. Peringatan HPN 2022 di Jambi, Pers Kritis Semakin Dubutuhkan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Peringatan HPN 2022 di Jambi, Pers Kritis Semakin Dubutuhkan

Peringatan HPN 2022 di Jambi, Pers Kritis Semakin Dubutuhkan

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 05 Februari 2022 | 14.54

Ketua PWI Cabang Jambi, H Ridwan Agus, Dpt (kiri) menyerahkan "PWI Jambi Award 2022" kepada tokoh wanita inspiratif Jambi, Hj Hesnidar Al Haris (Isteri Gubernur Jambi, Al Haris) pada Peringatan Hari Pers Nasional 2022 Tingkat Provinsi Jambi, di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Sabtu (5/2/2022). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Jambi) – Pers kritis semakin dibutuhkan sebagai sumber koreksi bagi para pejabat atau pemimpin pemerintahan atas pelaksanaan pembangunan yang kurang tepat sasaran. Berita-berita kritis para jurnalis yang disiarkan di berbagai media massa perlu menjadi bahan masukan bagi para kepala pejabat pemerintahan guna membenahi program-program pembangunan agar tidak melenceng dari tujuan. 

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Jambi dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Al Haris, sikap kritis pers terhadap pembangunan di suatu daerah hendaknya dijadikan kepala pemerintahan atau pejabat di daerah untuk memperbaiki program pembangunan yang tidak kurang sesuai rencana semula. Kemudian melalui pemberitaan yang bersifat kritis, pejabat di daerah juga bisa melakukan pemeriksaan (cross chek) terhadap berbagai program pembangunan yang digulirkan, kinerja aparatur pemerintahan dan selanjutnya dilakukan perbaikan. 

“Pemberitaan pers yang kritis perlu disikapi dengan serius karena informasi yang disampaikan pers biasanya terukur, akurat dan memberi solusi. Banyak isu-isu yang tidak bisa diatasi pemerintah tanpa informasi lengkap dari pers atau media massa. Melalui pemberitaan pers, persoalan di tengah masyarakat bisa disampaikan kepada pemerintah, sehingga masalah tersebut bisa segera diselaikan.  Kemudian pengawasan yang dilakukan pers bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah,”katanya. 

Al Haris mengatakan, besarnya peran pers mendukung pembangunan perlu direspon para pemimpin atau pejabat pemerintahan di daerah, khususnya di Jambi. Dukungan pers sangat penting meningkatkan pembangunan di daerah karena pers menyampaikan banyak informasi mengenai pembangunan dan masalah-masalah yang menghambat pembangunan. 

“Karena itu kalau ada pemimpin atau pejabat di daerah yang alergi wartawan hal itu sudah masalah. Sebab wartawanlah yang banyak membantu kelancaran pembangunan, khususnya bantuan penyebaran informasi pembangunan,”katanya. 

Al Haris pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap para jurnalis di Jambi yang tetap konsisten mengemban misi memajukan pembangunan masyarakat secara kritis dan kontruktif (membangun) selama ini. Beberapa insan pers di Jambi tersebut pantas mendapatkan penghargaan pada peringatan HPN 2022 ini.  

Dikatakan, peran pers (jurnalis/media massa) tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bangsa sejak masa perjuangan kemerdekaan hingga masa pembangunan ini. Pers di Indonesia lahir dari perjuangan bangsa dan bertumbuh bersama pembangunan bangsa juga. 

“Pers di Jambi juga sudah banyak membantu perjuangan pembangunan daerah dan masyarakat Jambi. Karena itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan terus meingkatkan kemitraan dengan pers,”katanya. 

Al Haris mengharapkan, PWI harus tetap berkarya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar anak-anak bangsa semakin cerdas dan mampu bersaing di tengah kemajuan zaman. 

“Para jurnalis yang tergabung dalam PWI harus tetap sebarkan informasi untuk mencerdaskan bangsa dan PWI harus berkomitmen menyatukan bangsa,”katanya. 

Pada kesmepatan tersebut, Al Haris juga berjanji akan menuntaskan pengurusan lahan kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jambi yang hingga kini belum memiliki sertifikat. Pengurusan sertifikat lahan kantor PWI Cabang Jambi di Kota Jambi perlu agar lahan tersebut tidak menimbulkan konflik di kemudian hari.  

“Saya meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jambi melakukan upaya percepatan pengurusan sertifikat lahan kantor PWI Jambi ini,”paparnya. 

“PWI Award 2022”

Peringatan HPN 2002 Tingkat Provinsi Jambi tersebut dirangkaikan dengan pelepasan 18 orang delegasi PWI Cabang Provinsi Jambi menghadiri puncak HPN 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2/2022). 

Pada kesempatan tersebut PWI Cabang Provinsi Jambi juga memberikan penghargaan “PWI Jambi Award 2022” kepada tokoh pers dan masyarakat inspiratif, lembaga keuangan dan organisasi berprestasi di tengah Covid-19 dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) peduli kemitraan. 

Tokoh pers yang mendapatkan “PWI Jambi Award 2022” tersebut, wartawan dan pengurus PWI sejak tahun 1960, AK Mahmud, H Haris Marpaung (Alm), Kepala RRI Jambi kesembilan, Buchari M dan penerima penghargaan khusus, Suparman (Alm), mantan Wakil Sekretaris PWI Cabang Jambi dan wartawan Jambi Pos.

Tokoh masyarakat yang mendapatkan “PWI Jambi Award 2022” tersebut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj Hesnidar Al Haris (sebagai tokoh wanita inspiratif di Jambi 2021 – 2022), Wakil Wali Kota Jambi, Dr dr H Maulana, MM (sebagai tokoh multi talenta) dan Mantan Kapolda Jambi, Irjen Pol Bambang Suparsono (tokoh kreatif di bidang wisata). 

Kemudian Kepala Bank 9 Jambi, Dr H Yunsak El H (tokoh perbankan inovatif), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jambi, H Johari Sitepu (sebagai tokoh peduli keterbukaan informasi publik), Komite Nasional Olah Raga Indonesia (KONI) Jambi (sebagai  Lembaga berprestasi di masa pandemi Covid-19) dan PTPN VI Jambi – Sumatera Barat (sebagai BUMN peduli mitra kerja di tengah pandemi Covid-19). 

Selain itu, Pemprov Jambi juga memberikan apresiasi dan penghargaa kepada media massa di Jambi yang dinilai memiliki komotmen tinggi menyebarkan informasi mengenai penanganan Covid-19. Media penerima penghargaan tersebut, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Jambi, LPP TVRI Jambi, Ikatan Wartawan Online (IWO) Jambi. 

Peringatan HPN 2022 Tingkat Provinsi Jambi tersebut dihadiri sekitar 200 orang insan pers di Jambi, Ketua PWI Cabang Jambi, H Ridwan Agus, Dpt, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH, MH, Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mulia Prianto, SSos, SIK dan Kepala Penerangan Komando Resor Militer (Korem) 042/Gapu Jambi, Mayor Inf RM Hatta, Sekda Pemerintah Kota Jambi, Ridwan dan perwakilan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi. 

Ketua Panitia HPN 2022 Provinsi Jambi, Ir Fitriani Ulinda Hutabarat pada kesempatan tersebut mengatakan, PWI Cabang Provinsi Jambi bekerja sama dnegan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi melakukan aksi sosial donor darah di kantor PWI Cabang Jambi, Jumat (4/2/2022). Donor darah yang diikuti wartawan dan para mitra PWI Cabang Jambi berhasil mendapatkan 52 kantong darah. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA