. Hasil Kaderisasi, Dr Janpatar Simamora Pimpin Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Hasil Kaderisasi, Dr Janpatar Simamora Pimpin Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan

Hasil Kaderisasi, Dr Janpatar Simamora Pimpin Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 20 April 2022 | 20.32

Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan, Sumatera Utara, Dr Janpatar Simamora, SH, MH. ( Foto : Matra/Febriyan Purba).

(Matra, Medan) –  Kaderisasi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di suatu perguruan tinggi. Melalui kaderisasi, tenaga-tenaga pendidik terbaik bisa dipromosikan menjadi pimpinan fakultas. Hal itulah yang dilakukan Universitas Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Nommensen (UHN) Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Melalui pengkaderan selama ini, seorang tenaga pendidik atau dosen berkualitas di perguruan tinggi Kristen terbesar di Sumut itu, Dr Janpatar Simamora, SH, MH dipercaya memimpin fakultas hukum. 

Janpatar Simamora dinilai telah memiliki kualitas yang mumpuni membawa kemajuan dan terobosan di Fakultas Hukum (FH) UHN. Hal tersebut dilihat dari kiprahnya selama ini memimpin kelembagaan di UHN Medan. Kemudian Janpatar Simamora juga memiliki karier akademis yang cukup melesat. 

Karena kualitas itulah, Janpatar Simamora yang juga termasuk salah satu pakar hukum tata negara di Sumut terpilih secara mutlak menjadi Dekan FH UHN melalui seleksi yang cukup ketat. 

Sekretaris Yayasan UHN, St Dr Hilman Pardede di Medan, Sumut, baru-baru ini mengungkapkan, pemilihan Dekan FH UHN dilakukan secara ketat. Calonnya hanya dua orang, yakni Dr Janpatar Simamora dan Dr Budiman Sinaga. Dr Janpatar Simamora dipilih menjadi Dekan FH UHN setelah melalui sejumlah tahapan seleksi dan proses pemilihan di senat yang berlangsung mulai Januari hingga April 2022. 

Pada saat fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan), Dr Janpatar Simamora berhasil meraih nilai tertinggi. Adapun pada saat pemilihan di senat, Dr Janpatar Simamora berhasil meraup seluruh suara senat, yaitu meraih 12 suara dari total 12 suara senat FH UHN. 

Dr Janpatar Simamora, SH, MH merupakan pria kelahiran Jumaramba, Kecamatan Sumbul,  Kabupaten Dairi. Dia menamatkan pendidikan Sarjana Hukum (S1) FH UHN Medan dan selanjutnya Magister Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta serta Doktor Hukum dari Universitas Padjadjaran Bandung. 

Dr Janpatar Simamora, SH, MH pun dilantik menjadi Dekan FH UHN Medan periode 2022-2026. Pelantikan dilakukan Rektor UHN, Dr Haposan Siallagan, SH, MH di auditorium UHN Medan, Kota Medan, Sumut, Rabu (13/4/2022). Janpatar Simamora menggantikan Dekan FH UHN sebelumnya (periode 2018-2022), Jinner Sidauruk SH, MH.

Sebagai sosok yang gesit dan lincah, maka diusianya yang masih muda, Janpatar Simaora  diharapkan dapat membawa kemajuan dan kesuksesan bagi FH UHN Medan ke depan.

Lebih Maju 


Rektor UHN Medan,  Dr Haposan Siallagan, SH, MH pada ibadah pelantikan Dekan FH UHN di kampus UHN mengungkapkan, Janpatar Simamora mampu memimpin  FH UHN karena sudah memiliki banyak pengalaman berkiprah di FH UHN selama ini.  

Di bawah kepemimpinan Janpatar Simamora, FH UHN Medan akan jauh lebih maju. Bahkan selama  kepemimpinan Janpatar Simamora di FH UHN nantinya, jumlah doctor di bidang hukum dan jurnal-jurnal scopus (penelitian) FH UHN semakin banyak. 

 “Saya sangat yakin, di bawah pemimpinan Pak Janpatar Simamora, FH UHN bisa mencapai prestasi yang membanggakan. Di antaranya meningkatkan akreditasi menjadi unggul di S1 (Fakultas Hukum), S2 (Magister Hukum) dan harapannya sebentar lagi ada S3 (Doktor Hukum),”ujarnya.

Haposan Siallagan mengungkapkan, dirinya mengenal baik Janpatar Simamora dan sangat mengetahui kemampuan, kinerja dan kontribusinya bagi universitas. 
“Dalam satu setengah tahun kepemimpinannya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UHN naik kelas, melompat dari klaster binaan menjadi klaster utama. Dari peringkat 308 menjadi peringkat 96 secara nasional, baik PTN dan PTS,”katanya. 
Dr Janpatar Simamora, SH, MH memberikan sambutan pada Pelantikan Dekan Fakultas Hukum Univesrsitas HKBP Nommensen di kampus Universitas HKBP Nommensen, Medan, Sumut, Rabu (13/4/2022). ( Foto : Matra/Febriyan Purba).

Dikatakan, di masa kememimpinan Janpatar Simamora pula UHN Medan memfasilitasi sejumlah paten dan meningkatkan secara signifikan perolehan hak cipta sebagai produk kreativitas intelektual para dosen dan sivitas akademika lainnya di UHN Medan. 

“Itu prestasi luar biasa, setelah 68 tahun UHN Medan berdiri. Presatsi tersebut merupakan modal awal yang sangat kuat bagi Janpatar Simamora memimpin Fakultas Hukum UHN ke depan,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan UHN, St Dr Hilman Pardede mengharapkan Janpatar Simamora benar-benar memperhatikan kepentingan stakeholder (pihan terkait) di UHN. Janpatar Simamora juga dinilai mampu menjalankan amanah ini dengan baik karena kemampuannya baik, sudah sangat mumpuni. Janpatar Simamora sudah sering menjadi narasumber sampai tingkat nasional, baik di MPR maupun DPR dan DPRD serta lembaga lainnya.

Pada ibadah pelantikan Dekan FH UHN yang baru tersebut, Pendeta UHN, Pdt TAP Simorangkir, STh, MM mengharpkan Janpatar Simamora selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap langkahnya. Jangan melenceng imannya ketika sudah menjadi orang ‘hebat’. 

“Bulatkan imanmu. Jadikan Yesus sebagai gembala. Kita doakan Pak Janpatar Simamora jadi dekan luar biasa, mengabdi dan melayani dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tinggi imannya, tinggi kualitasnya dan baik orangnya,”katanya.

Sementara itu, Dekan FH UHN periode 2018-2022, Jinner Sidauruk SH, MH menegaskan, dirinya mendukung penuh Janpatar Simamora memimpin FH UHN. Dukungan yang sama dipastikan datang dari para dosen senior dan tenaga pendidik di FH UHN.

Sementara itu, Dekan FH UHN yang baru, Dr Janpatar Simamora, SH, MH pada kesempatan tersebut mengatakan, dia akan bekerja maksimal membangun Fakultas Hukum UHN. Tiga kunci menjadi acuannya dalam menjalankan visi dan misi sebagai dekan baru, yakni unggul, berdaya saing dan berkualitas. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya akan melakukan berbagai terobosan di FH UHN. Misalnya meningkatkan layanan kemahasiswaan, kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kualitas dosen dan akreditasi dan pembukaan Prodi Magister Kenotariatan. 

“Kita juga akan menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah dan perolehan hak kekayaan intelektual serta menyelenggarakan forum ilmiah secara rutin,”kata pakar Hukum Tata Negara tersebut. (Matra/Febriyan Purba). 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA