. AKBP Fernando Gantikan AKBP Boy Sutan Binanga Siregar Jadi Kapolresta Pematangsiantar | MediaLintasSumatera
Home » , , , » AKBP Fernando Gantikan AKBP Boy Sutan Binanga Siregar Jadi Kapolresta Pematangsiantar

AKBP Fernando Gantikan AKBP Boy Sutan Binanga Siregar Jadi Kapolresta Pematangsiantar

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 23 April 2022 | 20.52


Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (kiri) memberikan cendera mata kepada Kapolresta Pematangsiantar yang lama, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, SIK (tengah) pada sertijab Kapolresta Pematangsiantar di Polresta Pematangsiantar, Kota Pematangsiantar, Sabtu (23/4/2022). (Foto : Matra/HumasPolrestaSiantar).

(Matra, Pematangsiantar) – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fernando, SIK, SH dilantik menjadi Kapolresta Pematangsiantar menggantikan AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, SIK. Serah terima jabatan Kapolresta Pematangsiantar dari pejabat lama kepada pejabat baru tersebut dilakukan di Markas Komando (Mako) Polresta Pematangsiantar, Jalan Sudirman, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu(23/4/2022). 

Serah terima jabatan Kapolresta Pematangsiantar dari AKBP Boy Sutan Binanga Siregar kepada Fernando, SIK, SH dipimin Wakil Kepala (Waka) Polresta Pematangsiantar, Komisaris Polisi (Kompol) Ismawansa, SIK, MH. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA, Komandan Yonif 122/TS, Letkol Inf Antoni Tri Wibowo, Pasilog Korem 022/PT,  Mayor Inf Didit Waluyo, Dandenpom 1/I Kota Pematangsiantar, Mayor CPM Junilham Sitorus SH.

Kemudian hadir juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Drs HM Ali Lubis dan Ketua Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Pematangsiantar, DR HC Minten Saragih.

Mantan Kapolresta Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar pada kesempatan tersebut mengatakan, seluruh elemen masyarakat dan jajaran pemerintahan, khususnya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar sangat mendukungnya selama menunaikan tugas di Kota Pematangsiantar. 

“Atas semua dukungan tersebu, saya mengucapkan terim kasih. Saya juga mohon maaf atas segala kekurangan selama bertugas di Kota Pematangsiantar beberapa tahun terakhir. Saya mohon dukungan juga untuk menunaikan tugas baru sebagai Wakil Komandan Brimob Polda Jambi,”katanya.

AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengharapkan seluruh elemen masyarakat, jajaran pemerintah dan jajaran aparat keamanan/penegak hukum di Kota Pematangsiantar juga tetap mendukung Kapolresta Pematangsiantar yang baru. Hal itu penting supaya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Pematangsiantar tetap terjaga. 

“Mari kita tetap sama-sama menciptakan Kota Pematangsiantar agar tetap aman, damai, sejuk dan sehat. Dengan demikian Kota Pematangsiantar bisa merebut kembali Kota Siantar Menjadi Kota Paling Toleran Se- Indonesia,"katanya.

Sementara itu, Kapolresta Pematangsiantar yang baru, AKBP Fernando, SIK, SH pada keempatan tersebut mengatakan pentingnya kolaborasi antar sesama Forkopimda dalam melaksanakan tugas. 
Penyambutan Kapolresta Pematangsiantar yang baru, AKBP Fernando, SIK di Polresta Pematangsiantar, Kota Pematangsiantar, Sabtu (23/4/2022). (Foto : Matra/HumasPolrestaSiantar).
 
Menurut AKBP Fernando, Sumut bukan lagu daerah yang asing baginya, khususnya Kota Ppematangsiantar. Selama bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama ini, AKBP Fernando sudah pernah melaksanakan tugas di Kota Pematangsiantar. 

“Namun untuk menduduki jabatan di jajaran Polda Sumatera Utara, yakni menjadi Kapolresta Pematangsiantar bari kali ini. Saya akan meneruskan kebijakan Kapolresta Pematangsiantar sebelumnya yang sudah baik. Hal tersebut nampak dari kondisi Kota Pematangsiantar yang aman dan kondusif,”katanya.

AKBP Fernando mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat Kota Pematangsiantar agar Dia dapat memimpin Polresta Pematangsiantar dengan baik. Tanpa kesadaran dan dukungan masyarakat, AKBP Fernando mengakui tidak mungkin bisa mempertahankan situasi kondusif Kota Pematangsiantar kondusif di tengah keterbatasan yang ada. 

“Jadi mohon dukungan Forkopimda tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat. Mari kita sama-sama mendukukung program pemerintah, khususnya menanggulangi Covid-19 melalui percepatan program vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes),"ujarnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas jerih lelah AKBP Boy Sutan Binanga Siregar selama memangku jabatan Kapolresta Pematangsiantar. 

“Cukup besar peran AKBP Boy Sutan Binanga Siregar menciptakan situasai aman dan tertib di Kota Pematangsiantar selama menjabat Kapolresta Pematangsiantar. Selamat bertugas kami ucapkan kepada Pak Kapolresta Pematangsiantar, di tempat tugas yang baru. Kami juga menyampaikan selamat bertugas kepada Kapolresta Pematangsiantar yang baru, AKBP Ferdinan,”katanya.

Susanti Dewayani mengharapkan Kapolresta Pematangsiantar yang baru menjadi pemimpin yang bijaksana. Forkopimda Kota Pematangsiantar siap bersinergi menciptakan suasana aman dan kondusif di Kota Pematangsiantar.
Waka Polresta Pematangsiantar, Komisaris Polisi Ismawansa, SIK, MH (dua dari kiri) memimpin pelantikan pejabat di Polresta Pematangsiantar, Jumat (22/4/2022). (Foto : Matra /HumasPolrestaSiantar).

Pejabat Baru

Sementara itu, Polresta Pematangsiantar juga melakukan pelantikan pejabat baru di lingkungan Polresta Pematangsiantar di Mako Polresta Pematangsiantar, Jumat (22/4/2022). Pelantikan dan erah terima jabatan di Polresta Pematangsiantar tersebut dipimpin Waka Polresta Pematangsiantar, Kompol Ismawansa, SIK, MH. 

Pejabat baru yang dilantik, yakni Kepala Bagian Operasional, AKP Muri Yasnal SH, Kepala Satuan Samapta, AKP August  B Manihuruk, Kapolsek Siantar Martoba, AKP Manaek Ritonga,SH, Kapolsek Siantar Utara, IPTU Herli Damanik, SH dan Kapolsek Siantar Selatan IPTU Edi Tuahta Putra Saragih, SH

Kompol Ismawansa pada kesempatan tersebut mengatakan, serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dan wajar dilakukan dalam organisasi Polri. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk penyegaran, baik sebagai upaya tour of duty (perjalanan dinas) maupun tour of area (perjalanan ke daerah lain) dan juga merupakan reward atau penghargaan pimpinan kepada personil yang bersangkutan.

"Melalui momen sertijab Kabag Operasional, Kasat Samapta, Kapolsek Siantar Martoba, Kapolsek Siantar Utara dan Kapolsek Siantar Selatan ini, etos kerja, semangat dan kesegaran baru bisa ditingkatkan, khususnya di seluruh jajaran Polresta Pematangsiantar,”katanya. 

Menurut Kompol Ismawansa, saat ini jajaran Polri di Pematangsiantar sedang melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2022 menghadapi arus mudik dan perayan Idul Fitri 143 Hijriyah (H). Untuk  itu seluruh jajaran Polresta Pematangsiantar berperan aktif pelaksanaan tugas tersebut. 

Dikatakan, segenap jajaran Polresta Pematangsiantar harus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat melakukan aktivitas baik mudik Lebaran maupun perayaan Idul Fitri 1443 H. 

“Saat ini juga situasi kita masih menghadapi pendemi Covid 19. Kita harus tetap mematuhi prokes. Kepatuhan terhadap prokes ii tidak berlaku hanya untuk masyarakat, tetapi juga untuk para petugas atau pengamanan Lebaran,”katanya. (Matra/FebP).

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA