. Pengangkatan Pejabat di Simalungun Tidak Terkait Nepotisme | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Pengangkatan Pejabat di Simalungun Tidak Terkait Nepotisme

Pengangkatan Pejabat di Simalungun Tidak Terkait Nepotisme

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 14 Maret 2022 | 07.27

Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH (tiga dari kanan) memberikan pencerahan seusai mengikuti ibadah minggu di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Marturia Resort Simanabun, Nagori Huta Pining, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (13/3/2022). (Foto : Matra/FebP/KominfoSimalungun). 

(Matra, Simalungun) – Pengangkatan pejabat organisasi perangkat dinas (OPD) di Kabupaten Simalungun  tidak ada terkait dengan kedekatan hubungan dengan bupati dan wakil bupati atau nepotisme. Pengangkatan perangkat OPD di Simalungun didasarkan latar belakang pendidikan, loyalitas dan etos kerja yang tinggi. 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH pada pertemuan dengan pimpinan dan warga jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Marturia Resort Simanabun, Nagori Huta Pining, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (13/3/2022).

Menurut Radiapoh Hasiholan Sinaga, pemilihan pejabat di Simalungun diutamakan berdasarkan kualitas, loyalitas dan etos kerja guna meningkatkan kinerja seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Simalungun. Peningkatan kinerja itu penting  guna mempercepat pelaksanaan dan penuntasan berbagai program pembangunan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

"Peningkatan kinerja pejabat dan ASN di Simalungun penting karena masih banyak persoalan pembangunan yang harus dituntaskan sesuai harapan masyarakat. Kemudian Simalungun juga masih mengalami ketertinggalan di bidang pembangunan infrastruktur jalan dengan daerah lain. Hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena itu seluruh pejabat dan ASN di Simalungun harus bekerja profesional, loyal dan memiliki etos kerja yang baik,”katanya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun kini berupaya meningkatkan berbagai program pembangunan, khususnya pembangunan infrasruktur jalan. Karena itu anggaran pembangunan infratruktur di daerah tersebut ditingkatkan. 

“Pemkab Simalungun telah menganggarkan dana sekitar Rp 6,6 miliar untuk perbaikan dan peningakatan kualitas infrastruktur jalan dari Silau Dunia sampai Damakitang. Program ini merupakan bagian dari peningkatan pembangunan infrastruktur ke sentra-sentra produksi pertanian di Simalungun ,"katanya. Bupati. 

Radiapoh Hasiholan Sinaga lebih lanjut mengatakan, Pemkab Simalungun juga kini berupa mengubah pola pikir masyarakat Simalungun supaya lebih proaktif mendukung pembangunan daerah. Putra-putra Simalungun dari seluruh daerah di Simalungun perlu diberdayakan mendukung pembangunan daerah Simalungun. 

“Banyak putra - putri dari Kecamatan Silau Kahean yang berkualitas dan mereka mendukung Pemkab Simalungun. Untuk itu kita harus bersama, bahu - membahu membangun Simalungun ini,"katanya. 

Terkait pengurusan surat keterangan tanah (SKT), Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, para pangulu dan camat perlu segera menerbitkan SPT warga masyarakat secara gratis. Jadi tidak boleh ada pungutan dalam pengurusan SKT. SKT penting sebagai salah satu peningkatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Jadi saya menegaskan, jika ada pungutan liar (pungli) dalam pengurusan SKT, segera laporkan. Namun warga yang telah mendapatkan SKT gratis hendaknya langsung membayar PBB. PBB tersebut penting untuk mendanai pembangunan  di Simalungun ini,"tambahnya. 

Bantuan

Sementara itu, kehadiran Radiapoh Hasiholan beribadah di GKPS Marturia Resort Simanabun, Minggu (13/3/2022) turut didampingi isteri ny Ratnawati Br Saragih, Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani,  Anggota DPRD Simalungun, Saidah Purba, Staf Ahli Bupati Simalungun Bidang Pemerintahan dan Kesra, Resman Saragih,  Dirut RSUD Perdagangan, dr Lidya R Saragih,  Camat Silou Kahean, Rajaima Purba dan Camat Raya, Septiaman Purba.

Rombongan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga di GKPS Marturia Simanabun disambut Pendeta  (Pdt) Pdt Jhon Rilman Sinaga, Wakil Pengantar Jemaat GKPS Marturia Simanabun, St Rosman Purba dan seluruh majelis dan warga jemaat setempat. 

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan isteri serta Ketua DPRD Simalungun mendapat seperangkat pakaian adat Simalungun. Pakaian adat Simalungun, ulos, gotong dan bulang (seperangkat pakaian khas Simalungun)  tersebut disematkan oleh Pdt Jhon Rilman Sinaga. 

Pada kesempatan tersebut, Raduapoh Hasiholan Sinaga memberikan bantuan pelayanan dan pembangunan Gereja GKPS Marturia  Simanabun sebesar Rp 20 juta.

St Rosman Purba pada kesempatan tersebut menyambut baik kunjunganBupati Simalungun dan rombongan beribadah di GKPS Marturia Simanabun. Kunjungan tersebut memberikan semangat bagi jemaat gereja Simalungyun tersebut meningkatkan pelayanan dan mendukung pembangunan daerah itu. 

"Kami juga mendoakan semoga Bupati Simalungun Ketua DPRD Simalungun dan jajarannya sehat selalu dan diberkati Tuhan. Apa yang menjadi cita-cita Bupati Simalungun 'Rakyat Harus Sejahtera” bisa terlaksana,”katanya.

Sementara itu, seorang warga jemaat GKPS Marturia Simanabun menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Bupati Simalungun dan rombongan di Gereja GKPS Marturia Simanabun sebab baru kali pertama ada Bupati Simalungun datang ke gereja mereka.

"Sebagai masyarakat biasa saya sangat senang dan bangga. Terharu aku melihat kehadiran Bapak Bupati. Kami berharap kehadiran Bapak Bupati membawa hal positif untuk ditinggal dan diingat oleh masyarakat di sini,"katanya. 

Sementara, Pdt Jhon Rilman Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya mendukung setiap program-program Bupati Simalungun untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat. Program Pemkab Simalungun yang saat ini perlu mendapat dukungan masyarakat, program pendidikan, kesehatan, pertanian dan infrastruktur jalan. 

“Semoga seluruh pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Simalungun tersebut bisa terlaksana dengan baik. Kami juga berharap Bupati Simalungun dan seganap jajarannya tetap mendapatkan kesehatan dan kekuatanmenunaikan tugas-tugas membangun Simalungun,”katanya.

Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, SH,MH pada kesmepatan itu menyampaikan terima kasih atas sambutan warga jemaat GKPS Marturia Simanabun serta pemberian cendera mata kepada rombongan Bupati Simalungun. 

"Semoga kami tetap dalam keadaan sehat dan diberi kekuatan dalam melaksanakan tugas,"katanya. (Matra/FebP). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA