. Kota Medan Juara Umum MTQ ke-38 Sumut | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Kota Medan Juara Umum MTQ ke-38 Sumut

Kota Medan Juara Umum MTQ ke-38 Sumut

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 29 Maret 2022 | 06.09

Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi (depan) memukul alat musik tabuh pada penutupan MTQ ke-38 Sumut 2022 di kampus Universitas Islam Sumut di Jalan Sutomo Kota Medan, Senin – Senin (21 – 28/3/2022). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Medan) – Kontingan Kota Medan berhasil meraih Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2022 yang dilaksanakan di kampus Universitas Islam (UIN) Sumut di Jalan Sutomo Kota Medan, Senin – Senin (21 – 28/3/2022).

Kontingen (kafilah) MTQ Kota Medan berhasil menyandang Juara Umum MTQ ke-38 Sumut dengan perolehan nilai 127. Sedangkan Juara II MTQ ke-38 Sumut diraih kontingan MTQ Kabupaten Deliserdang dengan nilai 35. Kemudian Juara III demngan nilai 33 diraih Kabupaten Asahan (33). 

Peringkat selanjutnya diraih kontingen MTQ Langkat dan Binjai (masing-masing meraih nilai 25), Sergai (23), Padanglawas (18), PTPN 4 (16), Perguruan Tinggi (14), PTPN 2 dan Kabupaten Dairi (masing-masing nilai 10) dan Kota Pematangsiantar dan Batubara (masing-masing nilai 8). 

Penutupan MTQ ke-38 Sumut di kampus UIN Sumut, Senin (28/3/2022) dilakukan Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi secara virtual. Sedangkan acara penutupan MTQ ke-38 Provinsi Sumut di kampus UIN Sumut dihadiri Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap, Ketua Umum LPTQ Sumut, Asren Nasution, Ketua Dewan Hakim, Muhammad Yusuf Rekso, para alim ulama, tokoh agama dan para guru besar.

Edy Rahmayadi pada penutupan MTQ ke-38 Sumut tersebut mengatakan, MTQ ke-38 tingkat Sumut yang berlangsung selama sepekan tersebut, berjalan dengan baik. Dirinya pun mendapat informasi bahwa dalam perhelatan MTQ Sumut kali ini memunculkan banyaknya peserta baru. 

Dikatakan, banyaknya peserta baru (qori dan qoriah) pada MTQ ke-38 Sumut 2022 menunjukkan keberhasilan pembinaan MTQ dari tingkat bawah. Para qori dan qoriah baru pada MTQ tersebut juga mampu menunjukkan kemampuanya secara maksimal.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan peserta. Yang menggembirakan untuk kita semua banyak peserta baru. Hal ini menunjukkan apa yang kita harapkan dalam melakukan pembinaan dari bawah, sampai ke tingkat provinsi, berjalan dengan baik. Saya ucapkan terima kasih kepada bupati dan walikota yang telah melakukan pembinaan,”ujarnya. 

Edi Rahmayadi menyampaikan selamat kepada peserta (qori dan qoriah) yang berprestasi meraih gelar juara. Namun kepada qori dan qoriah yang belum berhasil, Edy Rahmayadi juga tetap memberikan semangat agar bergiat belajar. 

“Teruslah berlatih untuk meningkatkan keterampilan di bidang Al Quran. Sebab, kitab suci Agama Islam harus dijadikan motivasi bagi manusia untuk berbuat dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari, sesuai ajaran yang ada di dalamnya,”katanya. (Matra/FebP). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA