. Jambi Siapkan Rp 2 Miliar Menata Kawasan Geopark Merangin, Tahapan Meraih Pengakuan UNESCO | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , , » Jambi Siapkan Rp 2 Miliar Menata Kawasan Geopark Merangin, Tahapan Meraih Pengakuan UNESCO

Jambi Siapkan Rp 2 Miliar Menata Kawasan Geopark Merangin, Tahapan Meraih Pengakuan UNESCO

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 19 Februari 2022 | 07.10

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada Rakor Kesiapan Assesment Geopark Merangin di aula kantor Bappeda Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Jumat (18/2/2022). (Foto : Matra/AdeSM). 

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemporv) Jambi menyiapkan sekitar Rp 2 miliar dana untuk membangun kelengkapan sarana dan prasarana kawasan taman bumi, Geopark Merangin, Provinsi Jambi. Pembangunan sarana dan prasarana Geopark Merangin tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan Pemprov Jambi mempersiapkan taman bumi tersebut mendapatkan pengakuan badan pendidikan dan kebudayaan dunia (United Nation Educational, Scientific dan Cultural Organization/UNESCO). 
 
“Pemprov Jambi telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar tahun ini untuk pengembangan Geopark Merangin. Penyiapan anggaran pembangunan fasilitas taman bumi tersebut menunjukkan keseriusan Pemprov Jambi membenahi Geopark Merangin agar bisa lebih cepat diakui UNESCO sebagai world heritage (warisan dunia),”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Assesment Geopark Merangin di aula kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Jumat (18/2/2022).

Menurut Al Haris, Pemprov Jambi Jambi kembali mempersiapkan Geopark Merangin untuk mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) tahun ini. Karena itu rakor persiapan pembangunan kelengkapan fasilitas Geopark Merangin tersebut sangat strategis.

“Pemprov Jambi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin harus benar benar mempersiapkannya secara matang agar Geopark Merangin bisa segera diakui UNESCO menjadi menjadi warisan dunia UGG. Persiapan pengembangan Geopark Merangin yang penting dirampungkan, yakni membenahi sarana dan prasarana yang ada,”ujarnya.

Menurut Al Haris, UNESCO telah menerima dokumen dokumen dari Pemkab Merangin terkait perkembangan penataan Geopark Merangin. Dokumen yang telah dikirimkan tersebut tentunya harus sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Jangan sampai nanti  ada perbedaan antara dokumen yang dikirimkan dengan fakta di lapangan. 

Karena itu Pemprov Jambi dan Pemkab Merangin menyamakan persepsi mengenai penataan Geopark Merangin. Hal tersebut penting agar kriteria yang ditentukan UNESCO mengenai penetapan Geopark Merangin sebagai warisan dunia bisa terpenuhi. 

Dikatakan, warga masyarakat yang berada di sekitar area Geopark Merangin juga wajib memberi dukungan dan turut mensukseskan agar Geopark Merangin ini menjadi warisan dunia UGG. 

“Nantinya kita akan memberikan edukasi terkait Geopark Merangin ini. Edukasi bukan hanya kepada masyarakat sekitar, tetapi juga untuk sekolah - sekolah yang ada di Provinsi Jambi. Masyarakat yang berada di sekitar area Geopark Merangin juga wajib mensukseskan dan mempromosikan Geopark Merangin untuk membantu pemerintah menjadikan Geopark Merangin sebagai warisan dunia, UGG,”katanya. 

Sementara itu, General Manager Geopark Merangin, Agus menyampaikan, dari 11 Geopark yang berada di Indonesia, hanya dua geopark yang terpilih mewakili Indonesia, yakni Geopark Raja Ampat dan Geopark Merangin. 

“Tentunya kita sangat mengharapkan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat agar Geopark Merangin dapat ditetapkan UNESCO menjadi warisan dunia UGG,”katanya. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA