. Meningkatkan Keselamatan Wisatawan di Danau Sipin Kota Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Meningkatkan Keselamatan Wisatawan di Danau Sipin Kota Jambi

Meningkatkan Keselamatan Wisatawan di Danau Sipin Kota Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 05 Maret 2022 | 09.18

Petugas Ditpolairud Polda Jambi menyiapkan kapal karet sebagai kapal penyelamatan di objek wisata Danu Sipin, Kamis (3/3/2022). (Foto : Ist).

(Matra, Jambi) – Objek wisata air Danau Sipin, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Provinsi Jambi kini menjadi wisata favorit menyusul pembenahan fasilitas yang semakin lengkap di objek wisata tersebut. Objek wisata yang berada di belakang kantor Gubernur Jambi, Telanaipura tersebut semakin banyak dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan lokal. 

Sajian hiburan atau sarana wisata yang bisa dinikmati wisatawan di objek wisata danau seluas 42 hektare (ha) tersebut, yakni naik sepeda air, sampan dan kapal wisata. Wisatawan bisa menikmati panorama indah di Danau Sipin yang berada di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari tersebut melalui naik kapal atau sampan. 

Namun tingginya minat wisatawan menikmati wisata air di Danau Sipin menimbulkan kerawanan kecelakaan air. Apalagi wisatawan yang menikmati sepeda air, sampan dan kapal wisata di Danu Sipin masih jarang menggunakan jaket pelampung. Karena itu aspek keselamatan wisatawan perlu mendapat perhatian di objek wisata danau satu-satunya di Kota Jambi tersebut.

Mengantisipasi kerawanan kecelakaan air di objek Danau Sipin, Kota Jambi tersebut. Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jambi mulai Kamis (3/3/2022) menyiagakan perahu karet untuk penyelematan kecelakaan air di Danau Sipin, Kota Jambi.

Dirpolairud Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Pahorian Lumban Gaol mengatakan, pihaknya menyiagakan Rubber Boat (perahu karet) di Danau Sipin untuk mengantisipasi adanya sesuatu atau kecelakaan sampan dan kapal wisata di tempat wisata Danau Sipin. Selain itu petugas Satpolairud Polda Jambi juga disiagakan dan rutin berpatroli setiap hari di sekitar Wisata Danau Sipin.

“Kita siagakan satu Rubber Boat untuk membantu jika ada kejadian atau kecelakaan di atas air seperti beberapa waktu lalu. Hal ini penting mencegah terjadinya korban jiwa akibat kecelakaan air di Danau Sipin. Personel kita akan berpatroli tiap hari di Danau Sipin untuk jaga keamanan dan kenyamanan masyarakat saat berwisata,”katanya.

Pahorian Lumban Gaol  mengatakan, pihaknya juga sudah mengingatkan para pemilik sampan dan perau wisata di Danu Sipin melengkapi alat-alat keselamatan termasuk jaket atau rompi pelampung. Sebelum kapal beroperasi, berbagai kelengkapan alat keselamatan tersebut perlu diperiksa agar kapal layak beroperasi.

“Kami berharap jangan sampai perahu karam kembali terjadi tidak ada alat keselamatan dan korban jatuh lagi. Pemilik perahu harus memastikan juga penumpang tidak melebihi kapasitas,”katanya.
Kapal wisata di Danau Sipin, Kota Jambi yang rawan kecelakaan air. (Foto : Matra/Radesman Saragih). 

Dikatakan, Ditpolairud Polda Jambi ingin memastikan segala aktivitas masyarakat di peraiaran berjalan dengan aman dan nyaman sehingga masayarakat bisa bergembira dengan keluarga dalam berwisata apalagi dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Setiap hari kita harus bergembira untuk menaikan imun di masa pandemi Covid-19 apalagi di hari libur, jadi kita pastikan wisata Danau Sipin ini aman dan nyaman dinikmati masyarakat,”tandasnya.

Sementara itu, Rachman (30), pemilik kapal wisata di Danau Sipin, Kota Jambi menyambjut baik ketersediaan kapal pengamanan Ditpolairud Polda Jambi di Danau Sipin. Ketersediaan kapal penyelamatan tersebut memberikan jaminan rasa aman bagi para pemilik kapal dan wisatawan. 

“Kami senang Polda Jambi menyiapkan kapal keselamatan dan petugasnya di objek wisata ini. Jika kami mengalami masalah, atau kecelakaan air, kami bisa segera minta pertolongan. Kami juga akan memenuhi permintaan petugas mengenai kelengkapan alat keselamatan di kapal wisata, termasuk baju atau jaket pelampung serta membatasi jumlah penumpang,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA