. Jambi Siap Kelola Candi Muarojambi Secara Profesional, Target Jadi Destinasi Unggulan Nasional | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , , » Jambi Siap Kelola Candi Muarojambi Secara Profesional, Target Jadi Destinasi Unggulan Nasional

Jambi Siap Kelola Candi Muarojambi Secara Profesional, Target Jadi Destinasi Unggulan Nasional

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 03 Maret 2022 | 18.42

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menikmati panorama alam Candi Muarojambi menggunakan sepeda di Desa Muarojambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Kamis (3/3/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muarojambi siap mengelola situs purbakala Candi Muarojambi secara profesional agar destinasi wisata bernuansa religi dan sejarah tersebut bisa menjadi destinasi unggulan nasional. 

Pemprov Jambi akan meningkatkan kualitas kawasan Candi Muarojambi agar menjadi destinasi wisata yang lebih berkualitas lagi. Hal itu dilakukan melalui peningkatkan koordinasi dengan Pemkab Muaroambi membenahi berbagai fasilitas yang masih dibutuhkan membenahi Candi Muarojambi. 

“Kami siap mengembangkan Candi Muarojambi melalui pengelolaan yang lebih profesional. Untuk itu anggaran pengelolaan candi ini akan diupayakan ditingkatkan. Pembangunan infrastruktur pun akan dilengkapi. Selain itu event - event wisata di kawasan Candi Muarojambi juga diupayakan digelar secara rutin,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH ketika berkunjung ke Candi Muarojambi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Wisata kawasan Candi Muarojambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Kamis (3/3/2022).

Al Haris pada kesempatan tersebut menyambut baik kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Jambi. Melalui kunjungan tersebut Menparekraf bisa melihat langsung kondisi Candi Muarojambi saat ini.  Melalui kehadiran Menparekraf ke Candi Muarojambi tersebut juga, pemerintah dan warga masyarakat Jambi dapat menyampaikan langsung harapan kepada Pemerintah Pusat mengenai bantuan pengembangan objek wisata tersebut.

“Saya sangat berterima kasih karena Menparekraf secara langsung menyapa masyarakat Jambi, khususnya masyarakat yang berada di desa wisata kawasan Candi Muarojambi. Hal ini telah menunjukkan komitmen dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka mendukung pengembangan desa wisata Muarojambi,”katanya.

Dijelaskan, Provinsi Jambi telah memiliki cukup banyak desa wisata, namun masih ada yang terkendala dengan Surat Keputusan (SK) yang masih dalam proses. Al Haris meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota se - Provinsi Jambi segera membuat SK terkait desa wisata yang ada di daerahnya. 

“Jika desa wisata tersebut sudah ada SK, segera melaporkan kepada Pemprov Jambi agar bisa dilaporkan langsung ke Kementerian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif. Targetnya harus ada 10 desa wisata di masing masing kabupaten/kota se - Provinsi Jambi supaya Provinsi Jambi memiliki 110 desa wisata,”katanya. 
Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) berbincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kanan) di Candi Muarojambi, Desa Muarojambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Kamis (3/3/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).
 
Pembenahan

Sementara itu, Menparekraf, Sandiaga Uno pada kesempatan tersebut mengatakan, komplek situs purbakala Candi Muarojambi memiliki daya tarik yang luar bias ajika dilihat dari sejarahnya. Candi tersebut merupakan pusat pendidikan agama Buddha tertua di Asia Tenggara yang dibangun pada Abad VII. Areal kawasan percandian  Muarojambi juga yang memiliki luas sekitar 2.612 hektare (ha) termasuk kawasan candi terluas di Indonesia. 

“Selain itu jarak candi ini dari Kota Jambi hanya sekitar 30 kilometer (Km) dengan jarak tempuh sekitar setengah jam dari Kota Jambi. Jika candi ini dikelola lebih professional, segala fasilitas akomodasi, dokumentasi dan hiburan tersedia, candi ini akan menjadi tujuan wisata andalan di Jambi,”katanya.

Sandiaga Uno meminta Pemprov Jambi memebnahi desa wisata Muarojambi agar menjadi desa wisata berkualitas dan bisa menjadi 50 desa wisata terbaik di Tanah Air. Kemenparekraf menginginkan masyarakat Jambi, khususnya yang ada di daerah pedesaaan yang memiliki objek wisata agar segera bangkit secara ekonomi.

“Untuk itu kami (Kemenparekraf) terus mendorong agar adanya desa - desa wisata seperti desa wisata Muarojambi ini guna membantu membangkitkan perekonomian. Kami mengharapkan pemerintah daerah di Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan kualitas dan tetap menjaga desa wisata ini sehingga bisa masuk dalam 50 desa wisata terbaik se Indonesia,”katanya.

Dikatakan, pembangunan kawasan Candi Muarojambi menjadi destinasi unggulan membutuhkan kerja sama dan kolaborasi. Baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terkoneksi satu sama lain. 

“Kita harapkan kawasan Candi Muarojambi ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan yang berkualitas seperti halnya Candi Borobudur,”katanya.

Sandiaga Uno juga meminta Pemprov Jambi menggerakkan dan mengkoordinir kabupaten/kota se - Provinsi Jambi agar terus menndorong terbentuknya desa desa wisata. 

“Saya melihat di Provinsi Jambi ada 124 desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Namun hingga kini baru ada 11 desa yang memiliki SK desa wisata. Saya minta Gubernur Jambi mengkoordinir para bupati atau wali kota terus mengembangkan desa wisata. Kehadiran desa wisata akan memberikan tambahan penghasilan dan kebangkitan ekonomi masyarakat, juga membuka peluang kerja bagi masyarakat di desa tersebut,”katanya.

Mepparekraf, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke Jambi, Rabu – Kamis (2 – 3/3/2022) dalam rangka Sosialisasi Keputusan Menteri Desa Kreatif, Festival Kopi dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Desa Kreatif dan Inovatif (ADKI) Provinsi Jambi di Gedung Putih Grand Kemas Jambi, Kota Jambi, Rabu (2/3/2022).
Gubernur Jambi, H Al Haris menelusuri kawasan Candi Muarojambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi menggunakan sepeda ketika berkunjung ke Candi Muarojambi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Kamis (3/3/3/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi). 

Pada hari kedua kunjungannya ke Jambi, Kamis (3/3/2022), Sandiaga Uno mengunjungi objek wisata Danau Sipin, Kota Jambi dan sarapan di atas perahu yang ada di Danau Sipin. Setelah itu Sandiaga Uno bersama Al Haris dan rombongan berkunjung ke desa wisata, Desa Muarojambi. 

Warga masyarakat Desa Muarojambi menyambut antusias kehadiran Sandiaga Uno dan Al Haris melalui kesenian kompangan dan berbalas pantun antara Al Haris dan Sandiaga Uno. Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga berdialog dengan perangkat desa dan pelaku pariwisata di tempat itu. 

Selain itu Menteri Sandiaga Uno juga menikmati sajian kopi, kuliner dan kesenian dari desa wisata Muarojambi di Pojok Kopi Dusun, Candi Muarojambi. Sandiaga Uno juga menyempatkan diri menimmati suasana alam Candi Muarojambi menggunakan sepeda. (Matra/Radesman Saragih). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA