. PMI Jambi Miliki Klinik Pratama 24 Jambi, Diresmikan Mantan Presiden H Jusuf Kalla | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » PMI Jambi Miliki Klinik Pratama 24 Jambi, Diresmikan Mantan Presiden H Jusuf Kalla

PMI Jambi Miliki Klinik Pratama 24 Jambi, Diresmikan Mantan Presiden H Jusuf Kalla

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 16 Maret 2022 | 20.17


Ketua PMI Pusat, H Jusuf Kalla (kiri) didampingi Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) menggunting pita peresmian Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi di kantor PMI Jambi, Kota Jambi, Rabu (16/3/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Palang Merah Indonesia (PMI) di Jambi terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan yang diberikan PMI saat ini tidak lagi hanya menyediakan darah kepada warga yang membutuhkan, tetapi juga pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat. 

Peningkatan pelayanan kesehatan PMI Provinsi Jambi tersbeut ditandai dengan beroperasinya Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi. Klinik Pratama PMI Provinsi Jambi tersebut diresmikan maantan Presiden RI, H Jusuf Kalla selaku Ketua PMI Pusat di kantor PMI Provinsi Jambi, Kota Rabu (16/3/2022). Peresmian fasilitas kesehatan PMI tersebut dihadiri Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH. 

Al Haris pada kesempatan tersebut menyambut baik kehadiran Klinik Pratama 24 Jam PMI Jambi. Ketersediaan fasilitas kesehatan (faskes) tersebut sangat membantu peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Jambi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akn terus meningkatkan sinergi (kerja sama) dengan PMI Provinsi Jambi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Jambi. 

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kiprah, pengabdian dan kontribusi PMI melaksanakan tugas kemanusiaan di Indonesia dan khususnya Provinsi Jambi. Kini PMI juga membantu masyarakat Jambi mendapatkan pelayanan kesehatan melalui Klinik Pratama PMI ini,”ujarnya.

Dikatakan, PMI terus bersinergi dengan pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah Provinsi Jambi.

Al Haris berharap, PMI dengan relawan yang tersebar hingga ke desa dan kelompok usia muda dan melalui program-program kerjanya dapat terus berkontribusi menyentuh masyarakat dan juga kesehatan dan pembinaan generasi muda. 

Pelayanan PMI, lanjutnya, tak terbatas pada donor darah dan kebencanaan saja, tetapi juga dapat bersinergi bersama pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mewujudkan generasi muda Provinsi Jambi dan Indonesia yang berdaya dan sehat. Hal itu dapat dilakukan melalui pemenuhan akses generasi muda mendapat informasi, pendidikan, dan layanan kesehatan mengenai kesehatan seksual dan reproduksi. 

“Dengan demikian kasus kekerasan seksual dan pernikahan di bawah umur dapat ditekan. Hal ini penting dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan generasi bangsa dapat,”katanya.

Menurut Al Haris, PMI dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Baik pelayanan donor darah maupun membantu pemerintah dalam urusan kemanusiaan terutama dalam setiap urusan kebencanaan, pengungsian, lingkungan hidup, dan lain sebagainya.

Al Haris memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PMI atas kiprah, pengabdian dan kontribusinya melaksanakan tugas kemanusiaan di Indonesia dan khususnya Provinsi Jambi. 

“Semoga berdirinya Klinik Pratama PMI ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Jambi. Saya yakin PMI dan tim relawannya akan terus menjadi garda terdepan, tercepat dan tertepat, dengan sukarela dan sepenuh hati dan tenaga, dalam memberikan pertolongan dan menjalankan tugas kemanusiaan yang sangat mulia ini,”katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat PMI, H Jusuf Kalla mengatakan, pada tahun ini bidang kesehatan menjadi topik yang harus diselesaikan yaitu pandemi Covid-19. Pemerintah perlu melakukan kerja sama dengan segenap elemen masyarakat, terutama PMI menanggulangi Covid-19. 

Dikatakan, kehadiran Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi ini merupakan upaya penting meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jambi. Karena itu faskes tersebut harus benar-benar dapat memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada warga Jambi.

“Semoga klinik pratama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Jambi. Saya meminta pelayanan harus dikedepankan dalam Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi ini,” ujar Jusuf Kalla.

Sementara, Ketua PMI Provinsi Jambi, Drs H. Hasan Basri Agus mengatakan, peresmian Klinik Pratama 24 Jam ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan 8 Maret 2021 yang lalu. Pendirian Klinik Pratama dan Institut Kepalang Merahan Jusuf Kalla yang membutuhkan waktu satu tahun. 

Institut Kepalangmerahan Jusuf Kalla masih dalam Proses. Sedangkan kehadiran Klinik Pratama 24 Jam PMI Jambi tersebut juga diharapkan menjadi embrio atau cikal bakal terbentuknya Rumah Sakit PMI di Jambi. 

“Secara administrasi Klinik Pratama sudah memiliki Surat Izin Mendirikan Klinik dan surat izin operasional klinik. Klinik ini ditunjang dengan pelayanan poli gigi, poli umum dan laboratorium,”katanya. (Matra/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA