. 3.491 Warga Kota Medan Nikmati Mudik Gratis, Pemkot Medan Siapkan 125 Bus | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » 3.491 Warga Kota Medan Nikmati Mudik Gratis, Pemkot Medan Siapkan 125 Bus

3.491 Warga Kota Medan Nikmati Mudik Gratis, Pemkot Medan Siapkan 125 Bus

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 29 April 2022 | 20.57

 
Wali Kota Medan, Bobby Nasution (tengah) melepas peserta mudik gratis yang digelar Pemkot Medan di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumut, Jumat (29/4/2022). (Foto : Matra/KominfoMedan).

(Matra, Medan) – Warga Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) sangat antusias menyambut program mudik gratis yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan pada hari raya Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriyah (H). Sekitar 3.491 orang pemudik sudah mendaftarakan diri mengikuti mudik gratis tersebut. 

Sekitar 1.250 orang warga Kota Medan yang mengikuti mudik gratis tersebut sudah diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing mulai Jumat (29/4/2022) pagi. Pemudik gratis tersebut diberangkatkan menggunakan 25 unit bus besar dan 20 unit bus kecil.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution didampingi Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Medan, Iswar ketika melepas peserta mudik gratis tersebut di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Jumat (29/4/2022) mengatakan, Pemkot Medan menyiapkan sekitar 125 unit bus untuk melayani mudik gratis warga Kota Medan. 

Dijelaskan, mudik gratis tersebut mulai Jumat (29/4/2022) hingga Minggu (1/5/2022). Pemberangkatan mudik gratis tersebut dilakukan mulai pagi pukul 07.00 WIB di Lapangan Merdeka Medan. 

Daerah tujuan yang dilayani mudik gratis Pemkot Medan tersebut sebanyak 13 daerah. Daerah tersebut, Gunungtua, Kotapinang, Palas, Rantauparapat, Natal, Padangsidempuan, Panyabungan, Parapat, Sipirok, Tarutung, Sibolga, Sidikalang, Pakpak Barat. 

Pemudik yang sudah diberangkatkan, Jumat (29/4/2022) sekitar 1.250 orang menggunakan 25 unit bus besar dan 20 bus kecil. Rencananya pemudik yang diberangkatkan Sabtu (30/4/2022) sekitar 1.575 pemudik menggunakan 27 bus besar satu bus sedang dan 29 bus kecil. Pemudik yang diberangkatkan Minggu (1/5/2022) sekitar 666 orang menggunakan 16 bus besar dan tujuh bus kecil. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan warga masyarakat, swasta dan perusahaan angkutan yang mendukung program Mudik Gratis Pemkot Medan ini,”katanya.

Menurut Bobby Nasution, peserta mudik gratis Pemkot Medan tersebut melebihi target. Sedangkan armada busnya terbatas. Karena itu pendaftaran mudik gratis tersebut terpaksa ditutup, Senin (25/4/2022). 

“Kami meminta maaf karena tidak mampu menampung semua warga Kota Medan yang ingin pulang kampung secara gratis ini,”katanya. 

Dikatakan, program mudik gratis yang digelar Pemkot Medan tersebut bari kali pertama dilaksanakan tahun ini.  Program mudik gratis tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Wali Kota Medan, Bobby Nasution membantu warga masyarakat Kota Medan kurang mampu yang sangat rindu akan kampung halaman. 

“Program mudik gratis ini juga untuk membantu meringankan beban ekonomi warga Kota Medan yang ingin pulang kampung,”katanya.
Seorang peserta mudik gratis yang dilaksanakan Pemkot Medan menunjukkan tiket sebelum berangkat di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumut, Jumjat (29/4/2022). (Foto : Matra/FebP).

Terharu

Para peserta mudik gratis Pemkot Medan tersebut umumnya merasa terharu dan dan bahagia karena bisa pulang kampung secara gratis. Mereka menyambut baik program mudik gratis Pemkot Medan tersebut karena banyak pemudik yang sudah tidak bisa pulang kampung dua tahun terakhir akibat Covid-19. 

Nurhayati Sitompul (50), warga Kota Medan yang ikut mudik gratis bersama keluarga ke Padang Sidempuan, mengaku sangat terbantu adanya program mudik gratis Pemkot Medan tersebut. Dia sangat senang karena sudah delapan tahun tidak pulang ke kampung halaman karena masalah ekonomi.

"Kami sangat merasa bersyukur sekali Wali Kota Medan, Bapak Bobby Nasution menggelar mudik gratis ini. Keluarga saya sangat terbantu bisa pulang kampung. Apalagi kami sudah hampir delapan  tahun tidak pulang kampung,”katanya. 

Hal senada juga diakui peserta mudik gratis tersebut, Irma Hasibuan (40). Irma mengatakan, warga Kota Medan sangat terbantu mudik gratis di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

"Saya sudah dua tahun tidak pulang ke kampung halaman. Jadi saya sangat senang adanya program mudik gratis ini. Saya berterima kasih kepada Wali Kota Medan yang sudah membuat program ini. Pemkot Medan menyediakan bus yang sangat nyaman untuk kami pulang ke kampung halaman,"katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA