. Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto : HMI Harus Tetap Bersikap Independen | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto : HMI Harus Tetap Bersikap Independen

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto : HMI Harus Tetap Bersikap Independen

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 07 Februari 2022 | 20.24

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto (dua dari kanan) yang juga mantan Ketua HMI Cabang Jambi mendapatkan nasi tumpeng ketika menghadiri Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-75 dan syukuran peresmian gedung baru Graha Insan Cita HMI Cabang Jambi, Kota Jambi, Senin (7/2/2022). (Foto : Matra/HumasDPRDJambi).

(Matra, Jambi) – Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto memberikan apresisasi dan merasa bangga terhadap seluruh anggota dan pengurus Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Jambi melihat kegiatan kaderisasi dan pembinaan di tubuh almamaternya, HMI Jambi yang tetap bisa langgeng di tengah berbagai kesulitan bangsa belakangan ini. 

Bahkan HMI Cabang Jambi juga bangga karena kini HMI Cabang Jambi telah memiliki Gedung baru, yakni Graha Insan Cita HMI Cabang Jambi. Syukuran gedung baru HMI Jambi tersebut dihadiri Edi Purwanto di gedung baru Graha Insan Cita HMI Cabang Jambi, Kota Jambi, Senin (7/2/2022). Syukuran tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-75.

Edi Purwanto yang juga mantan Ketua HMI Cabang Jambi pada kesempatan tersebut mengatakan, kehadiran gedung baru HMI Jambi yang lebih representative diharapkan bisa membuat HMI Jambi dapat lebih mudah dan independen melaksanakan proses pentrainingan (pelatihan) dan perkaderan. 

“Jadi kalo ada acara, ada LK (training, red), nggak perlu cari-cari tempat lagi, nggak perlu di hotel, nggak perlu list dana lagi, bisa dilakukan langsung di sini (gedung HMI, red),”jelasnya.

Menurut Edi Purwanto, independensi penting ditanamkan kepada para kader dan pengurus HMI agar keberadaan himpunan mahasiswa tersebut tetap dicintai masyarakat. Walaupun kader HMI memiliki banyak senior di berbagai lini, khususnya politik, tapi kader HMI wajib memegang teguh independensi dalam membuat keputusan dan menjalankan roda organisasi.

“Saya miris kalo ada senior ikut campur acara suksesi adik-adik HMI. Biarlah itu menjadi urusan adik-adik, adik-adik juga nggak perlu ikut dukung mendukung kalo ada senior ikut kontestasi politik, secara kelembagaan HMI wajib independen,”katanya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani pada kesempatan tersebut mengatakan, seluruh pengurus, anggota atau kader HMI di Provinsi Jambi perlu bersatu padu mendukung program pembangunan Jambi dengan berpatokan pada visi misi Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional). 

Selain pemulihan ekonomi rakyat, kata Abdullah Sani, Pemerintah Pusat dan daerah saat ini berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Perjuangan pemerintah mengatasi pandemi ini dihadapkan mendapat dukungan HMI, khususnya pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dan peningkatan vaksinasi.

“Mari kita sama-sama membangun Jambi ini. Saat ini prioritas kita memulihkan ekonomi dan mengatasi pandemi Covid-19. Program prioritas  Pemerintah Pusat dan daerah ini penting memulihkan kondisi kehidupan masyarakat kita yang sudah hampir dua tahun dilanda Covid-19,”katanya. 

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jambi, Yasir Hasbi pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto atas kepeduliannya memperjuangkan dana hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk pembangunan Gedung Baru Graha Insan Cita HMI Cabang Jambi.

“Terima kasih kanda Edi Purwanto atas bantuannya. Insya Allah gedung ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan perkaderan HMI Cabang Jambi,”katanya. 

Menurut Yasir Hasbi, walaupun organisasi dengan logo berwarna hijau hitam ini telah memiliki gedung, namun pengurus sering mengalami kendala tempat saat beberapa training dilaksanakan secara bersamaan, apalagi jika ada pentrainingan berskala nasional.

“Karena itu dengan adanya Graha Insan Cita HMI Cabang Jambi ini, kami semakin mudah dan lancer melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan HMI tingkat nasional,”katanya.

Perayaan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Islam ke-75 dan Syukuran Peresmian Gedung Baru Graha Insan Cita HMI Cabang Jambi dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Abullah Sani para alumni HMI yang telah berkiprah di berbagai profesi dan dunia pengabdian.

Di antaranya Wakil Wali Kota Jambi, dr H Maulana, Sekretaris KAHMI Provinsi Jambi, Azhar Mulia, Ketua KPU Provinsi Subhan Mahmud, Anggota DPRD Provinsi Jambi, Akmaludin, Kadis Ketahanan Pangan Jambi, Amir Hasbi, Ketua KPU Kota Jambi, Yatno, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jambi, Fuad Muchlis. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA