. Himapsi Terbentuk di Jambi, Diharapkan Mampu Mengangkat Derajat Simalungun | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Himapsi Terbentuk di Jambi, Diharapkan Mampu Mengangkat Derajat Simalungun

Himapsi Terbentuk di Jambi, Diharapkan Mampu Mengangkat Derajat Simalungun

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 13 Februari 2022 | 08.12

Wakil Ketua DPP Himapsi, Jheni Yusuf Saragih (dua dari kanan) melantik Dewan Pimpinan Cabang Himapsi Kota Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu (12/2/2022). (Foto : Matra/DokHimapsiJambi).

(Matra, Jambi) – Organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan daerah Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) akhirnya terbentuk juga di Kota Jambi. Himapsi Kota Jambi hadir setelah Himapsi terbentuk pertama kali sejak 44 tahun silam. Anggota Himapsi Jambi didominasi mahasiswa Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

Pemilihan dan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himapsi Jambi periode 2022 – 2027 dilakukan di Gedung Karo Muslim, Muarojambi, Sabtu (12/2/2022). Perwakilan Pimpinan Pusat Himapsi yang hadir di Jambi melantik Pengurus DPC Himapsi Kota Jambi, yakni Wakil Ketua DPP Himapsi, Jheni Yusuf Saragih.

Pengurus DPC Himapsi Kota Jambi yang dilantik, Hermanto Pandapotan Sitohang (Ketua), Rajonsen Purba (Sekretaris) dan Trifena Priskilia Purba (Bendahara). Pengurus Himapsi Jambi Bidang OKK yang dilantik, Ketua : Arnold Harun Purba, Sekretaris : Wahyu Marcelino Sitorus, Bidang Pendidikan & Olahraga, Ketua : Fransiskus Sinaga dan Sekretaris : Welin Viyeni Rose Purba.

Bidang Seni & Budaya, Ketua: Randi Pranata Purba, Sekretaris: Elsayani Purba, Bidang Infokom, Ketua: Jan Rico Elysafan Damanik, Sekretaris: Yanvito Sullyfan Purba. Bidang Kewirausahaan, Ketua: Cici Franika Purba, Sekretaris: Puja Maharani Saragih. Bidang Hukum & Bekasi, Ketua: Billy Yosepta Saragih, Sekretaris: Handre Yabesy Nababan. 

Pengurus DPP Himapsi yang turut hadir pada pelantikan tersebut, Ketua Bidang OKK : Jen Cokra Sipayung, Sekretaris Bidang OKK,   Riahdo Girsang dan Ketua Bidang Seni & Budaya : Saud Damanik.
Para pengurus dan anggota Himapsi Jambi dan perwakilan DPP Himapsi pada pelantikan Pengurus DPC Himapsi Kota Jambi, Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu (12/2/2022). (Foto : DokHimapsiJambi).

Wakil Ketua DPP Himapsi, Jheni Yusuf Saragih pada kesempatan tersebut mengatakan, seluruh pengurus dan anggota Himapsi Jambi diharapkan mampu mengibarkan panji-panji Himapsi, mengangkat derajat suku Simalungun, menjadi benteng budaya dan  agen perubahan sosial di Kota Jambi. 

“Hal tersebut dapat dilakjukan melalui gerakan-gerakan yang produktif, inovatif juga kreatif. Semua gerakan atau program memajukan Simalungun tersebut hendaknya dijalankan sesuai dengan orientasi Himapsi yang bergerak di bidang pengkaderan dan kebudayaan,”katanya.

Jheni Yusuf Saragih juga mengharapkan seluruh anggota dan pengurus Himapsi Jambi tetap menjalin kebersamaan dan saling mendukung mencapai keberhasilan pendidikan dan kesuksesan mendapatkan pekerjaan. Selain itu para mahasiswa dan pemuda Simalungun di Jambi juga tetap saling memperhatikan dan saling mengingatkan agar tidak terpengaruh masalah-masalah sosial yang merusak masa depan generasi muda. 

Sementara itu menurut catatan medialintassumatera.com (Matra), Himapsi terbentuk 4 April 1978 di Medan, Sumut. Himapsi terbentuk setelah organisasi pemuda Simalungun Persatuan Angkatan Muda Simalungun (Pamsi, Ikatan Keluarga Antar Pemuda Simalungun (IKAPSI) dan Ikatan Mahasiswa Simalungun (IMSI) menjadi satu. Meleburnya organisasi mahsiswa dan pemuda Simalungun tersebut menjadi Himapsi berdasarkan rasa persatuan dan persaudaraan.

Himapsi sudah banyak terbentuk di beberapa perguruan tinggi di berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya di berbagai perguruan tinggi di Sumut, Batam, Provsni Kepulauan Riau, Riau, Bali, Kalimantan dan bahkan di Asia. Para kader Himapsi sudah banyak yang sukses di dunia politik, Parlindungan Purba, SH, MM yang kini menjabat Wakil Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI mewakili Sumut.  (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA