. Bantu Pemulihan Ekonomi, Bank Jambi Siapkan Kredit Usaha Rakyat Rp 1,2 Triliun | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Bantu Pemulihan Ekonomi, Bank Jambi Siapkan Kredit Usaha Rakyat Rp 1,2 Triliun

Bantu Pemulihan Ekonomi, Bank Jambi Siapkan Kredit Usaha Rakyat Rp 1,2 Triliun

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 09 Januari 2022 | 11.46

Gubernur Jambi, H Al Haris memotong tumpeng peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 59 Bank Jambi Tahun 2022 di Halaman Kantor Pusat Bank Jambi, Sabtu (8/1/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Bank Jambi menyiapkan sekitar Rp 1,2 triliun bantuan untuk dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) selama tahun 2022. Bantuan tersebut secara khusus mendukung pemulihan ekonomi rakyat atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19 sesuai program Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional). 

“Berdasarkan perkiraan kami, ada 20.000 unit UMKM yang dibantu Bank Jambi untuk pemulihan ekonomi. Selain itu juga kami juga menyediakan KUR senilai Rp 1,2 triliun membantu program Jambi MANTAP 2024. Bank Jambi juga telah melakukan digitalisasi guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Jambi,”kata Direktur Utama Bank Jambi, Yunsak El Halcon pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 59 Bank Jambi Tahun 2022 di Halaman Kantor Pusat Bank Jambi, Sabtu (8/1/2022).

Menurut Yunsak El Halcon, pihaknya mendukung pemberdayaan UMKM sebagai salah satu upaya membangkitkan UMKM di Jambi yang banyak terdampak pandemi Covid-19. Melalui KUR, bantuan dan digitalisasi, para pelaku UMKM bisa mengembangkan usaha mereka hingga puluh seperti sedia kala sebelum pandemi. 

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Al Haris pada kesempatan tersebut mengharapkan Bank Jambi turut serta dalam membantu memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya pemberdayaan UMKM. Hal itu penting agar UMKM di Jambi yang selama pandemi terdampak bisa mengembangkan usaha kembali. 

“Kita semua mengetahui, di tengah kondisi pandemi covid-19, perekonomian bangsa Indonesia, termasuk Provinsi Jambi ikut terpuruk. Bank Jambi harus ikut serta dalam pemulihan ekonomi masyarakat dengan cara memberikan menu - menu yang memudahkan masyarakat meminjam dana sebagai modal usaha,”katanya.

Menurut Al Haris, Bank Pembangunan Daerah Jambi atau Bank Jambi telah berdiri selama 59 tahun. Melalui segala upaya sejak merintis hingga kini Bank Jambi telah dapat menjangkau masyarakat Jambi hingga ke pelosok desa. Melalui spirit membangun daerah, Bank Jambi kini bahkan telah mampu meraih hati rakyat Jambi dan menjadi salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat 11 kabupaten/kota se - Provinsi Jambi.

“Saya mengharapkan Bank Jambi terus berbakti dan mengabdi kepada masyarakat Jambi dengan memberikan pelayanan terbaik. Bank Jambi tidak cepat merasa puas di tengah pencapaiannya, karena Bank Jambi memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebagai salah satu tonggak penopang perekonomian Provinsi Jambi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,”tambahnya.

Al Haris mengungkapkan, interaksi masyarakat dengan pemanfaatan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi pada era revolusi industri 4.0 sudah menjadi hal yang biasa. Hampir semua cara pemenuhan kebutuhan sudah beralih ke sistem digital, mulai dari jual beli, jasa, hingga transaksi pembayaran sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut.

“Saya berharap perlindungan nasabah, edukasi, serta literasi kepada nasabah menjadi pekerjaan rumah bagi Bank Jambi dalam menghadapi disrupsi era digital banking, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi covid- 19 dimana Pemerintah Provinsi Jambi bersama semua pihak sedang berupaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi,” paparnya. 

Dikatakan, terkait dengan visi misi pembangunan Provinsi Jambi, Jambi MANTAP, Bank Jambi harus memiliki program pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 dengan didukung stimulus moneter Bank Jambi dan jaminan kemudahan pemberian pinjaman. Melalui program tersebut, Bank Jambi dapat menarik minat masyarakat, pengusaha, serta pelaku UMKM untuk meningkatkan kerja sama terkait pengembangan maupun permodalan.

“Saya juga meminta Bank Jambi untuk turut membantu pemerintah dalam segala bidang seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan juga kesehatan masyarakat,” katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA