. Vaksinasi di Kabupaten Simalungun Capai 81, 56 %, Lampaui Target Vaksinasi Nasional | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Vaksinasi di Kabupaten Simalungun Capai 81, 56 %, Lampaui Target Vaksinasi Nasional

Vaksinasi di Kabupaten Simalungun Capai 81, 56 %, Lampaui Target Vaksinasi Nasional

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 21 Januari 2022 | 21.38

Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldy, SSos, MM (tengah) memimpin pada Rapat Koordinasi (Rakor) Vaksinasi Booster Kabupaten Simalungun di Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun, Pematangraya, Simalungun, Sumut,  Jumat (21/1/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

(Matra, Simalungun) – Jumlah warga masyarakat Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) yang sudah divaksinasi dosis pertama hingga memasuki pekan terakhir Januari 2022 ini sekitar 642.988 orang. Jumlah warga Simalungun yang divaksinasi tersebut mencapai 81,56 % dari total sasaran vaksinasi di Simalungun sekitar 788.362 orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua di Simalungun mencapai 428.081 orang atau 54,30 %. Capaian vaksinasi di Simalungun tersebut melampaui target vaksinasi nasional 70 %. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis ) Kesehatan Kabhupaten Simalungun, Edwin Toni SM Simanjuntak pada Rapat Koordinasi (Rakor) Vaksinasi Booster Kabupaten Simalungun di Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Simalungun, Pematangraya, Simalungun, Sumut,  Jumat (21/1/2022). Rakor tersebut membahas tindak lanjut jadwal tambahan vaksin untuk anak, persiapan, rencana pelaksanaan vaksin booster (tambahan) dan pendataan yang telah dilaksanakan.

Rakor yang dipimpin Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldy, SSos, MM tersebut turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun, para pejabat Pemkab Simalungun, yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra, Sarimuda Purba, Asisten Administrasi Umum, Akmal H Siregar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP), Adnadi Girsang dan Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD), Ramadhan Damanik. Kemudian Kadis Pendidikan, Zacson Silalahi, Kadis Catatan Sipil, Jon Rismantua Damanik, Sekretaris BPBD, Manaor Silalahi, Staf Dinas Kominfo, Ester Siahaan. 

Menurut Edwin Toni SM Simanjuntak, sebelum melaksanakan vaksinasi booster (vaksinasi dosis ketiga), pihaknya kini mengintensifkan vaksinasi pelajar usia 6 – 11 tahun. Jumlah pelajar yang sudah divaksinasi di Simalungun sudah mencapai 81.428 orang atau 81,17 % dari target vaksinasi pelajar sekitar 100.318 orang. 

Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldy pada kesempatan tersebut mengatakan, kendati sudah melampaui target vaksinasi nasional, capaian vaksinasi di Kabupaten Simalungun masih perlu ditingkatkan hingga mencapai 100 %. Hal tersebut penting guna mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) di Simalungun. 

Dikatakan, capaian vaksinasi di Kabupaten Simalungun secara nasional saat ini masih berada di level 2. Capaianvaksinasi di Simalungun perlu digencarkan supaya mencapai level 1. Untuk itu kerja sama seluruh pemangku kepentingan dan dinas instansi terkait perlu ditingkatkan memaksimalkan vaksinasi di Simalungun. 

"Saya berharap kita bisa mencapai vaksinasi hingga ke level 1. Untuk itu saya meminta kolaborasi dan sinergitas semua pihak, baik camat, Komandan Komando Rayon Militer, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek), pangulu, lurah maupun puskesmas guna meningkatkan kinerjanya. Kolaborasi itu penting agar capaian vaksinasi di Simalungun, terutama vaksinasi dosis 2 dapat ditingkatkan,"katanya.

Menurut H Zonny Waldy, sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi D1 dan D2, jajaran Dinas Kesehatan Simalungun perlu segara melakukan pendataan sasaran pelaksanaan vaksinasi booster. Pendataan itu terutama mengenai nomor induk kependudukan (NIK). Kemudian Dinas Pendidikan Simalungun juga perlu menyiapkan data anak yang belum divaksin. 

"Mari kita bekerja by data dan berkolaborasi dengan baik demi meningkatkan capaian vaksinasi di Simalungun,"katanya. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA