. Serbuan Vaksinasi di Jambi, Anggota Polisi dari Suku Anak Dalam Dikerahkan Sosialisasi Vaksinasi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Serbuan Vaksinasi di Jambi, Anggota Polisi dari Suku Anak Dalam Dikerahkan Sosialisasi Vaksinasi

Serbuan Vaksinasi di Jambi, Anggota Polisi dari Suku Anak Dalam Dikerahkan Sosialisasi Vaksinasi

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 17 Januari 2022 | 07.03

Seorang anggota Polri dari Suku Anak Dalam yang bertugas di Polres Bungo, Bripda Seri Santoso (kanan) memberi vitamin kepada warga SAD di Bungo, Provinsi Jambi, Senin (17/1/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

(Matra, Jambi) – Serbuan vaksinasi yang dilakukan jajaran Polda Jambi saat ini tidak hanya terhadap warga masyarakat umum dan pelajar. Warga Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba turut juga menjadi sasaran vaksinasi. Guna menggugah warga SAD mengikuti  vaksinasi, anggota polisi dari kalangan warga SAD di daerah itu juga dikerahkan melakukan sosialisasi vaksinasi kepada warga komunitas adat terpencil tersebut. 

Seorang anggota polisi dari warga SAD yang kini intensif melakukan sosialiasi vaksinasi kepada warga SAD, yakni Brigadir Polisi Dua (Bripda) Seri Santoso yang kini bertugas di Polres Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Anggota  Polri yang lulus tahun 2021 tersebut melakukan sosialisasi vaksinasi di beberapa permukiman SAD, Bungo mulai Senin (17/1/2022). Selain itu Seri Santoso juga melakukan pemantauan kesehatan dan pemberian vitamin kepada warga SAD. 

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes) Pol Mulia Prianto, SSos, SIK di Jambi, Senin (17/1/2022) menjelaskan, Bripda Seri Santoso melakukan sosialisasi vaksinasi kepada warga SAD di Bungo, Selasa (18/1/2022). Seri Santoso bersama tim Polres Bungo akan mengunjungi tempat-tempat permukiman warga SAD guna memberikan imbauan mengena vaksinasi. 

“Bripda Seri Santoso akan mendatangi warga SAD di Bungo untuk sosialisasi vaksinasi di kalangan warga SAD. Dia juga akan mendata dan mendorong warga SAD yang belum divaksinasi agar mengikuti vaksinasi.Baik vaksinasi sosis pertama maupun vaksinasi dosis kedua,”katanya. 

Dikatakan, keterlibatan anggota polisi dari warga SAD melakukan sosialisasi vaksinasi penting karena bisa berkomunikasi dengan baik dengan warga SAD. Kemudian warga SAD juga akan lebih percaya bila warga mereka sendiri yang menyampaikan program vaksinasi.

Menurut Mulia Prianto, Bripda Seri Santoso juga memantau dan memberikan sosialisasi mengenai pemeliharaan kesehatan warga SAD. Seri Sentosa mengingatkan  warga SAD yang sakit segera berobat ke rumah sakit atau puskesmas. Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (17/1/2022).

Ketika melakukan pemantauan kesehatan ke beberapa lokasi permukiman SAD, Seri Santoso juga memberikan vitamin kepada warga SAD. Gerakan Sebar Vitamin (Gesit) kepada warga SAD tersebut dimaksudkan untuk menambah imunitas warga SAD.

“Selain itu Seri Santoso juga melakukan sosialisasi mengenai keamanan dan disiplin berlalu lintas kepada kaum laki-laki warga SAD di Bungo. Sosialisasi keamanan berlalu ontas ini penting karean saat ini sudah banyak warga SAD menggunakan kendaraan dan sering melakukan perjalanan ke Kota Muarabungo, Bungo,”katanya.

Vaksinasi Pelajar

Sementara itu, jajaran Polda Jambi kini mengintensifkan vaksinasi pelajar guna menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor : SR 02.06/II/266/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun dan Penggunaan Vaksin Sinovac. Setiap kepolisian resor (Polres) di Jambi kini melaksanakan vaksinasi di sekolah-sekolah bekerja sama dengan jajaran dinas kesehatan. 

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melalui Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, pelaksanaan vaksinasi anak bisa didapatkan di seluruh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan  klinik kesehatan terdekat. Vaksinasi pelajar tersebut  dilaksanakan pada jam operasional pelayanan kesehatan umum, Senin – Kamis mulai pukul 07.00 - 12.00 , Jumat pukul 07.00-10.00 dan Sabtu pukul 07.00-11.00. Vaksiasi juga bisa diikuti pelajar di sekolah pada waktu yang ditentukan pihak sekolah. 

“Vaksinasi pelajar menggunakan vaksin sinovac. Hal ini sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan yang menetapkan bahwa penggunaan vaksin jenis sinovac hanya untuk vaksinasi anak dan melengkapi dosis kedua kategori remaja. Vaksinasi dosis pertama untuk vaksin primer di luar vaksinasi anak tidak diperbolehkan menggunakan vaksin sinovac,”katanya. 

Menurut A Rachmad Wibowo, vaksinasi pelajar usia 6 – 11 tahun di Jambi masih terus berlanjut di sekolah-sekolah di beberapa daerah kabupaten/kota di Jambi. Vaksinasi pelajar di Kota Jambi sendiri kini sudah mencapai 15.000 orang. Vaksinasi pelajar di Jambi diharapkan bisa mencapai target 100 % akhir Januari ini. (Matra/Radesman Saragih). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA