. Jiwa Wirausaha Bantu Sarjana Lebih Mudah Dapatkan Pekerjaan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Jiwa Wirausaha Bantu Sarjana Lebih Mudah Dapatkan Pekerjaan

Jiwa Wirausaha Bantu Sarjana Lebih Mudah Dapatkan Pekerjaan

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 16 Februari 2022 | 18.38

Sekda Pemprov Jambi, H Sudirman, SH, MH pada wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Jambi Abadi Convention Center Jambi, Kota Jambi Rabu (16/2/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Sikap para lulusan perguruan tinggi atau sarjana yang masih mengandalkan ijazah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pegawai negeri sudah saatnya ditinggalkan. Impian para lulusan perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan di lingkungan pemerintahan/birokrasi semakin sulit karena penerimaan pegawai negeri semakin terbatas. Untuk itu para lulusan perguruan tinggi harus mengembangkan jiwa entrepreneurship (wirausaha) guna mendapatkan lapangan kerja. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH, MH pada sidang senat terbuka wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJ)  Tahun Akadamik 2021 – 2022 di Abadi Convention Center (ACC) Jambi, Kota Jambi Rabu (16/2/2022) mengatakan, supaya lebih cepat mendapatkan pekerjaan, para lulusan sarjana UMJ jangan terlalu menggantungkan harapan pada Lembaga pemerintahan.

Para lulusan sarjana UMJ diharapkan mengembangkan jiwa wirausaha agar jangan sampai terlalu lama menganggur setelah lulus sarjana. Selain menjadi insan - insan cendikia yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan pengetahuan agama, lulusan sarjana UMJ juga harus memiliki jiwa entrepreneurship agar bisa membuka lapangan kerja baru. 

Menurut Sudirman, mendapatkan gelar, selain sebagai kebanggaan juga merupakan tantangan untuk tahapan berikutnya menghadapi masa yang serba teknologi saat ini . Para sarjana jangan terlena dan berpuas diri. Setelah lulus dari perguruan tinggi, para sarjana akan memasuki kehidupan baru, yakni mencari pekerjaan. 

“Mencari pekerjaan di bidang swasta akan lebih mudah jika memiliki jiwa wirausaha. Berwirausaha bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kemudian para sarjana juga bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tingg dan melanjutkan pengabdiannya kembali ke lingkungan kerja dan masyarakat yang semuanya bermuara pada peningkatan ekonomi,” tuturnya. 
Para wisudawan/wisudawati Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJ) pada wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJ)  Tahun Akadamik 2021 – 2022 di Abadi Convention Center  Jambi, Kota Jambi Rabu (16/2/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Sudirman mengatakan, saat ini bangsa Indonesia berada di era Industri 4.0 dan akan menyongsong era Society 5.0 dengan kecanggihan teknologi dan era digital. Kemajuan teknologi bahkan telah menciptakan Artificial Intellegiences/AI (kecerdasan buatan) yang memungkinkan banyaknya pekerjaan yang mampu dilakukan oleh robot.

“Untuk itu para wisudawan dan wisudawati harus menyiapkan diri dengan berbagai kompetensi dan keahlian sehingga siap menyongsong era kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi yang disatu sisi mengurangi jumlah tenaga kerja, namun pada sisi lain bisa membuka peluang peluang usaha lain, terutama yang menggunakan platform digital bisa menjadi salah satu pilihan berusaha guna menciptakan kemandirian ekonomi,”lanjutnya.

Sudirman berpesan kepada para wisudawan-wisudawati UMJ agar terus meningkatkan kompetensi. Hal ini penting karena yang memiliki kompetensi sangat baik akan memiliki daya saing tersendiri. Kompetensi dan daya saing yang baik akan terbentuk dengan adanya keilmuan (knowledge), keterampilan (skill), dan cara berpikir dan sikap (attitude).

“Jangan hanya berpikiran untuk menjadi ASN atau tenaga kerja formal, tetapi berpikiran lebih terbuka dan berusaha untuk menjadi wirausaha. Karena itu belajar dan berusahalah untuk menjadi entrepreneur dengan melahirkan dan menumbuhkan usaha ekonomi kreatif karena ekonomi kreatif dapat menjadi pilar yang sangat penting dalam perekonomian daerah dan nasional,”katanya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJ), Dr Nurdin, SE, ME mengatakan, UMJ terus berupaya untuk berkembang dan memacu diri sebagai sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi dengan motto yaitu profesional, enterpreneur dan Islami. 

Atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika UMJ, Dr Nurdin menyampaikan selamat kepada para wisudawan wisudawati. Para wisudawan dan wisudawati diharapkan meningkatkan kualitas diri dan mampu menyumbangkan ilmunya ditengah tengah masyarakat serta terus meningkatkan keterampilan, keahlian dan profesionalitas diri. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA