. Dapat Bantuan Rp 170 Juta, Korban Kebakaran Kualatungkal Bisa Bangun Rumah Kembali | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Dapat Bantuan Rp 170 Juta, Korban Kebakaran Kualatungkal Bisa Bangun Rumah Kembali

Dapat Bantuan Rp 170 Juta, Korban Kebakaran Kualatungkal Bisa Bangun Rumah Kembali

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 08 Februari 2022 | 15.32

 
Gubernur Jambi, H Al Haris (tiga dari kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan korban kebakaran kepada Bupati Tanjungjabung Barat, H Anwar Sadat (tiga dari kanan) di Kelurahan Tungkal IV, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjabbar, Provinsi Jambi, Selasa (8/2/2022). (Foto: Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) korban kebakaran di Kualatungkal, KabupatenTanjungjabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi bisa membangun rumah dan kios kembali menyusul bantuan yang mereka terima. Total bantuan yang diterima para korban kebakaran tersebut mencapai Rp 171 juta.

Bantuan bersumber dari Bank 9 Jambi sebesar Rp 100 juta, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi sebesar Rp  50 juta dan bantuan Kementerian Sosial sekitar Rp 21 juta. Sedangkan bantuan Pemprov Jambi, yakni puluhan paket kebutuhan pokok, matras untuk tidur dan paket family kit.

Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH seusai safari subuh di Masjid Al Munawwarah, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Tungkal IV, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjabbar, Provinsi Jambi, Selasa (8/2/2022). Turut hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Tanjabbar, Drs H Anwar Sadat, MAg.

Menurut Al Haris, bantuan yang disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat yang sedang mengalami kesusahan. Bangtuan tersebut diharapkan dapat membantu warga masyarakat yang rumah dan kiosnya terbakar 31 Januari 2022.

“Ketika rumah terbakar, itu kita rasanya hancur luluh lantah, tidak berdaya dan menyimpan trauma tersendiri. Kami datang untuk sedikit membantu mengobati trauma yang ada, menunjukan rasa empati terhadap masyarakat yang sedang dilanda kesusahan,”tuturnya.

Al Haris menyadari, bantuan yang diperoleh para korban kebakaran belum dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Namun setidaknya Pemprov Jambi dan pihak terkait sudah membantu meringankan permasalahan yang ada. Bantuan tersebut diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat dan harapan baru bagi korban kebakaran untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

Al Haris mengungkapkan, dirinya hadir menjumpai para korban kebakaran di Kualatungkal, Tanjabbar untuk melihat langsung kondisi masyarakat yang menjadi korban kebakaran beberapa waktu yang lalu. Dia mengajak masyarakat tetap mensyukuri semua yang telah terjadi, karena pasti masyarakat yang terkena musibah mendapatkan hikmah dari apa yang telah terjadi.

“Intinya mari bersama-  sama mensyukuri bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala menguji kita selaku hambaNya. Kita yakin pasti bangkit dari semua ini ketika kita ikhlas menerimanya. Pemprov Jambi juga selalu hadir untuk dalam kondisi apapun guna membantu masyarakat yang memiliki permasalahan,”katanya.
Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) didampingi Bupati Tanjabbar, H Anwar Sadat (kiri) meninjau puing -puing kebakaran rumah warga di Kelurahan Tungkal IV, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjabbar, Provinsi Jambi, Selasa (8/2/2022). (Foto: Matra/KominfoJambi).

Sementara itu, Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi, Al Haris dan para penyumbang yang telah menunjukkan rasa empati kepada masyarakat Tanjabbar yang sedang mengalami musibah.

“Kehadiran beliau ini merupakan bentuk empati mendalam yang diberikan kepada warga kita. Sebagai pimpinan tertinggi di Provinsi Jambi, beliau menunjukkan bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan dan mengalami kesusahan,”katanya.

Dijelaskan, kebakaran ini terjadi di los  pedagang Kualatungkal, Tanjabbar, 31 Januari lalu menyebabkan 14 unit rumah dan enam kios rusak. Warga yang menjadi korban kebakaran sebanyak 20 KK.

“Sebagian tempat ini adalah los untuk berjualan. Ada yang menyewa dan ada juga yang milik sendiri. Para korban saat ini mengungsi ke rumah keluarga mereka. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut,”jelasnya. (Matra/AdeSM).
Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA