. Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Porsea, Toba, Setiap Pedagang Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Porsea, Toba, Setiap Pedagang Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta

Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Porsea, Toba, Setiap Pedagang Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 02 Februari 2022 | 22.33

* Jokowi Sempatkan Diri Seruput Kopi Simalungun di Parapat
Para pedagang yang sebagian wanita dan warga masyarakat Porsea (kanan) menyambut antusias kehadiran Presiden Jokowi (kiri) di Pasar Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumut, Rabu (2/2/2022). (Foto: BPMI Setpres/Lukas).

(Matra, Parapat) – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pasar Rakyat Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) memberikan rejeki bagi para pedagang. Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara yang merakyat tersebut memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima dan pemilik warung di Pasar Porsea masing-masing Rp 1,2 juta. 

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyapa para pedagang dengan salam khas orang Batak, “Horas”. Salam tersebut pun disambut para pedagang dengan antusias dengan menyerukan, “Horas, Pak Presiden”. Para pedagang banyak yang berupaya menjabat tangan Presdien Jokowi namun tidak bisa. 

Mereka pun hanya bisa melambaikan tangan menyambut kehadiran Presiden Jokowi di Pasar Porsea. Pada kesempatan tersebut, Jokowi yang didampingi Kepala Pasar Porsea, Parlindungan Pangaribuan menyempatkan diri berbincang-bincang dengan para pedagang. Kemudian Jokowi juga membeli beberapa jenis barang dagangan para pedagang. 

Para pedagang Pasar Porsea mengaku sangat terbantu atas bantuan Presiden Jokowi. Mereka bahkan menyanjung Kepala Negara sebagai Presiden yang merakyat. 

Seorang pedagang sayur Pasar Porsea, Sondang Novita Butarbutar mengaku sangat senang dapat bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

“Perasaan saya sangat luar biasa. Saya bangga memiliki Bapak Presiden Jokowi. Bapak Jokowi sangat rendah hati dan Bapak Jokowi sangat merakyat. Terima kasih Bapak Jokowi buat bantuannya,”ucapnya.

Ucapan senada juga disampaikan pedagang makanan dan minuman Paar Porsea lainnya, Risma Sitorus. Risma Sitorus mengaku senang mendapatkan bantuan untuk tambahan modal usaha serta sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Bahagia banget bisa ketemu dengan Pak Presiden secara langsung. Dikasih hadiah. Bantuan masyarakat ini, sama beras ada sembako,”katanya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan jaket yang digunakannya kepada salah seorang warga, Rio, seorang tukang jahit. Rio mengaku senang dan bangga mendapatkan jaket Presiden Jokowi.

“Sangat senang sekali dikasih jaket. Dipanggil langsung. ‘Ini sebagai kenang-kenangan,’katanya. Semoga Bapak Presiden sehat-sehat dan tambah maju negara kita,”kata Rio. 

Seorang pedagang, Fransisca Tampubolon juga senang karena nanas yang dijualnya dibeli Presiden Jokowi dua buah dengan harga Rp 200.000.  

“Beli nanas dua buah dikasih Rp 200.000. Terima kasih Pak Jokowi,”ucapnya.

Presiden Jokowi pada kesempatan tersebut meminta para pedagang memanfaatkan bantuan yang diberikannya bisa membantu meringankan beban para pedagang yang terdampak pandemi Covid-19.
Presiden Jokowi menyeruput kopi khas Simalungun ketika meninjau stan pameran produk UMKM Simalungun di Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (2/2/2022). (Foto : BPMI Setpres/Lukas).

Sementara itu dalam kunjungannya ke Kota Parapat, Simalungun, Sumut, Rabu (2/2/2022), Presdien Jokowi juga meninjau pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Simalungun. Pada kesempatan tersebit, Kepala Negara mencicipi kopi khas Simalungun di stand UMKM yang menampilkan berbagai jenis produk UMKM Simalungun seperti pogei (jahe), hoga hoga dan produk hiou (kain tenun khas) Simalungun.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun, Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut memperkenalkan produk UMKM Simalungun yaitu, pogei kepada Presdien Jokowi. 

Dikatakan, pogei merupakan minuman segar dari Simalungun yang berasal dari rempah-rempah yang diolah dan dikemas untuk dijadikan minuman segar yang menyehatkan.  Pogei ini juga menjadi salah oleh-oleh khas Simalungun. (Matra/AdeSM/FebP/BPMI Setpres).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA