. Batanghari Juara I Perahu Naga, Lomba Perahu Bangkitkan Pamor Wisata Sungai Batanghari | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , , » Batanghari Juara I Perahu Naga, Lomba Perahu Bangkitkan Pamor Wisata Sungai Batanghari

Batanghari Juara I Perahu Naga, Lomba Perahu Bangkitkan Pamor Wisata Sungai Batanghari

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 09 Januari 2022 | 21.09


Ketua Panitia Lomba Perahu Sungai Batanghari Jambi, Asraf (dua dari kiri) menyerahkan piala kepada Tim Dayung Kabupaten Batanghari sebagai Juara I Lomba Perahu Naga Sungai Batanghari di Taman Tanggo Rajo, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (9/1/2022). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) –  Penyelenggaran lomba pacu perahu (mendayung sampan) di Sungai Batanghari dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Provinsi Jambibenar-benar mampu membangkitkan kembali pamor pariwisata Sungai Batanghari di Kota Jambi. Bangkitnya pamor wisata Sungai Batanghari tersebut antara lain tercermin dari membludaknya penonton lomba perahu di Sungai Batanghari, Kota Jambi, Minggu (9/1/2022).

Pantauan medialintassumatera.com (Matra), penonton yang menyaksikan keseruan lomba perahu di Sungai Batanghari yang diikuti 34 tim dayung se-Provinsi Jambi tersebut mencapai 10.000 orang. Mereka menyaksikan lomba dari tepian Sungai Batanghari di wilayah Kota Jambi, Seberang Kota Jambi dan di atas Jembatan Gentala Arasy yang membentang di atas Sungai Batanghari.

Puluhan ribu penonton tersebut mengikuti keseruan perlombaaan dayung mulai babak penyisihan pukul 14.00 WIB hingga babak final pukul 17.00 WIB. Hingga penyerahan hadiah kepada para pemenang pukul 17.45 WIB, para penonton masih memadati objek wisata tepian Sungai Batanghari, Taman Tanggo Rajo “Ancol” Kota Jambi.  

Gubernur Jambi, H Al Haris di sela-sela lomba perahu di Sungai Batanghari, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (9/1/2022) siang mengatakan, pihaknya mengapresiasi antusiasme warga masyarakat menyaksikan lomba perahu di Sungai Batanghari tersebut. Hal teresebut menunjukkan bahwa warga Kota Jambi sangat haus hiburan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Dikatakan, Pemprov Jambi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi akan mengembangkan Sungai Batanghari di Kota Jambi menjadi destinasi wisata andalan Provinsi Jambi. Untuk itu, berbagai kegiatan wisata di Sungai Batanghari akan diagendakan secara rutin seiring dengan melandainya kasus Covid-19 saat ini.

“Sungai Batanghari di Kota Jambi memiliki daya tarik istimewa bagi wisatawan karena berada di kawasan kota, dekat dari pusat keramaian, fasilitas wisata memadai dan panorama cukup indah,”katanya.

Gubernur Jambi, H Al Haris (empat dari kiri) dengan para pemenang Lomba Perahu Hias Sungai Batanghari pada  penyerahan piala dan hadiah di Taman Tanggo Rajo “Ancol” Kota Jambi, Minggu (9/1/2022). (Foto : Matra/Radesman Saragih).  

Hadiah Rp 117 Juta

Sementara itu, lomba pacu perahu yang diperlombakan pada kesempatan tersebut, yakni lomba perahu tradisional, perahu naga dan perahu hias. Lomba perahu tersebut memperebutkan hadiah Rp 117 juta untuk 16 pemenang. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi, H Al Haris beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi turut naik perahu peserta pada cabang lomba perahu hias.

Menurut Al Haris, lomba perahu di Sungai Batanghari yang dilaksanakan tiga kali setahun terhenti akibat pandemi Covid-19 sejak 2020 – 2021. Pada peringatan HUT ke-64 Provinsi Jambi tahun 2020 dan 2021, lomba perahu tidak dilaksanakan karena Jambi berstatus Pemberlakuan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Kemudian lomba perahu di Sungai Batanghari juga tidak digelar di Sungai Batanghari pada peringatan HUT RI, 17 Agustus 2020 dan 2021 karena Jambi masuk PPKM Level 4.

“Nah, syukur kondisi Covid-19 di Jambi kini sudah melandai selama tiga bulan terakhir. Karena itu Pemprov Jambi bisa lebih leluasa mengadakan lomba perahu di Sungai Batanghari denagn penonton yang sangat ramai. Namun kami tetap meminta seluruh lapisan masyarakat Jambi, termasuk penonton lomba perahu hari ini tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Hal itu penting agar kegiatan ekonomi dan sosial kemasyarakatan, termasuk kegiatan wisata bisa dilaksanakan secara normal kembali,“ujarnya.

Dikatakan, guna meningkatkan daya pihak wisata Sungai Batanghari di Kota Jambi, Pemprov Jambi (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi) akan menggelar Festival Sungai Batanghari, medio Mei 2022. Festival Sungai Batanghari yang Sudah menjadi agenda wisata andalan di Jambi juga tidak bisa digelar dua tahun terakhir.

“Jika Covid-19 bisa terkendali di Jambi seperti saat ini, Festival Sungai Batanghari tersebut akan digelar. Bahkan pada festival tersebut juga akan kami laksanakan Karnaval Nusantara di Sungai Batanghari. Pada karnaval tersebut akan digelar perlombaan perahu naga secara nasional. Semua rencana tersebut bisa dilaksanakan jika kasus Covid-19 terkendali,”katanya.

Dijelaskan, menyikapi peningkatan kunjungan wisata ke objek wisata Sungai Batanghari di Taman Tanggo Rajo "Ancol" Jambi, Kota Jambi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Pemprov Jambi akan memperketat syarat berkunjung ke objek wisata tersebut.

“Ke depan, kita akan memasang pintu masuk ke kawasan objek wisata ini. Para pengunjung yangdiperbolehkan masuk hanya yang memiliki kartu vaksin. Upaya ini dilakukan mencegah munculnya kasus Covid-19 klaster objek wisata di Kota Jambi ini,”paparnya.

Menurut Al Haris, Pemprov Jambi juga akan meningkatkan kembali fungsi Sungai Batanghari  sebagai jalur transportasi air. Potensi Sungai Batanghari menjadi jalur transportasi hasil pertambangan batu bara, hasil perkebunan, pertanian dan kehutanan sangat besar jika sungai tersebut tidak mengalami sedimentasi (pendangkalan).

“Kementerian Perhubungan mendukung pemanfaatan Sungai Batanghari menjadi jalur transportasi. Karena itu Kementerian Perhubungan sudah membuat rencana induk pengembangan transportasi Sungai Batanghari,”katanya.

Perahu hias Kabupaten Tebo yang turut memeriahkan lomba perahu HUT ke-65 Provinsi Jambi di Sungai Batanghari, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (9/1/2022). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Arif Budiman pada kesmepatan tersebut mengatakan, pihaknya kini mengintensifkan promosi wisata sebagai salah satu upaya mendongkrak kembali kunjungan wisata ke Jambi. Promosi wisata tersebut dilakukan melalui aplikasi digital, media massa dan melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan wisata.

“Lomba perahu ini merupakan salah satu upaya kami meningkatkan promosi wisata Jambi. Penonton lomba perahu ini mencapai puluhan ribu. Mereka tentunya bisa menjadi perpanjangan tangan Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan Provinsi Jambi mempromosikan wisata Batanghari melalui jejaring sosial atau media sosial masing-masing maupun melalui informasi di lingkungan komunitas,”katanya.

Sementara itu Lomba Perahu Sungai Batanghari dalam rangka HUT ke-65 Provinsi Jambi tersebut berlangsung seru. Kendati arus Sungai Batanghari cukup deras akibat luapan sungai, para peserta lomba tetap berjuang keras memenangkan perlombaan. Kemudian penonton juga antusias mengikuti lomba dari pinggir Sungai Batanghari maupun langsung naik ketek (sampan bermesin) ke tengah Sungai Batanghari.

Tampil sebagai pemenang lomba Perahu Hias Sungai Batanghari tersebut, Tim Perahu Hias Tanjungjabung Timur Batanghari (Juara I), Tebo (Juara II), Muarojambi (Juara III) dan Merangin (Juara IV). Kemudian Juara I lomba Perahu Naga diraih tim dayung Kabupaten Batanghari, Juara II (Tanjungjabung Timur I), Juara III (Putra Perindo) dan Juara IV (Tanjungjabung Timur II).

Selanjutnya pemenang lomba perahu kategori perahu tradisional Tipe A (pendayung 25 orang) , yakni tim dayung Dinda Rizzo dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BGRM) sebagai Juara I, Dewa Ruci I Kota Jambi (Juara II), Raden Melayu Kota Jambi (Juara III) dan Dara Putih Kota Jambi (Juara IV). Kemudian Juara I lomba perahu tradisional Tipe B (pendayung 17 orang) diraih tim dayung Dinda Rizzo BGRM, Juara II (Dewa Ruci), Juara III (Pangeran Kota Jambi) dan Juara III (Seniman Air Kota Jambi). (Matra/Radesman Saragih).

 


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya