

“Vaksinasi di desa-desa wilayah Kecamatan Rimbo Ulu secara door to door ini kami lakukan hingga pekan depan. Kami berupaya seluruh warga masyarakat yang layak divaksinasi di setiap desa, Kecamatan  Rimbo Ulu sudah divaksinasi hingga 31 Desember 2021,”katanya. 

Dikatakan, selain melakukan vaksinasi, pihaknya juga mengimbau seluruh warga masyarakat desa di Kecamatan Rimbo Ulu mematuhi protokol kesehatan (prokes), khususnya memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. 

“Guna mencegah munculnya kasus Covid-19 di Rimbo Ulu, selain melakukan vaksinasi, kamu juga mengimbau warga desa mematuhi prokes. Baik itu memakai masker,  menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Kami juga meminta warga mengurangi kerumunan dan bepergian menghadapi libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,”ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Tebo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gunawan Trilaksono, SIK mengatakan, pihaknya mengerahkan seluruh jajaran Polsek dan Babinkamtibmas di Tebo mengintensifkan vaksinasi ke setiap desa guna menuntaskan target vaksinasi penduduk 70 % hingga akhir tahun ini. Tim Vaksinator Polsek-polsek di Tebo bekerja sama dengan jajaran TNI, dinas kesehatan Tebo, termasuk di Pukesmas – puskesmas. 

Dijelaskan, jumlah warga yang divaksinasi di setiap desa di Kabupaten Tebo, Rabu  (15/12/2021) mencapai 3.411 orang. Warga yang divaksinasi mulai dari pelajar dan warga masyarakat umum. Sasaran vaksinasi serentak di Tebo hingga akhir pekan ini sekitar 10.000 orang. 

“Untuk menuntaskan vaksinasi di setiap desa di Tebo, kami mengharapkan warga tidak ada yang menolak divaksinasi. Selain itu kami juga terus melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi menambah kekebalan tubuh guna mencegah penularan Covid-19 kepada warga desa,”katanya. (Matra/Radesman Saragih). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya