. Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga Buka MTQ ke - 48 Kabupaten Simalungun | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga Buka MTQ ke - 48 Kabupaten Simalungun

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga Buka MTQ ke - 48 Kabupaten Simalungun

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 23 Februari 2022 | 18.08

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (kanan) memukul beduk pertanda dibukanya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke – 48 Kabupaten Simalungun, Sumut di Kelurahan Serbalawan, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Sumalungun, Sumut, Rabu (23/2/2022). (Foto : Matra/FebP). 

(Matra, Simalungun) – Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke – 48 Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) yang dipusatkan di lapangan bola kaki Dobana, Kelurahan Serbalawan, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Sumalungun, Sumut, Rabu (23/2/2022). 

Pembukaan MTQ tersebut dihadiri Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldi, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Simalungun. Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan beduk oleh  Radiapoh Hasiholan Sinaga. 

Pembukaan MTQ tersebut juga ditandai dengan pemukulan gonrang (gendang) Simalungun oleh unsur Forkopimda Simalungun dan pelepasan balon oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun, Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Pelaksanaan MTQ tersebut juga diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Ahmad Qori Dunya Asli yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengibaran bendera LPTQ yang diringi dengan mars MTQ dan defile kontingen dari 32 kecamatan. Defila diterima langsung Bupati Simalungun dan Wakil Bupati Simalungun dan unsur Forkopimda Simalungun. MTQ tersebut memiliki tema “Dengan semangat MTQ  wujudkan Simalungun sejahtera melalui nilai-nilai Al Quran”.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut  menyampaikan apresiasi kepada Ahmad Qori Dunya Asli yang membaca Al Quran dengan begitu syahdu, membuat hati nyaman mendengarnya. 

Radiapoh Hasiholan Sinaga juga menyampaikan apresiasi terhadap defile kontingen dari kecamatan yang begitu luar biasa. Itulah keberagaman yang kita pupuk bersama dalam rangka kebhinekaan pada acara MTQ hari ini dan mendapat dukungan dari lintas agama di Kabupaten Simalungun.

Radiapoh Hasiholan Sinaga mengharapkan MTQ tersebut tidak sebagai acara serimonial yang setiap tahun dilaksanakan, akan tetapi acara yang sangat mulia ini diharapkan menjadi perekat buat masyarakat di Kabupaten Simalungun. 
“Mari kita tingkatkan ini, karena adalah salah satu yang bisa mengakomodir kebinekaan di Simalungun,”kata Bupati.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun sangat mendukung penuh acara keagamaan khususnya MTQ. Tentu kebersamaan, persatuan selama ini menjadi perhatian pemerintah pusat dengan memberikan bantuan kepada Kabupaten Simalungun.

Untuk itu, melalui pelaksanaan MTQ ini, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak masyarakat Simalungun bersama-sama, bergandengan tangan, bahu membahu mempercepat pembangunan di Kabupaten Simalungun ‘Tanoh Habonaron Do Bona’.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani menyampaikan bahwa Pelaksanaan MTQ merupakan salah satu program Pemkab Simalungun dalam pembinaan keagamaan khususnya dalam agama Muslim. 

“MTQ, pertandingan membaca Quran. Pada MTQ ini peserta akan bertanding membaca Quran akan tetapi bagaimana peserta bisa menggali nilai-nilai yang ada di dalam Al Quran sehingga bisa menjadi pedoman hidup,”katanya.

Timbul Jaya Sibarani mengharapkan, melalui MTQ tersebut akan tercipta masyarakat, ummat yang rendah diri. Pihak DPRD Simalungun menyambut gembira pelaksanaan MTQ tersebut. 

“MTQ tersebut diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang handal dan berakhlak serta rendah diri. Saya mengajak masyarakat untuk sama-sama mendukung program Pemkab Simalungun dalam mewujudkan masyarakat harus sejahtera,”katanya. 

Ketua Panitia MTQ ke-48 Kabupaten Simalungun, Riando Parlindungan Purba pada kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan MTQ tersebut diikuti 479 peserta yang berasal dari dari 32 kecamatan. Cabang yang diperlombakan yaitu cabang Mujawwad 4 golongan, Tahfiz 5 golongan, Fahmil Qur’an 1 golongan, Syarhil Qur’an 1 golongan, Khattil 4 golongan.

“Keseluruhannya akan dilaksanakan mulai besok 24 Februari hingga berakhir 26 Februari 2022. Selamat bertanding kepada peserta dan semoga dapat menampilkan penampilan yang terbaik. Mari kita ikuti protokol kesehatan yang berlaku saat ini,”kata Riando

Pada kesempatan tersebut, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingu Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldi melantik dewan hakim MTQ ke-48 Kabupaten Simalungun tahun 2022. Kemudian acara dilanjutkan dengan  pelaksanaan Baiat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Simalungun, Sakoanda Siregar. (Matra/FebP/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA