. Gubernur Sumut : Keberhasilan MTQ Terletak pada Kebaikan Akhlak dan Ketaatan Umat | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Gubernur Sumut : Keberhasilan MTQ Terletak pada Kebaikan Akhlak dan Ketaatan Umat

Gubernur Sumut : Keberhasilan MTQ Terletak pada Kebaikan Akhlak dan Ketaatan Umat

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 22 Maret 2022 | 06.39

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (kanan) memukul beduk pertanda dibukanya Musabaqoh Tilawatil Quran ke-38 Tingkat Provinsi Sumut di Kampus UIN Sumjut, Jalan Sutomo, Kota Medan, Sumut, Senin (21/3/2022). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Medan) – Keberhasilan para qori dan qoriah pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tidak hanya dilihat dari hadiah yang diperoleh, tetapi terletak pada peningkatan akhlak dan ketaatan pada nilai - nilai atau ajaran Al Quran. Karena itu MTQ harus dijadikan momentum meningkatkan pembinaan agama agar akhlak dan ketaatan umat semakin tertempa dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), H Edy Rahmayadi pada pembukaan MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Sumut di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Jalan Sutomo, Kota Medan, Sumat, Senin (21/3/2022). 

Menurut Edy Rahmayadi, MTQ ke-38 tingkat provinsi ini penyelenggaraannya sudah hampir separuh dari usia Provinsi Sumut. Karena itu semakin baik bacaan dan pemahaman terhadap Al Quran, umat Muslim diharapkan memiliki derajat akhlak yang semakin baik  sesuai tuntutan kitab suci. 

“Saya benar-benar sangat mendukung MTQ ini karena bersangkutan dengan peningkatan akhlak. Saya tidak memungkiri, sejak 2018 sampai 2021, Sumut berada di peringkat limba besar MTQ Nasional. Bahkan tahun lalu Sumut sempat masuk peringkat 3 nasional. Saya bukan membanggakan medali atau pialanya, tetapi (menjadikannya) ukuran tingkat akhlak dan ketaatan umat,”katanya. 

Dikatakan, jika kandungan dalam Kitab Suci Al Quran dapat diamalkan dengan benar, seharusnya tidak ada orang zalim. Jika ada, jumlahnya tidak banyak. Sebagaimana diajarkan Rasulullah Muhammad SAW, bahwa Islam sebagai Agama Rahmatan Lilalamin.

“Saya yakin, tuan guru saya, para dewan hakim lebih paham dari saya dan bertindak sesuai dengan sumpahnya. Saya berharap MTQ ini berlangsung dengan sukses. Dengan ini, MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Sumut saya buka,” katanya.

Edy Rahmayadi meminta seluruh kafilah, qori, qoriah, penyelenggara dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyleenggaraan MTQ ke-38 Provinsi Sumut benar-benar mematuhi protokol kesehatan (prokes) mencegah munculnya klister Covid-19 dalam perhelatan agama tersebut. 

Seusai membuka MTQ ke-38 Sumut, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah berkesempatan menorehkan tulisan tangan pada Mushaf Alquran Sumut yang akan diselesaikan dalam tahun ini. Keduanya membubuhkan kata awal di setiap juz di atas kertas yang sudah dihiasi kaligrafi sekelilingnya

Sementara Ketua Panitia MTQ ke-38 Provinsi Sumut yang juga Rektor UIN Sumut, Syahrin Harahap mengatakan, pihaknya terus berusaha maksimal penyelenggaraan event tahunan agama tersebut. Kali ini, MTQ yang dilaksanakan 21 - 28 Maret 2022 diisi dengan seminar internasional, menghadirkan para ahli Al Quran, serta dimeriahkan dengan pameran dan food court di areal Kampus UIN Sumut, Jalan Sutomo, Medan.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sumut, Idianto, Bupati/Wali Kota se-Sumut, pimpinan PTKI Swasta, Tuan Guru Babussalam, Zikmal Fuad, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Asren Nasution dan Ketua Dewan Hakim Nasional MTQ, Said Agil Husin Al Munawwar. (Matra/FebP)

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA