. Jelang Ramadan, Polres Pematangsiantar Intensifkan Vaksinasi Booster | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Jelang Ramadan, Polres Pematangsiantar Intensifkan Vaksinasi Booster

Jelang Ramadan, Polres Pematangsiantar Intensifkan Vaksinasi Booster

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 29 Maret 2022 | 16.52

Himbauan vaksinasi untuk warga Kota Pematangsiantar. (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Pematangsiantar) – Relaksasi (kelonggaran) yang diberikan pemerintah melaksanakan berbagai kegiatan selama Ramadan (Puasa) 1443 H, Idul Fitri (Lebaran) dan Mudik Lebaran April – Mei tahun ini membutuhkan peningkatan vaksinasi. Capaian vaksinasi booster (tahapan) perlu ditingkatkan menyusul mobilitas masyarakat yang diperkirakan sangat tinggi selama Puasa hingga Lebaran. 

Mencegah penularan Covid-19, khususnya omicron di tengah pelaksanaan Puasa dan Lebaran tersebut jajaran Polresta Pematangsiantar mengintensifkan vaksinasi booster di Kota Pematangsiantar. Bersamaan dengan pelaksanaan booster tersebut  tetap juga dilaksanakan vaksinasi dosis 1 dan 2. 

“Bulan suci Ramadan atau Puasa tinggal beberapa hari lagi. Kegiatan masyarakat akan meningkat. Kami mengharapkan warga masyarakat Kota Pematangsiantar mengikuti vaksinasi dosis 1, 2 dan booster yang dilaksanakan jajaran Polresta Pematangsiantar di berbagai tempat. Hal ini penting mencegah penularan omicron,”kata Kapolresta Pematangsiantar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Boy Sutan Binanga Siregar, SIK pada sosialisasi vaksinasi menjelang Ramadan di Polresta Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (29/3/2022). 

Menurut Boy Sutan Binanga Siregar, pelaksanaan Ramadan dan Lebaran tahun ini masih tetap dalam situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, warga masyarakat Kota Pematangsiantar yang belum divaksinasi agar segera mengikuti vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan booster. 

“Saat ini Polresta pematangsiantar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar masih terus melaksanakan vaksinas. Sasaran vaksinasi mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan lanjut usia. Vaksinasi dilaksanakan di tingkat kecamatan, yakni di Puskesmas maupun tenpat lain,”katanya. 

Dikatakan, vaksinasi sangat penting mempercepat kekebalan tubuh masyarakat (herd immunity) di Kota Pematangsiantar. Menjelang hingga memasuki bulan suci Ramadan seluruh warga masyarakat Kota Pematangsiantar diharapkan sudah divaksinasi. 

Hal itu penting, tambahnya agar warga Kota Pematangsiantar, khususnya umat Muslim bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman. Bagi warga masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi diharapkan menghubungi anggota Bhayangkara Pembina Keamanan d Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Masyarakat (Babinsa) atau Puskesmas terdekat. 

“Warga yang sudah koordinasi dengan petugas nantinya akan diarahkan mendapat layanan vaksinasi gratis di fasilitas kesehatan setempat,”katanya.

Boy Sutan Binanga Siregar mengatakan, penuntasan vaksinasi di Kota Pematangsiantar membutuhkan kerja sama semua pihak terkait dan warga masyarakat. Karena itu warga masyarakat dan para petugas dari dinas instansi terkait perlu saling mendukung optimalisasi atau akselerasi vaksinasi lengkap. 

Menurut Boy Sutan Binanga Siregar, selain seluruh jajaran Polresta Pematangsiantar dan jajaran instansi terkait lainnya juga diharapkan tetap memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menngikuti vaksiansi. Kemudian penerapan protokol kesehatan (prokes) terutama pada pelaksanaan ibadah salat terawih selama Ramadan juga perlu tetap diperketat. 

“Prokes harus tetap dipatuhi warga masyarakat, khususnya memakai masker karena pemerintah memberikan kelonggaran pelaksanaan Ramadan dan Idul Fitri maupun mudik. Kelonggaran kegiatan tersebut tentu berpotensi menimbulkan kerumunan dan peningkatan mobilitas masyarakat. Untuk itu prokes harus tetap dilaksanakan secara ketat,”katanya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA