. Gubernur Jambi Sidak ke Pasar Angso Duo, Harga Daging dan Minyak Goreng di Kota Jambi Masih Terkendali | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Gubernur Jambi Sidak ke Pasar Angso Duo, Harga Daging dan Minyak Goreng di Kota Jambi Masih Terkendali

Gubernur Jambi Sidak ke Pasar Angso Duo, Harga Daging dan Minyak Goreng di Kota Jambi Masih Terkendali

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 28 April 2022 | 15.05

Gubernur Jambi, H Al Haris (du dari kanan depan) berbincang dengan pedagang daging ayam ketika melakukan inspeksi mendadak ke pasar induk Angso Duo, Kota Jambi, Kamis (28/4/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Harga berbagai kebutuhan pokok di Kota Jambi empat hari menjelang Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriyah (H) atau H – 4, Kamis (28/4/2022) masih terkendali. Kenaikan harga kebutuhan pokok di Kota Jambi menjelang Lebaran ini masih dalam batas toleransi. Sedangkan persediaan berbagai kebutuhan pokok di Kota Jambi juga masih mencukupi. 

Gubernur Jambi, H Al Haris ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga dan persediaan kebutuhan pokok di pasar induk Angso Duo, Kota Jambi, Kamis (28/4/2022) mengatakan, harga kebutuhan bahan pokok di Provinsi Jambi masih stabil menjelang hari raya Idul Fitri. 

Harga daging sapi segar di pasar Angso Duo, Kota Jambi, Kamis berada pada angka Rp 150.000/Kg atau naik Rp 30.000/Kg dari harga biasanya Rp 120.000/Kg. Namun harga daging sapi tersebut masih sama dengan harga daging sapi menjelang Lebaran seperti tahun lalu Rp 150.000,-. 

Sementara harga daging sapi beku di pasar Angso Duo berada pada angka Rp 87.000/Kg atau naik Rp 7.000/Kg dari harga normal Rp 80.000/Kg. Selain itu harga daging ayam ras Rp 40.000/Kg atau naik dari harga biasanya Rp 35.000/Kg an harga ikan nila naik dari Rp 35.000/Kg menjadi Rp 40.000/Kg. 

“Kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok di Kota Jambi menjelang Lebara ini masih dalam batas toleransi. Belum ada harga kebutuhan pokok yang melonjak. Kemudian persediaan kebutuhan pokok di Kota Jambi dan daerah lain juga masih mencukupi. Kami pastikan harga kebutuhan pokok masih stabil dan persediaan mencukupi,”katanya. 

Dijelaskan, pihaknya bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution dan Satgas Pangan Provinsi Jambi melakukan sidak harga dan kebutuhan pokok kep pasar induk Angso Duo untuk melihat ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok.

“Hasil perbincangan kami dengan para pedagang daging sapi, daging ayam dan berbagai kebutuhan pokok lainnya di pasar Angso Duo, harga harga kebutuhan pokok empat hari menjelang Lebaran masih relatif normal atau stabil. Sedangkan persediaan kebuuuhan pokok mencukupi. Tidak ada kelangkaan kebutuhan pokok di Kota Jambi dan kabupaten lainnya, termasuk minyak goreng,”katanya. 

Al Haris mengatakan, beberapa jenis kebutuhan pokok mengalami kenaikan pada kisaran seribu sampai dua ribu rupiah. Namun keadaan tersebut masih relatif aman. 

“Kenaikan harga seperti ini menjadi salah satu momen menjelang lebaran, namun selama stok masih terjaga dan kenaikan masih normal, tidak menjadi masalah,”katanya.

Al Haris menjelaskan, kenaikan harga pada daging sapi segar memang agak tinggi, yakni naik Rp 30.000/Kg dari harga biasa Rp 120.000/Kg. Harga daging sapi di Kota Jambi setiap Lebaran seperti tahun lalu memang tetap mencapai Rp 150.000/Kg. Tetapi persediaan daging sapi segar di Jambi masih terjaga.

“Kami juga telah mengantisipasi terjadinya lonjakan harga dading sapi hingga H – 1 Lebaran dengan menyiapkan puluhan ton daging sapi beku. Harga daging sapi beku cukup terjangkau, hanya Rp 87.000/Kg.  Jadi persediaan kebutuhan pokok menjelang Lebaran di Jambi aman dan harga masih bisa dikendalikan,”katanya. (Matra/AdeSM). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA