. 36 Tim Penjelajah se-Indonesia Ikuti Rally Sumatera 2022 Jambi – Sumatera Utara | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » 36 Tim Penjelajah se-Indonesia Ikuti Rally Sumatera 2022 Jambi – Sumatera Utara

36 Tim Penjelajah se-Indonesia Ikuti Rally Sumatera 2022 Jambi – Sumatera Utara

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 06 Februari 2022 | 12.20

Ketua MPR RI, H Bambang Soesatyo (empat dari kiri) didampingi Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo (kiri) dan Gubernur Jambi, H Al Haris (tiga dari kiri) melepas peserta rally Sumatera Tribute 2022 di Komplek Citraraya City Desa Mendalo Darat, Muarojambi, Minggu (6/2/2022). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Jambi) – Sebanyak 36 unit mobil penjelajah dan petualang (Offroad – Advanture) se-Indonesia mengikuti rally (penjelajahan) Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera Jambi – Medan, Sumatra Tribute 2022. Rally Sumatera tersebut dilaksanakan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam rangka apresiasi dan tribute (peringatan) 40 tahun Camel Trophy.

Rute yang ditempuh rally Sumatera  mencapai sekitar 1.600 kilometer (Km), yakni dari Muarojambi – Berastagi, Sumatera Utara (Sumut) selama 17 hari, mulai Minggu (6/2/2022) hingga Selasa (22/2/2022). Penutupan (closing ceremonial) rally Sumatera itu dilakukan di Toba, Sumut. 

Ketua Umum IMI Pusat yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, H Bambang Soesatyo ketika melepas rally Sumatera tersebut di Komplek Citraraya City Desa Mendalo Darat, Muarojambi, Minggu (6/2/2022) pagi mengatakan, Indonesia telah dapat melaksanakan empat kali Event Camel Thropy dunia. Hal tersebut  menandakan bahwa dunia menganggap Indonesia mempunyai nilai lebih untuk alam Indonesia.

“Jambi menjadi tempat start rombongan untuk menuju Toba. Semestinya para penjelajah dari berbagai berbagai negara ikut bergabung dalam event ini. Namun karena masih dalam suasan pandemi Covid-19, mereka tidak bisa ikut. Namun para penjelajah Indonesia yang mengikuti rally ini tetap semangat,”katanya.

Dikatakan, selama perjalanan di empat provinsi, yakni Jambi, Riau, Sumut dan  Aceh, tim rally Sumatera tersebut memberikan bingkisan pendidikan, bibit tanaman dan paket sembako kepada warga masyarakat. Selain itu peserta rally juga mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes). 

Menurut Bambang Soesatyo mengatakan, dunia mengakui bahwa Indonesia merupakan tempat yang indah dan layak dikunjungi untuk melaksanakan off-road (penjelajahan). Kegiatan rally off road akan dilaksanakan di Sulawesi dan Kalimantan tahun depan. Kegiatan otomotif tersebut akan menumbuhkan perekonomian daerah.

Pelepasan peserta rally Sumatera Tribute 2022 tersebut turut dihadiri Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK, Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH, Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto dan Komandan Korem 042/Garuda Putih (Gapu) Brigjen TNI Supriono.

Kemudian Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Jambi, Brigjen Pol Irawan David Syah , Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Jambi, Sapta Subrata, Kepala Dinas Pemudan dan Olah Raga Provinsi Jambi, Drs Ahmad Bastari dan Wakil Bupati Muarojambi, G Bambang Bayu Suseno.

Gubernur Jambi, H Al Haris SSos pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemprov Jambi sangat mendukung kegiatan Sumatera Tribute demi meningkatkan program wonder (ketakjuban) Indonesia. Para peserta yang menapaki kembali jalur Camel Trophy sebagai sebuah warisan patut dikenang dan masih dapat dikunjungi. Semoga kegiatan Sumatera Tribute berjalan aman dan lancar.

“Kami berharap rally Sumatera ini berjalan lancer hingga akhir di Toba, Sumut. Kehadiran peserta rally kami harapkan juga bisa meningkatkan promosi wisata di setiap daerah yang dikunjungi atau dilintasi, termasuk Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA