. Vaksinasi Terendah se-Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci dan Sarolangun Bertahan PPKM Level 3 | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Vaksinasi Terendah se-Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci dan Sarolangun Bertahan PPKM Level 3

Vaksinasi Terendah se-Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci dan Sarolangun Bertahan PPKM Level 3

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 14 Desember 2021 | 20.18

Vaksinasi yang dilakukan Tim Mobille Vaksinator Kodim 0420/Sarko di lapangan Eks KONI, Kelurahan Pematang Kandis, Bangko, Merangin, Provinsi Jambi, Senin (13/12/2021). (Foto : Matra/KodimSarko).

(Matra, Jambi) – Dua daerah di Provinsi Jambi, yakni Kabupaten Kerinci dan Sarolangun masih bertahan pada status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 menyusul masih rendahnya capaian vaksinasi dan tingginya kasus Covid-19 di kedua daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr Fery Kusnadi di Jambi, Selasa (14/12/2021) menjelaskan, total hasil vaksinasi di Kabupaten Kerinci hingga pekan kedua Desember ini baru mencapai 20.457 orang atau 45,3 % dari sasaran vaksinasi di daerah itu 45.158 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua di Kerinci baru mencapai 12.960 orang (28,7 %). 

Selanjutnya, total vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sarolangun baru mencapai 124.865 orang atau 57,6 % dari target vaksinasi di daerah itu sekitar 216.780 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua di Sarolangun baru mencapai 73.055 orang (33,7 %).

Menurut Fery Kusnadi yang baru dua pekan menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, untuk meningkatkan pencapaian ataua realisasi vaksinasi di Kerinci dan Sarolangun, pihaknya bekerja sama dengan jajaran kepolisian dan TNI setempat terus menggencarkan vaksinasi dari desa ke desa. 

Dikatakan, serbuan vaksinasi di Sarolangun dilakukan Tim Mobile Vaksinator Komando Distrik (Kodim) Kodim 0420/Sarolangun Bangko (Sarko) dan Polres Sarolangun. Sedangkan serbuan vaksinasi di Kerinci dilakukan jajaran Polres Kerinci dan dinas kesehatan setempat.  

Feyi Kusnadi lebih lanjut menjelaskan, lima daerah di Provinsi Jambi yang capaian vaksinasinya cukup tinggi dan kasus Covid-19 melandai sudah berstatus PPKM Level 2. Kelima daerah tersebut, yaitu Kabupaten Batanghari, Muarojambi, Tanjungjabung Timur, Bungo dan Kota Jambi.

Sedangkan empat daerah lainnya sudah turun ke PPKM Level 1. Keempat daerah tersebut, Kabupaten Merangin, Tanjungjabung Barat, Tebo dan Kota Sungaipenuh. Kota Sungaipenuh selama satu bulan terakhir bahkan sudah turun ke zona hijau (bebas Covid-19). 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr Fery Kusnadi (Foto : Matra/Ist).

Capai Target

Menurut Fery Kusnadi, pihaknya berupaya mencapai target vaksinasi yang ditetapkan Pemeirntah Pusat hingga 70 % akhir Desember nanti. Untuk mencapai target tersebut, vaksinasi terus diintensifkan di seluruh kabupaten/kota. Vaksinasi diintensifkan hingga ke desa-desa bekerja sama dengan jajaran TNI, kepolisian, dinas kesehatan dan pihak-pihak terkait, termasuk perusahaan swasta. 

“Vaksinasi di 10 kabupaten/kota di Provinsi Jambi masih harus terus diintensifkan agar mencapai target vaksinasi 70 % hingga akhir tahun ini. Daerah yang sudah mencapai target vaksinasi di Jambi saat ini baru Kota Jambi. Vaksinasi dosis pertama dan kedua di Kota Jambi sudah mencapai 100 %,”katanya. 

Terkait capaian vaksinasi di Provinsi Jambi, Fery Kusnadi mengatakan, total vaksinasi dosis pertama di daerah tersebut hingga Selasa (14/12/2021) sudah mencapai 1.871.588 orang (69,67 %). Sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua sekitar 1.323.522 (49,27 %). 

Sementara itu, lanjutnya, kasus Covid-19 di Provinsi Jambi selama Desember ini benar - benar melandai. Kasus harian Covid-19 di Provinsi Jambi sejak 1 – 14 Desember 2021 nihil. Sedangkan total kasus Covid-19 di Jambi sejak Maret 2020 – Selasa (14/12/2021) mencapai 29.776 kasus, sembuh (28.973 kasus), meninggal (779 kasus) dan masih dirawat (22 kasus). 

Secara terpisah, Kapolres Tanjungjabung Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muharman Arta mengatakan, pihaknya masih terus mengintensifkan vaksinasi massal hingga ke desa-desa guna menuntaskan target vaksinasi 70 % di daerah itu. Selama sepekan terskehit, Polres Tanjabbar melakukan vaksinasi di beberapa kantor kepolisian sektor (Polsek). Total vaksin yang disiapkan sepekan terakhir mencapao 1.000 dosis.

Hal senada juga diungkapkan Komandan Kodim (Dandin) 0420/Sarko, Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis. Tim Mobille Vaksinato Kodim 0420/Sarko masih terus mengintensifkan vaksinasi secara jemput bola ke desa-desa dan tempat - tempat keramaian di Kabupaten Sarolangun dan Merangin. 

Selama sepekan terakhir, Tim Mobille Vaksinato Kodim 0420/Sarko yang dibentik awwl September lalu melakukan vaksinasi ke lomba burung berkicau, pasar dan tempat keramaian lainnya. Pada vaksinasi di lokasi lomba burung berkicau di Eks KONI, Kelurahan Pematang Kandis, Bangko, Merangin pekan lalu, sebanyak 60 orang berhasil divaksinasi dosis pertama.

“Kami berharap, warga masyarakat tidak enggan divaksinasi guna mencapai target vaksinasi dan mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) di Sarolangun dan Merangin,”katanya. (Matra/Radesman Saragih) 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya