. Wakil Wali Kota Pematangsiantar Disambut “Tortor” Simalungun | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , » Wakil Wali Kota Pematangsiantar Disambut “Tortor” Simalungun

Wakil Wali Kota Pematangsiantar Disambut “Tortor” Simalungun

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 22 Februari 2022 | 22.05

Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2021 – 2024, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (tengah baris depan) disematkan bulang (kain penutup kepala wanita khas) dan suri-suri (kain tenun khusus wanita Simalungun) pada penyambutan di rumah dinas Wali Kota Pematangsiantar, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa (22/2/2022). (Foto : Matra/FebP).

(Matra, Pematangsiantar) – Warga Kota Pematangsiantar cukup antusias menyambut kehadiran dr Hj Susanti Dewayani, SpA yang dilantik menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2021 – 2024 di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (22/2/2022). Antusasme tersebut ditandai dengan penyambutan meriah yang dilakukan warga Kota Pematangsiantar terhadap Susanti Dewayani ketika tiba di Kota Pematangsiantar. Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani di perbatasan Kota Pematangsiantar – Kabupaten Simalungun. 

Setelah prosesi penyambutan tersebut, Susanti Dewayani dan suami, Elrizal Ginting menaiki becak motor khas Kota Pematangsiantar menuju rumah dinas Wakil Wali Kota Pematangsiantar di Jalan Maluku, Kecamatan Siantar Sitalasari. Becak tersebut dikemudikan langsung suami Susanti Dewayani sendiri, Elrizal Ginting.

Setiba di rumah dinas, Susanti Dewayani dan suami, Elrizal Ginting disambut dengan tortor (tarian) Simalungun. Sebelum masuk ke rumah dinas, Susanti Dewayani disematkan bulang (penutup kepala perempuan khas Simalungun dan hiou suri-suri (kain tenun khas Simalungun). 

Suami Susanti Dewayani sendiri, Elrizal Ginting juga disematkan gotong (penutup kepala khas Simalungun) dan hiou.  Penyambutan Wakil Wali Kota Pematangsiantar tersebut dihadiri tim sukses, keluarga, satuan kerja perangkat dinas (SKPD) dan para anggota DPRD Kota Pematangsiantar. Turut juga dalam penyambutan tersebut unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar dan Rektor Universitas Simalungun (USI), Corry Purba. 

Corry Purba pada kesempatan tersebut mengatakan, dirinya dan Susanti Dewayani mencacatkan diri sebagai wanita pertama yang menjabat kepemimpinan di Kota Pematangsiantar. Corry Purba, wanita pertama yang menbjadi Rektor USI. Sedangkan Susanti Dewayani wanita pertama yang menjadi Wali Kota Pematangsaintar.

“Kita telah mencatat sejarah baru di Kota Pematangsiantar dimana Bunda (dr Susanti Dewayani) adalah wanita pertama sebagai wakil wali kota dan nantinya jadi wanita pertama wali kota. Saya juga wanita pertama yang menjadi rektor di Siantar,”katanya.

Corry Purba berharap, Susanti Dewayani bisa mempercepat pembangunan di berbagai sektor di Kota Pematangsiantar. Banyak tugas yang telah menunggu dirinya (Susanti Dewayani). Corry Purba berharap selama kepemimpinan Susanti Dewayani, Tugu Raja Sangwanaluh bisa segera dibangun di Kota Pematangsiantar. 

“USI siap mendukung program-program  Susanti Dewayani ke depan. Kita siap mendukung mau dari penelitian atau yang lainnya. Yang pasti kita dari USI siap mendukung program Ibu,”ujarnya.

Sementara itu, Susanti Dewayani dalam sambutannya pada kesempatan tersebut mengatakan, Kota Pematangsiantar beruntung karena telah memiliki pimpinan definitif melalui pelantikan Wakil Wali Kota Pematangsiantar.  Pelantikan  Wakil Wali Kota Pematangsiantar tersebut merupakan langkah awal untuk mempercepat pembangunan Kota Pematangsiantar. Kota Penatangsiantar harus segera dibangun sesuai visi misi mereka, yakni Ssiantar bangkit dan maju. Siantar bangkit dari ketertinggalan yang kita alami belakang ini. 
 
“Saya pikir kita bersama, rasa bersatu dan rasa memiliki Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini. Saya dan kita semua dapat berjalan bersama-sama di dalam keragaman budaya, agama, suku dan ras. Biarlah keragaman itu, kritik dan saran merupakan proses untuk mengadakan perubahan di Siantar,”katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA